Wednesday, January 2, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Unable to start the daemon process di Android Studio

Unable to start the daemon process -  pernah mengalami Unable to start the daemon process pada saat memulai program project di android studio? Hal ini bisa terjadi tak menentu, berdasarkan pengalaman penulis, sehari sebelumnya membuat atau mengcoding project di android studio aman-aman saja. Tetapi sehari kemudian pada saat menjalankan dan membuat project baru muncul Unable to start the daemon process.

terjadi error Unable to start the daemon process di android studio, begini cara mengatasi Unable to start the daemon process
Gambar Error Unable to start the daemon process

Mengapa Unable to start the daemon process terjadi? 

Hal ini terjadi disaat memori anda tidak mampu atau cukup untuk menjalankan build atau sync di android studio,  seperti penulis alami, hal tersebut terjadi pada saat sedang membuka banyak aplikasi secara bersamaa dan tentunya akan memakan banyak memori. Sehingga persediaan memori sangat minim untuk menjalankan Sync di androi studi sehingga akan muncul Unable to start the daemon process. 
Terus bagaimana solisi mengatasi Unable to start the daemon process?
Jika pengalaman anda seperti penulis, coba restart pc atau laptop anda. setelah restart coba jalankan hanya android studio saja. 

Jika hal tersebut maka ada faktor lain, dan tentunya ada cara lain untuk mengatasi Unable to start the daemon process.

Dengan kita merubah atau memperkecil nilai “org.gradle.jvmargs” yang ada di gradle propertis.

Ikuti langkah-langkah berikut ini.
Buka gradle propertis dengan cara double klik sehingga akan tampil editonye kesebelah kanan seperti gambar berikut ini

penyebab dan cara mengatasi Unable to start the daemon process pada android studio
Gambar Mengatasi Unable to start the daemon process

Nah didalam gradle propertis perhatikan nilai dari “org.gradle.jvmargs”, nah pada kasus ini nilainya adalah  “3250m” seperti lingkaran merah, nah hal ini akan membutuhkan memori yang sangat besar.

Anda rubah menjadi “1024m” dan kemudian silahkan lakukan Sync lagi atau tekan saja try again. 

Namun terkadang dengan merubahnya menjadi “1024m” tetap tidak berhasil dan tetap muncul Unable to start the daemon process, turunkan lagi nilainya menjadi “512m”. 

Dan lakukan kembali sync atau try again atau make project. Jika sudah berhasil akan menampilkan seperti gambar berikut ini

Unable to start the daemon process telah selesai diatasi dengan mudah
Gambar Synced Sukses

Jadi intinya jika terjadi Unable to start the daemon process, sudah pasti masalahnya pada nilai tersebut, kemungkinan terlalu besar, jika anda menggunakan 64bit, gunakan saja 512.
Jadi demikianlah pembahasa mengenai cara mengatasi Unable to start the daemon process pada android studio, dan semoga saja artikel ini membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Terimakasih..


EmoticonEmoticon