Thursday, February 14, 2019

Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Table Of Content di Microsoft Word

membuat daftar isi otomatis di microsoft word

Artikel ini membahas mengenai tutorial membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word untuk membantu membuat daftar isi yang benar dan membantu dalam menyusun karya-karya ilmiah, serta memudahkan dalam mengkoreksi kesalahan dalam halaman 

Membuat daftar isi adalah hal yang menjengkelkan dalam menyusun sebuah makalah, menyusun skripsi, menyusun tesis, meyusun karya ilmiah lainnya, dikarenakan ketika membuat daftar isi akan memaksa kita untuk teliti melihat halaman yang tepat sesuai judul, bab, dan subbab lainnya.

Yang jadi permasalahannya adalah, waktu membuat daftar isi, kalau daftar isi sebuah makalah, laporan hanya sedikit saja point-point dan halamannya, berbeda dengan skripsi, TA, Tesis, dan sejenisnya atau juga buku yang butuh waktu untuk menghindari kesalahan dalam membuat halamannya dalam daftar isi.

Permasalahan kedua adalah bahwa apabila terjadi perubahan, apakah ada penambahan halaman ditengah-tengah, atau penambahan ketikan yang membuat judul-judul yang di daftar isi tidak sesuai lagi dihalaman yang sebenarnya, terpaksa refisi ulang lagi halaman Daftar Isi tersebut. Sangat menjengkelkan bukan?

Ternyata, di Office sendiri tepatnya Microsoft Word telah menyediakan sebuah tools yang dikombinasikan untuk membantu membuat daftar isi otomatis, dan apabila ada perubahan terhadap letak halamannya bisa langsung update sendiri tanpa oprek-oprek lagi halaman daftar isinya


Daftar Isi Otamatis?

Ya, tapi bukan berarti anda tidur dan halaman daftar isinya terbentuk dengan sendirinya, ada campur tangan kita dalam membuat Daftar isi Otomatis di Microsoft Word. 

Perhatian: Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word, penomoran halaman kiranya sudah dibuat.

Lihat contoh Kerangka Skripsi Berikut ini

kerangka untuk membuat daftar isi otomatis
Gambar Contoh Kerangka
 

Perhatikan : usahakn dalam pemberian nomor sub bab dan lainnya tidak menggunakan “Numbering” buat penomoran secara manual saja. Kemudian pada bagian judul BAB, jangan di enter untuk memindahkan baris antara BAB dan Judul Babnya, tapi dengan Shif+Enter

Contoh :
BAB I PENDAHULUAN

Posisikan pointer atau kursor antara BAB I dengan PENDAHULUAN, kemudian Tekan Shift+Enter. Sehingga menjadi 

BAB I
PENDAHULUAN

Lah… sama aja dong.. tidak.. meskipun terlihat tetap menjadi 2 baris, namun sebenarnya itu tetap 1 baris terlihat pada Daftar ISI Nantinya, agar tidak tertulis terpisah Antara Bab I dan Pendahuluan. Lakukan hal tersebut untuk BAB 2, 3 dst.

Selanjutnya kita Membuat Style untuk setiap judul besar seperti kata pengantar, daftar isi, bab, daftar pustaka, dll.

Pilih salah satu judul besar yang akan kita buat menjadi patokan terlebih dahulu, pada kerangka diatas saya pilih “Kata Pengantar”. 

Blok judul tersebut,  pada Tab Home, lihat bagian Style (sebelah kanan), klik yang di tandai lingkaran merah pada gambar dibawah ini
 
membuat style untuk membuat daftar isi otomatis
Gambar Menampilkan Style

Sehingga tampil seperti gambar berikut ini
 
membuat daftar isi otomatis skripsi di word
Gambar Membuat New Style

Pada, klik lingkaran merah tersebut untuk membuat new style, dan akan tampil seperti berikut ini
 
membuat daftar isi otomatis di word
Gambar Membuat Style untuk Judul Besar 

Ikuti sesuai yang diatas, mulai dari bagian formatting dan propertisnya. Dan setelah itu tekan “Ok”, sehingga akan tampil style baru seperti gambar berikut ini
 
membuat style untuk bab sebagai penanda dalam membuat daftar isi otomatis
Gambar Style Bab

Ini digunakan untuk menandai pada judul-judul besar lainnya, BLOK SATU PERSATU JUDUL BAB DAN JUDUL LAINNYA, dan klik Style yang dilingkari merah diatas, sehingga formatnya akan menyesuaikan sendiri.

