Friday, March 1, 2019

Pengertian dan Faktor-Faktor Pendewasaan Human Interaction Computer (HCI / IMK)

HCI adalah singkatan dari Human Computer Interaction dan dalam versi bahasa indonesianya adalah IMK yaitu Interaksi Manusia dan Komputer merupakan suatu pemahaman mengenai interaksi antara user dan sistem. Didalam HCI atau IMK terdapat factor-faktor pendewasaan yang penting untuk diperhatikan dalam membuat sebuah system karena factor HCI ini akan menentukan hasil dari sebuah project baik atau tidak.

Didalam HCI (Human Computer Interaction) sendiri terdapat 11 faktor pendewasaan Human Computer Interaction yang perlu untuk dipahami dan di perhatikan. Berikut factor pendewasaan Interaksi Manusia Komputer

Faktor-faktor pendewasaan HCI  ada 11 Faktor, yaitu:

Faktor Rekayasa Perangkat Lunak 
Factor pendewasaan interaksi manusia komputer yang pertama adalah Rekayasa Perangkat Lunak. Rekayasa Perangka Lunak bisa di artikan sebagai intruksi-instruksi yang apabila bila dieksekusi akan memberikan suatu fungsi dan kerja yang diinginkan oleh user, seperti struktur data dimana suatu program dapat memanipulasi informasi secara proporsional serta dokumen-dokumen yang menggambarkan dari operasi dan kegunaan sebuah program.

Faktor Kecerdasan Buatan 
Selanjutnya adalah Kecerdasan Buatan yang merupakan bagian dari factor pendewasaan HCI/IMK. Kecerdasan buatan adalah merupakan bagian dari  ilmu komputer yang memiliki tujuan agar komputer mampu melakukan pekerjaan sebaik manusia serta mengkombinasikan cara berfikir manusia dengan sebuah mesin, yang pada akhirnya untuk mengambil sebuah keputusan, memecahkan suatu masalah dan mampu sebagai pembelajaran.

Faktor Linguistik Komputesional 
Selanjutnya adalah Faktor Linguistik Kompesional. Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka pada HCI merupakan hal yang sangat penting, karena dengan demikian dapat memudahkan user dalam menggunakan sistem yang ada dan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam penggunaannya oleh si pemakai sistem. 

Faktor Psikologi 
Faktor Psikologi juga merupakan bagina dari pendewasaan IMK yang penting, Pemahaman psikologi oleh user yang menggunakan sistem sangatlah dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer ini, itu didasarkan oleh kepribadian user satu dan user lainya pasti berbeda-beda. Faktor Psikologi juga mencangkup pengetahuan dan keahlian pengguna dalam memecahkan suatu masalah.

Faktor Multimedia 
Ternyata Multimedia juga merupakan bagian dari factor pendewasaan IMK atau Pendewasaan HCI, Multimedia digunakan sebagai sarana dialog dan komunikasi yang sangat efektif antara manusia atau user dengan system atau komputer.

Faktor Antropologi 
Faktor Human Computer Interaction juga terdapat pada factor Antropologi , factor ini memberikan gambaran mengenai cara kerja  dari kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan mampu memberikan sebuah kontribusi yang baik dan sesuai bidang masing-masing.

Faktor Ergonomik 
Factor Ergonomik terhadap pendewasaan juga penting karena factor ini berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman baik bagi user maupun terhadap system.
.
Faktor Sosiologi 
Faktor Pendukung Pendewasaan HCI juga terdapat pada Sosiologi, Sosiologi berhubungan dengan pengaruh  sebuah sistem komputer didalam suatu struktur sosial. Faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi antara 2 kelompok.

Faktor Penulisan 
Dialam pendewasaan Interaksi Manusia Dan Komputer juga terdapat factor penting yaitu Penulian. Program yang dibuat membutuhkan cara manual agar orang yang belum terbiasa menggunakann program tersebut dapat mempelajarinya terlebih dahulu agar kemudian dapat terjadi interaksi yang baik antara manusia dengan komputer, biasanya ini disebut sebagai buku panduan atau pedoma untuk menggunakan sebuah system, alat, dan lainnya yang bertujuan sebagai pembelajaran terlebih dahulu oleh user terhadap system yang akan digunakan.

Faktor Matematika 
Dalam pembuatan sebuah perangkat lunak atau system ada baiknya harus yang bersifat efisien di dalam dunia perhitungan matematika atau artimatika. Jika perangkat lunak yang kita buat ingin dapat digunakan oleh semua orang, baik bagi pemula maupun yang sudah menjadi ahli ataupun profesional, maka terdapat harus unsur kemudahan dari segi hitungan yaitu matematika.

Faktor Bisnis
Faktor bisnis juga perperan dalam pendewasaan Human Computer Interaction atau HCI, Faktor Bisnis ini mempengaruhi terhdap perkembangan dalam interaksi manusia dan komputer. Produk yang akan dibuat memudahkan terjadinya interaksi manusia dan komputer yang lebih baik, efektif, dan efisien.

Itulah pembahasan mengenai factor-faktor pendewasaan HCI (Human Computer Interaction) yang didalam versi indonesianya adalah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer). Semoga artikel ini berguna dan membantu.




EmoticonEmoticon