Monday, April 29, 2019

Jurusan SMK RPL dan Inilah Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK

Memilih jurusan yang tepat sangatlah penting, karena jurusan yang diambil akan menentukan kemana arah selanjutnya, jika kamu tamatan SMP, maka kamu seharusnya sudah tau jurusan yang akan kamu ambil di jenjang menengah keatas.

jurusan smk rpl untuk apa yang dipelajari dan matapelajaran di jurusan rpl

Kamu berbakat dan tertarik dalam IT atau Komputer? Atau ingin jadi Programmer? Ingin menjadi teknisi komputer? Hacker? Wkwkw.. 

Seharusnya jika diatas adalah keinginan mu, maka jurusan yang tepat adalah Rekayasa Perangkat Lunak atau disingkat RPL, mengapa harus memilih jurusan RPL kan masih banyak jurusan lain yang berhubungan dengan komputer. Apa kelebihan jurusan RPL? Atau mungkin Apa yang Dipelajari di RPL?


Apa Itu Jurusan SMK RPL?


RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak adalah jurusan yang terfokus untuk belajar lebih dalam tentang komputer dibanding dengan jurusan lainnya seperti Multimedia, TKJ dan lainnya.

Karena Jurusan RPL mempelajari secara menyeluruh, guna memperluas minat dan bakat dari setiap siswa, letak bakatnya dimana.. mungkin ada yang bisa teknisi namun lebih hobi Program, tentunya aka nada nilai lebih apabila semua jurusan komputer terpampang dalam satu jurusan yang namnya RPL, agar mereka tau bahwa untuk menjadi Teknisi harus ini, untuk jadi programmer harus itu, untuk jadi TKJ harus ini, untuk menjadi Designer harus begini. Sehingga ketika tamat, mereka sudah tau dikuliah fokus kemana, karena sudah di bekali pengetahuan untuk setiap jurusan tertentu

Mengapa Harus Memilih RPL di SMK?


Jika kamu Memilih jurusan RPL, maka jika ingin melanjut keperguruan tinggi, tersedia banyak jurusan sebagai studi lanjutan dari RPL SMK. Dengan kata lain, peluang besar dalam melanjutkan pendidikan terbuka lebar yang sesuai dengan jurusan jika memilih RPL, dan tentunya didukung dari niat memang fokus untuk mendalami dalam dunia Komputerisasi.

Apa kelebihan jurusan RPL?


Nah ini yang lebih penting, apa kelebihan jurusan RPL di SMK? Adalah pertanyaan yang jitu untuk menantang niat anda dalam menimbang kembali untuk memilih jurusan RPL di SMK.
Jurusan RPL sangat banyak kelebihannya dibanding jurusan lain yang memang jurusan komputer, mengapa demikian?

Jurusan RPL mempelajari semuanya, mulai dari multimedia, design, Troubleshoting (Teknisi), Aplikasi Perkantoran (Office), Jaringan dan yang terpenting adalah Programmer.

Jurusan lain di SMK tidak mengajarkan sekomplit jurusan RPL, terutama RPL lebih ditekankan pada Teknisi Komputer dan Programmer… wow Programmer!!! 

Banyak yang melanjut di perkuliahan dari tamatan RPL, dan rata-rata sangat nyaman dalam mengikuti perkuliahan karena hamper 80% juga dipelajari sewaktu SMK. Terutama jika ingin menjadi development, baik itu APK, Web, Android, dll

Apa yang Dipelajari di RPL?

Apa yang dipelajari jurusan rpl juga sangat penting untuk diketahui, namun dalam hal ini penulis tentunya memberikan secara garis besar, karena beda sekolah juga ada kemungkinan nama mata pelajarannya juga tidak sama, dan maksudnya juga berbeda.

Di jurusan RPL dalam pendidikan SMK mempelajari hal-hal berikut ini secara garis besar.

  • Pengetahuan Umum Tentang Dunia Komputer.
  • Instalasi (Komputer/laptop, Aplikasi atau Software) dan dasar-dasar tentang Perangkat Lunak.
  • Troubleshoting (Teknisi).
  • Design Grafis.
  • Multimedia.
  • Jaringan.
  • Aplikasi Perkantoran (Office).
  • Logika dan Algoritma.
  • Dasar-dasar Program.
  • Program Tingkat Dasar.
  • Program Tingkat Lanjut

Nah itu adalah secara garis besar saja yang penulis bisa sampaikan, dimana dalam kenyataannya semuanya itu masih dijabarkan lebih detail lagi sesuai dengan ketentuan Sekolahnya masing-masing.

Apa syarat untuk masuk di Jurusan RPL?


Banyak yang bertanya, kalau rpl harus pandai matematika ya? Harus Pandai itu ya? Harus pandai ini ya? Dan lain sebagainya. Tentu ini adalah pertanyaan wajar bagi yang kurang pede untuk berniat menjadi seorang yang bisa Teknisi Komputer, Tau menjadi Programmer dan sebagainya. Mereka sudah dibayangi rasa sulitnya terlebih dahulu karena pelajaran yang tidak mereka sukai..

Untuk masuk SMK jurusan RPL, tentunya dituntut harus serius, tidak perlu kepintaran mu, tidak perlu matematikamu bagus, tidak perlu fisikamu bagus, kalau tidak serius untuk menjadi Komputer Science dan Programmer.

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan, semoga pilihan yang kamu putuskan adalah karna keinginan, bukan karena sekedar ikut mengikut teman, atau karena tidak tau tujuan atau arah setelah tamat SMP. Jadi tentukan pilihanmu, jika kamu suka dalam komputerisasi dan ingin menjadi programmer, tentunya pilihan yang tepat adalah RPL, tapi itu semua tergantung pilhan anda.




EmoticonEmoticon