Selesai kita pada BAB, dan Judul Besar. Kita beralih pada Sub Bab.

Ikuti aja langkah-langkha diatas, yaitu pilih salah Satu Sub Bab, Blok, klik New Style
 

Sub bab style untuk membuat daftar otomatis di micosoft word
Gambar Membuat Style Untuk Sub Bab


Perhatian :Sub Bab adalaha sub pertama atau level pertama dari suatu bab, perhatika gambar diatas. Dan mungkin anda bisa memahaminya.

 
membuat daftar otomatis di micosoft word dengan table of contents
Gambar Style Untuk Sub Bab

Sesuaikan dengan yang diatas, beri nama Sub Bab dan ikuti lainnya, setelah itu Tekan Ok, dan akan otomatis akan tampil style baru seperti gambar berikut ini

Membuat daftar otomatis dengan table of content di micosoft word
Gambar Style Untuk Sub Bab

Kemudian, tandai seluruh Sub bab dengan Style tersebut.

Perhatian : ingat pesan diawal, bahwa untuk penomoran setiap sub bab jangan menggunakan Numbering otomatis, buat secara manual.


Begitu seterusnya lakukan pembentukan Sytle untuk Sub1 (level kedua) dan sub-sub berikutnya. Berikan nama style sesuka anda.

Setelah selesai, mari kira buat Daftar Isi Otomatisnya. 

Letakkan Kursor pada Halaman Daftar Isi, kemudian, pilih tab “References’,  dan pada bagian kiri pilih menu Table of Contents

membuat daftar isi otomatis di micosoft word dengan table of content
Gambar Membuat Table Of Content
 

Dan pilih “Insert Table of Contents” sehingga akan tampil seperti berikut ini
 
membuat daftar otomatis dengan table of content di micosoft word
Gambar Membuat Daftar Isi Dengan Table Of Content

Klik tombol “Options…” sehingga akan tampil berikut ini
 
cara membuat table of content untuk membuat daftar isi otomatis di micosoft word
Gambar Memilih Style Untuk Daftar Isi

Nah, hapus angka-angka tersebut, dan jadikan urutan angka tersebut pada bab adalah angka 1, sub bab adalah angka 2, sub1 adalah angka 3 (kalau ada), sub2 adalah angka 4 (kalau ada), begitu seterusnya.

setting table of content membuat daftar isi di micosoft word
daftar isi di micosoft word

Gambar Membuat Daftar Otomatis di Table Of Content

 Setelah selesai, klik ok sampai selesai dan akan tampil secara otomatis daftar isinya 

 
membaut daftar isi yang benar di micosoft word
gambar Daftar Isi Dengan Table Of Content

Silahkan ada blok dan rubah jenis tusliannya dan ukurannya

Bagaimana jika ada pembaruan/perubahan halaman, atau penambahan bab dan sub-sub lainnya yang sudah ditandai dengan stylenya masing-masing?

Gampang, klik kanan di daftar isi tersebut dan pilih “Update Field” dan pilih  Update Page Number only atau Update Entrie Table, kemudian klik Ok… Selesai
   

cara mengupdate perubahan dengan daftar isi secara otomatis di micosoft word
Gambar Update Field Untuk Daftar Isi

Cara mengupdate Daftar isi otomatis di micosoft word
Gambar Update Perubahan Pada Daftar Isi


Oia, jika anda ingin daftar isinya semuanya sejajar seperti gambar berikut ini
membuat daftar isi otomatis di micosoft word
Gambar Membuat Daftar Isi Sejajar Dengan Table Of Content

 


Buat semuanya menjadi angka 1 seperti gambar berikut ini
 
pengaturan dalam table of content dalam membuat dafar isi otomatis di micosoft word
Gambar Membuat Daftar Isi Dengan Table Of Content

Begitu juga, jika hanya sub bab dan sub1 dan seterusnya ingin disejajarkan, maka ganti semua menjadi angka 2 KECUALI yang bab-nya.

Itulah panduan membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word untuk membantuk anda dalam membuat daftar isi otomatis yang simple dan bisa anda gunakan format stylenya untuk dokumen-dokumen selanjutnya tampa membuat ulang setylenya, cuku langsung anda tandai aja karena syle-style tersebut tidak akan hilang sempai anda install ulang os atau aplikasinya.





EmoticonEmoticon