Sunday, February 3, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi 0% available plugged in, charging Pada Laptop

Artikel ini membahas mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi dan Memperbaiki plugged in charging namun tetap 0% available pada icon battery information, Kamu mungkin sedang mengalami 0% available (plugged in, charging) pada laptop kesayangan kamu sehingga mampir ke artikel yang tepat untuk tau penyebab dan cara mengatasi 0% available (plugged in, charging)
 penyebab dan cara mengatasi 0% available plugged in, charging pada laptop windows 7 8, 10
Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis yang laptopnya memiliki masalah yang sama sesuai dengan judul artikel ini yaitu 0% available (plugged in, charging) pada laptop HP-1000 Notebook, dan penyebab terjadinya 0% available (plugged in, charging) secara tiba-tiba (sehari sebelumnya normal).

Baca Juga : Membuat Installer Semua Windows Dengan USB Flashdisk Dengan Mudah

Akhirnya penulis memiliki cara yang tepat dan berhasil mengembalikan keadaan fungsi pengecasan pada adapternya. Oia 0% available (plugged in, charging) ini terjadi pada windows 7. Gatau kenapa dengan windows 7 sering terjadi masalah ini, laptop penulis merk acer juga pernah 0% available (plugged in, charging), tapi udah sold…hehehe.

Untuk mengatasi dan memperbaiki 0% available (plugged in, charging) atau baterai laptop tidak mengisi (bukan tidak bisa mengisi) sebenarnya sangat mudah dan tidak perlu keahlian khusus dengan membongkar komponen baterai, atau Lembiru (Lempar Beli Baru). 

Tapi sebelumnya, perhatikan hal-hal berikut menjadi syarat bahwa cara ini berhasil untuk mengatasi 0% available (plugged in, charging) pada laptop anda.

Baca Juga : 7 Kebiasan Penyebab Baterai Cepat Rusak Dan Bocor
  1. Keadaan baterai atau pengecasan sebelum terjadi 0% available (plugged in, charging) dalam keadaan normal.
  2. Bukan plugged in, not charging (ini beda lagi penyebab dan cara mengatasinya)
  3. Baterai masih normal (masih menyimpan daya sebelum terjadi 0% available (plugged in, charging))
  4. Tidak Rusak (biasanya jika rusak bukan charging, tapi not charging).

Perhatikan bahwa baterai laptop anda memenuhi 4 syarat diatas untuk memastikan bahwa 0% available (plugged in, charging) bukan kerusakan battery.

Sebelum melakukan langkah-langkah dibawah ini, pastikan terlebih dahulu laptop dalam keadaan mati, dan tidak ada masuk daya (tidak dicas) kurang lebih 10-15 menit. Ini berguna untuk memastikan bahwa semua daya atau arus yang ada didalam memory dan battery benar-benar kosong. 

Langkah-Langkah Memperbaiki  0% available (plugged in, charging) 

  1. Dalam keadaan laptop mati dan tidak ada daya kurang lebih 15 menit sebelumnya, colokkan charger pada laptop
  2. Tekan tombol power
  3. Setelah layar hidup, langsung tekan F8 atau Fn+F8 (ini berguna untuk masuk Save Mode) Biasanya muncul pilihan dilayar untuk memilih, apakah Start Normaly, Save Mode, dan banyak lainnya. Cari dan pilih Save Mode
  4. Biarkan laptop hidup dengan mode “Save Mode” (tampilannya akan jadul seperti windows Xp/Vista/Server)
  5. Buka Device Manager (anda bisa meklik Menu Start di pojok kiri bawah, dan ketik “Device Manager) atau bisa dari Control Panel-Hardware and Sound-Device Manager)


  6. Cara Memperbaiki baterai laptop tetap 0% pada saat dicharger, yaitu 0% available plugged in charging pada laptop
    Gambar Device Manager  


  7. Pada device manager, pilih batteries
  8. Pada bagian batteries tersebut,pilih Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery dan klik kanan, kemudian pilih uninstall device (atau klik saja tanda silang merah)
  9. Ok/Setujui
  10. Selanjutnya, yang harus dilakukan adalah mengosongkan kembali daya, dengan melakukan Shutdown Pada Laptop
  11. Setelah laptop shutdown, cabut lagi charger dari laptop dan biarkan sekitar 10-15 menit.
  12. Kemudian coba hidupkan laptop secara normal
  13. Semoga berhasil,


Demikianlah Pembahasan Mengenai Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Mengecas atau mencarger tapi baterai tidak mau menambah yang biasa di tampilkan dalam batrey information 0% available (plugged in, charging). Semoga artikel ini berguna dan membantu.


EmoticonEmoticon