Thursday, February 14, 2019

Fungsi Perintah Endl dan Contoh Penerapan Endl Dalam Program C++

pengertian endl dan fungsi endl dalam program c++

Fungsi Perintah Endl dan Contoh Penggunaan Perintah Endl Pada C++  – artikel ini membahas mengenai apa itu Perintah Endl pada pemograman C++, atau lebih tepatnya apa fungsi Perintah  Endl pada C++. Juga penerapan Endl dalam program-program bahasa C++. 

Fungsi Endl Pada C++

Endl adalah sebuah fungsi yang sisebut manipulator yang berfungsi untuk menyisipkan sebuah atau satu karakter “NewLine” setiap satu Perintah  Endl. Itu berarti jika anda menuliskan fungsi Endl sebanyak 3 buah, maka akan melakukan 3 New line. Dengan kata lain endl berfungsi untuk pindah ke baris baru. Penulis sendiri sering menamainya “End Line”. Kalau di editor seperti word, notepad atau lainnya fungsi manualnya seperti “Enter” pada keyboard”

Fungsi Perintah  Endl pada C++ membutuhkan sebuah header atau Preprosesor yaitu iostream atau iostream.h. 

Fungsi endl pada C++ sangatlah penting dalam membuat program-program pada bahasa c++ guna memudahkan pengaturan posisi pointer, posisi teks, posisi input/Cin, ataupun Output/Cout.

Namun didalam c++ tidak harus menggunakan endl , karena didalam c++ untuk pindah kebaris baru ada dua cara atau fungsi yang sering digunakan oleh pemakai program c++ yaitu “endl” dan “\n”.

Apa perbedaan Perintah  Endl Dengan \n?

Sebenarnya fungsi Endl dan \n pada c++ adalah sama yaitu untuk mengakhiri sebuah baris dan kemudian memindahkan pointer ke baris baru.

Cara Penulisan Perintah Endl dan \n

Nah.. sebagai pembedanya adalah  cara atau tempat penulisan dari keduanya sebagai pembeda. Endl berada diluar tanda petik dua, namun \n harus berada dalam tanda petik dua. Untuk lebih jelasnya akan di tunjukkan atau dipraktekkan dalam program.
Bentuk Penulisan Perintah Endl dalam Program c++

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
cout<<" Memahami fungsi endl dengan Anakit";
cout<<" Program C++";
}

Maka hasilnya dari program diatas adalah sebagai berikut

contoh program c++ penerapan perintah endl dalam c++
Gambar Penerapan Perintah Endl dalam C++

Anda perhatikan bahwa ada dua buah Cout untuk menampilakn kalimat yang berbeda, namun pada tampilan justru digabung dalam 1 baris.. itu program tanpa menggunakan Perintah  endl atau \n. coba perhatikan program berikut ini

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
cout<<" Memahami fungsi endl dengan Anakit"<<endl;
cout<<" Program C++";
}

Perhatikan sudah ada penambahan fungsi Perintah  Endl di akhir cout pertama, sehingga program akan menghasilkan sperti berikut ini.

Pengertian perintah Endl dalam Program c++
Gambar Penerapan Endl



Pahami perbedaan program pertama dengan program kedua dan hasil dengan fungsi endl dengan tanpa Perintah  endl.

Bentuk penggunakan fungsi Perintah  endl juga bisa berbagai macam cara penulisan. Perhatikan contoh-contoh menerapkan fungsi Perintah  endl pada program-program berikut.

cout<<"Memahami fungsi endl dengan Anakit"<<endl<< "Program C++";

cout<<"Memahami fungsi endl dengan Anakit"<<endl<<"Program C++"<<endl;
cout<<"Memahami fungsi endl dengan Anakit";
cout<<endl<<"Program C++";

inti dari penulisan fungsi Perintah endl adalah harus berada setelah kurung siku 2 buah (<<). Atau terletak diantara << endl <<. Fungsi endl akan bekerja apabila berada didalam perintah .
cout. 

Penulisan Alternatif Endl yaitu \n

Jika anda bingung dalam menempatkan Perintah  endl, ada cara lain yang lebih sederhana yaitu \n, ingat fungsi ini harus berada didalam petik 2 (“ \n “) pada perintah cout.

Perhatikan contohnya sebagai berikut 

fungsi perintah endl dan contoh program c++ perintah endl

  
Contoh lainnya

fungsi perintah endl adalah

Penulisan atau implementasi \n untuk membuat baris baru sangat sederhana, perhatikan saja gambar-gambar diatas, anda bisa menempatkan dimana saja, selama itu masih didalam “ …. “. 
Untuk lebih memahami fungsi Perintah Endl pada C++, akan lebih mudah jika langsung dipraktekkan dan melakukan kreasi sendiri dalam contoh-contoh program. Kolaborasikan dengan \n untuk meningkatkan pemahaman anda dalam program bahasa c++.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi endl pada c++, beserta dengan contoh implementasi endl dalam contoh program c++. Semoga artikel ini bisa membantu dan meningkatkan pemahaman anda dalam menulisan script c++ serta memahami fungsi-fungsinya.


EmoticonEmoticon