Tuesday, February 5, 2019

Layar Laptop/Komputer Blank dan Hitam (Blackscreen) Tapi Kipas Menyala

Layar Laptop dan Komputer tidak ada tampil apapun, hanya hitam dan blank. pada hal laptop menyala dan kipas laptop hidup
Cara Mengatasi Layar Laptop/Komputer Blank dan tidak Tampil Apapun Namun Dalam Keadaan Hidup (black Screen) – ada banyak penyebab layar hitam atau blank meski cpu hidup atau meski laptop dihidukan bisa (menyala, kipas menyala, dan prangkat lainnya juga menyala seperti keyboard, sepeaker, mouse dan lainnya. Sementara tidak ada tampil dilayar monitor sama sekali. Ini biasa disebut black screen atau layar hitam (Blank) dengan kata lain tidak ada tampil dilayar monitor (No Display) meski CPU hidup, atau power hidup atau laptop hidup. 

Artikel ini dibuat atas dasar pengalaman pribadi penulis, sehingga penulis tau pasti penyebab dan cara mengatasi layar hitam ketika laptop atau cpu (computer) dihidupkan dan ini berlangsung terus menerus sampai masa perbaikan di lakukan.

Kasus laptop acer dengan RAM 2 keping, 2GB per satuannya. Kasusnya sederhana, yaitu penulis ingin meng-upgrade RAM dari salah satunya ke yang lebih tinggi yaitu 4GB, sehingga yang diinginkan ketika dijumlahkan RAM-nya menjadi 6GB, namun penulis lalai dalam melihat seri dari RAM bawaan dengan RAM yang akan hendak dipasangkan.

Ram bawaan memiliki seri 10600s sementara yang akan dimasukkan adalah seri 12800s. ini bias dikategorikan upgrade RAM. Dan alhasil terjadilah black screen atau layar hitam meski laptop sudah menyala cukup lama. 

Ketika RAM diganti ke bawaan yaitu RAM 2gb yaitu 2 keping. Dan layar kembali normal dan dilayar monitor juga kembali tampil.

Jika permasalahan teman-teman adalah layar hitam atau layar tidak tampil meski laptop hitup atau computer hidup karena sebelumnya menganti RAM, maka cek kembali seri bawaan dengan seri yang anda pasangkan. 

Layar Laptop Blank (black Screen) ketika Upgrade RAM atau Tambah Ram

Ini juga sering penyebab terjadinya black screen, layar hitam, layar blank, tidak tampil dilayar, atau apakah itu sebutannya. Hal yang harus anda lakukan ketika layar laptop black screen ketika ganti RAM baru atau upgrade ram adalah..

  1. Cek seri ram bawaan, apakah sama dengan yang baru saja anda pasangkan, jika sama.
  2. Apakah RAM yang anda masukkan masih bagus? (kalau bekas) jika ya.
  3. Coba cek seri motherboard anda apakah support dengan ukuran atau jenis RAM yang anda pasangkan..karena ada kejadian motherboard jadul dipasang RAM 8Gb, tentu tidak akan support (jadi silahkan cek apakah motherboard anda support dengan ukuran ram yang anda masukkan) 
  4. Hal terakhir adalah coba pasang kembali dengan RAM bawaan sebelumnya. Jika berhasil dengan ram sebelumnya… berarti fix RAM upgrade anda tidak mendukung (bisa beda frekuensi, beda seri, atau mungkin tidak support dengan motherboard)

Namun ada juga pengalaman penulis bahwa dilayar monitor tidak tampil (Layar Blank) dan layar hitam (black screen) walau cpu/computer hidup atau laptop hidup. Antara lain
  1. RAM rusak
  2. Ram Beda Seri dan Jenis (contoh semula adalah DDR3, sementara yang diganti adalah DDR3L)
  3. Slot Ram berdebu atau kotor
  4. VGA Rusak
  5. Flexible Rusak
  6. backlight layar rusak/mati
  7. Motherboard Tidak Support (apabila upgrade Ram/ganti Ram)
  8. Kabel VGA Rusak
  9. Port VGA Rusak
  10. Pin VGA (Male) patah.

Ikuti terlebih dahulu hal-hal berikut ini untuk mengecek tahapan awal mendeteksi permasalahan layar blank, No Display, Layar Hitam, Tidak Tampil Dilayar.

Layar Blank Pada Laptop Dalam Kondisi Laptop Bisa Hidup (Tidak Ada Mengganti Ram)

