Thursday, February 28, 2019

Mengatur Jumlah Angka Dibelakang Koma dan Membulatkan Angka Di Belakang Koma pada Program C++

membuat program c++ 2 angka dibelakang koma serta melakukan pembulatan bilangan dibelakang koma

Bagaimana menampilkan 2 angka dibelakang koma di C++? Atau jumlah angka yang lainnya. Bagaimana membuat pembulatan angka dibelakang koma C++ ? Artikel ini membahas bagaimana cara membatasi angka dibelakang koma pada c++, hal ini sangat penting untuk program yang ada menampilkan angka yang memiliki pecahan dibelakang koma, namun terkadang angka dibelakang koma tidak beraturan banyaknya bahkan ada yang langsung berubah menjadi huruf karena angka dibelakang koma sangat banyak dan tidak terhingga dan pembulatan angka dibelakang koma c++ agar menghemat space dan digit.

Untuk itu perlu membatasi jumlah angka dibelakang koma pada c++ atau bahasa program lainnya, namun disini kita fokus menentukan jumlah angka dibelakang koma pada c++. Dan pembulatan angka dibelakang koma c++.

Sering sekali seseorang ingin menampilkan semisal cara menampilkan 2 angka dibelakang koma, 1 angka dibelakang koma, 3 angka dibelakang koma, 4 angka dibelakang koma, atau bahkan sampai seterusnya. Tergantung programmer dan si pemakainya ingin membatasi jumlah angka dibelakang koma berjumlah berapa digit.

Kemudian ada juga yang ingin angka dibelakng koma dibulatkan pada program c++. Atau program lainnya.

Ada dua cara untuk mengatur dan membatasi jumlah angka dibelakang koma pada c++, tentunya dengan tipe data pecahan decimal bisa double atau float. Kedua cara mengatur jumlah angka dibelakang koma di c++ antara lain yang secara tidak langsung juga cara melakukan pembulatan angka dibelakang koma c++.
  1. Dengan setprecision
  2. Dengan %.nf
Cara diatas memiliki jalan yang berbeda dalam penulisan program, namun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menampilkan 2 angka dibelakang koma, 3 angka dibelakang koma, dan seterusnya sesuai  keinginan.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan program dari  kedua cara diatas untuk menampilkan jumlah angka dibelakang koma dengan digitnya dibatasi


Program C++ Menampilkan 2 Angka Dibelakang Koma Dengan Setprecision

#include <iostream>
#include <iomanip>
int main ()
{
float angka,a,b;
a=3;
b=4;
angka=a/b;
std::cout<<
std::setprecision(2)<<angka<<std::endl;
}

Bedah Program :
Pada program Menampilkan 2 angka dibelakang koma c++ diatas, kita perlu header tambahan yaitu Iomanip

Pada program tersebut diberikan contoh tipe datanya float (bisa double) dan std::setprecision(2) berfungsi untuk membatasi agar menampilkan 2 angka dibelakang koma.

Dan hasil dari contoh program Menampilkan 2 angka dibelakang koma c++ tersebut adalah
Menampilkan 2 angka dibelakang koma dan pembulatan bilangan dibelakang koma
Gambar Membatasi 2 angka dibelakang koma pada c++ dengan Setprecision


Setprecision juga berfungsi untuk permbulatan angka dibelakang koma c++, itu berarti setprecision memiliki 2 fungsi sekaligus, yaitu untuk membatasi angka dibelakang koma sekaligus pembulatan dibelakang koma. Bagaimana setprecision berguna sebagai pembulatan angka dibelakang koma ? perhatikan contoh program berikut ini

#include <iostream>
#include <iomanip>
int main ()
{
float angka,a,b;
a=13;
b=124;
angka=a/b;
std::cout<<angka<<std::endl;
}

Program diatas karena tidak menggunakan setprecision menghasilkan angka seperti gambar berikut.
tanpa melakukan pembulatan bilangan di c++
Gambar Hasil Tanpa Setprecision (tanpa membatasi angka dibelakang koma)


Namun perhatikan dengan program menggunakan setprecision sebagai pembualatan dan membatasi jumlah angka dibelakang koma
#include <iostream>
#include <iomanip>
int main ()
{
float angka,a,b;
a=13;
b=124;
angka=a/b;
std::cout<<
std::setprecision(1)<<angka<<std::endl;
}

Maka akan menghasilkan angka 0.1, jika setprecision bernilai 3, maka akan menghasilkan 0.105. silahkan ada berkesperimen untuk pembulatan angka di belakang koma


Program C++ Menampilkan 2 Angka Dibelakang Koma Dengan %.nf (n adalah jumlah digit dibelakang koma)

#include <iostream>
int main ()
{
float angka,a,b;
a=100;
b=3;
angka=a/b;
printf("%.2f",angka);
}

Dari program diatas menghasilkan program sebagai berikut
contoh program  dev c++ menampilkan 2 angka dibelang koma
Gambar Program C++ Dengan Pembatasan Digit dan Pembulatan

Pada %.2f, angka 2 tersebut adalah batas atau membatasi jumlah digit dibelakang koma adalah sebanyak 2 digit saja, padahal  jika anda gunakan kalkulator hasil sebenarnya adalah 33.3333333333. 

Sehingga dengan %.2f dilakukan pembulatan angka, karena angka 3 tidak lebih atau sama dengan 5, maka pembulatannya kebawah sehingga tida merubah angka terdepan.

Jika anda ingin menentukan berada digit angka dibelakang koma, anda hanya menentukan angkanya pada n tersebut

Ini juga berlaku jika anda ingin melakukan pembulatan angka di c++. Jika hasil pembagiannya adalah semisal 8 angka dibelakang koma, kemudian anda membatasi hanya 3 angka saja dibelakang koma, maka secara otomatis akan melakukan pembulatan angka dibelakang koma tersebut.

Silahkan gunakan kedua cara diatas dalam menampilkan 2 angka dibelakang koma c++ atau 3 bahkan sesuka hati anda batas angka dibelakang koma. Dan kedua cara tersebut juga berlaku sebagai pembulatan angka dibelakang koma c++, yang tentunya berguna untuk menghemat space. Oia, jika ada yang kurang jelas mengenai menentukan batas angka dibelakang koma dan pembulatan angka dibelakang koma c++ diatas, silahkan sampaikan di kolom komentar yang sudah tersedia.

Ringkasan Tag: Program c++ pembualatan angka dibelakang koma, Program c++ menampilkan 2 angka dibelakng koma, membatasi jumlah angka dibelakang koma di c++, membulatkan bilangan di c++, membulatkan bilangan pada program c++. Menentukan Jumlah Digit Dibelakang koma c++. Program c++ pembulatan angka, program c++ pembulatan bilangan.


EmoticonEmoticon