Jika layar laptop blank dan keadaan hidup, coba ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencari penyebabnya.
  1. Pastikan laptop anda hidup, kemudian coba hubungkan monitor eksternal (monitor pc) ke port VGA laptop atau ke projector (infocus) dan lihat apakah dilayar tersebut tampil atau tetap blank dan tidak ada tampil apa-apa. 
  2. Jika pada langkah pertama tidak ada hasil,maka ada dua kemungkinan penyebabnya, yaitu VGA bermasalah (rusak) atau masalah pada RAM. Untuk itu coba kita mengecek ram terlebih dahulu karena untuk mengecek VGA perlu keahlian khusus.
  3. Buka casing laptop anda, dan copot RAM-nya. 
  4. Perhatikan kondisi slot memory, berdebu atau tidak. Walau tidak saya sarankan untuk membersihkannya dengan tiupan, atau mungkin sejenisnya untuk membersihkan debu yang menumpuk didalam.
  5. Setelah anda lakukan langkah 4, gosok bagian kaki-kaki atau kuningan ram dengan penghapus karet, usahkan searah untuk hasil maksimal. Lakukan sampai menurut anda cukup. 
  6. Jika memori anda ada dua keeping, maka cobala untuk memasang satu saja terlebih dahulu untuk melihat kondisi ram baik atau tidak. Jika hanya 1 keping ram, langsung saja pasang kembali pada slot ram yang sudah dibersihkan. (pasang dengan benar dan pas).
  7. Jika keping pertama digunakan dan layar laptop tetap blank, maka coba lagi ganti dengan keping yang satunya lagi. Begitu juga jika ram keping pertama berhasil mengatasi layar hitam, tetap lakukan penggantian ram ke keping kedua, untuk mengecek kelayakan ram kedua.
  8. jika keping kedua juga sudah berhasil mengatasi layar laptop blank ketika dihidupkan, maka barulah anda pasangkan keduanya.
  9. Namun jika tetap dengan kedua/satu keping RAM sudah dibersihkan atau digosok dengan penghapus dan slot memory ram juga sudah dibersihkan dan tetap  layar laptop tetap blank, maka coba untuk mengetes ram laptop anda ke laptop teman dengan seri ram sama yg digunakan atau mungkin ram laptop teman dipinjam untuk mengetes apakah tetap atau ada perubahan. Tenang saja, hal ini tidak akan merusak ram laptop teman asal pemasangan pada slot ram pas.
  10. Jika dengan ram laptop teman yang bagus tetap juga layar monitor hitam atau blank, dan ram laptop anda bagus saat dites dengan laptop berbeda, maka kemungkinan yang kenak adalah vga atau mungkin malah monitor atau screen laptop anda. Namun jika ram yang dari laptop anda juga tidak berfungsi di laptop lain, berarti fix… ram anda yang rusak. LEMBIRU

Layar Blank Pada Komputer (Tidak Tampil Dilayar Monitor), CPU Bisa Hidup

Jika problem layar blank atau layar hitam dan dalam kondisi hidup semuanya terjadi pada Komputer, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

Jika terjadi pada komputer bahwa layar tidak tampil apa-apa padahal cpu hidup, berarti ada 4 kemungkinan, yaitu Ram rusak, Monitor belum dicolokkan ke power, kabel VGA Rusak (atau tidak terpasang baik ke Port Vga antara Monitor dan CPU), atau bahkan VGA Rusak.

  1. Coba ganti monitor anda dengan monitor yang lainnya (jika ada), atau ke proyektor. Jika tidak ada respon yang baik, maka
  2. Coba perhatikan pemasangan power monitor ke arus listrik (jika bagus) lanjut..
  3. Perhatikan pemasangan Kabel Vga ke port vga di cpu dan di monitor, bersihkan jika berdebu. Coba bongkar dan pasang kembali.
  4. Jika belum perkembangan, coba dengan kabel VGA yang lain (jika ada)
  5. Jika langkah 4 juga belum berhasil dan dilayar monitor tetap tidak tampil, maka kita beralih ke RAM
  6. Buka casing komputer (cpu), bersihkan motherboard (sekalian bersih-bersih)
  7. Copot Ram yang ada, dan bersihkan dengan benar pada slot ram. Dan bersihkan juga kaki-kaki ram dengan menggosoknya bisa dengan penghapus karet. Ini juga berlaku jika anda baru saja mengganti ram. Pasang dan cek kembali...
  8. Jika anda mengalaminya karenya baru ganti ram atau tambah ram baru, coba lepas ram yang baru dan pasang dengan ram yang lama, cek….
  9. Jika blank dilayar monitor tidak teratasi dan tidak tampil apa-apa,  
  10. Cek dudukan VGA Card apakah terpasang dengan baik atau longgar.. kemudian cek kembali.
  11. jika langkah diatas tetap tidak mengasilkan solisi, coba ram-nya di test di komputer lain, cek kabel vganya ke komputer lain, cek monitornya dia cpu lain. 
  12. Jika tetap tidak teratasi, cobalah untuk ke tempat teknisi (service) untuk mengecek kesehatan Motherboard dan Vga Card (karena hal ini tidak bisa anda lakukan tanpa ada alat dan pengetahuan yang mendukung.
Baca Juga : Hal-hal Sepele Sebagai Jalan Masuk Ransomeware Yang Wajib Kamu Perhatikan

Jadi demikianlah mengetahui penyebab layar monitor tidak tampil apa-apa pada komputer, dan layar laptop blank, layar hitam, black screen, walau laptop bisa hidup. Juga tata cara mengidentifikasi permasalahan layar blank (bisa ketika dihidupkan, Restart atau tiba-tiba Blank). Juga terdapat solusi awal yang bisa anda terapkan dan kerjakan meski anda tidak paham mengenai teknisi laptop atau komputer, langkah-langkah diatas semuanya bisa dilakukan oleh pemula untuk mengatasi laptop atau komputernya yang tidak tampil dilayar monitor ketika komputer dan laptop dihidupkan.  Semoga artikel ini bisa membantu dan berguna. Terimakasih..  





EmoticonEmoticon