Wednesday, January 2, 2019

Contoh program c++ membuat pola-pola bintang (bermacam)

Contoh program c++ membuat pola bintang – pada banyak bentuk pola yang dihasilkan dari sekumpulan bintang yang sedemikian rupa di bentuk dengan menggunakan sebuah algoritma sehingga membentuk sebuah pola hanya dari sekumpulan bintang

Pada artikel ini membahas sebuah contoh program c++ dimana akan dicetak sekumpulan bintang menjadi sebuha pola yang penulis sendiri bingung memberikan apa nama pola dari bintang-bintang tersebut. sebagai tampilan pola bintangnya seperti berikut ini

membuat pola bintang dengan program c++
Gambar Pola Bintang di c++

Kira-kira sobat memberikan nama pada yang tepat dari pola bintang diatas? Masih bingung... dibilang U tidak, dibilnag  V juga tidak.. ya terserah masing-masing saja memberikan nama apa yang tepat untuk pola bintang diatas.

Untukt program c++ dalam menampilkan pola bintang diatas menggunakan bantuan perulangan, bisa for, while, ataupun do...while dan sebuag logika IF. Pada kesempatan ini penulis akan membagikan dengan dua bentuk perulangannya meskipun dari pola bintangny adalah sama.

Menampilkan Pola Bintang Dengan Perulangan For di C++

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
 int jumlah,a,b,c;
 cout<<"      Contoh Program C++ Anakit.id \n Menampilkan bintang dalam bentuk Pola \n";
 cout<<"\n Masukkan Jumlah Bintang : ";cin>>jumlah; 
  for (a=1;a<=jumlah;a++)
 {
  b=1;
  for (b=1;b<=jumlah;b++)
  {
   if(b<=a)
   {
    cout<<"*";
   }else{
    cout<<" ";
   }
  }
  for (c=jumlah-1;c>0;c--)
   {
   if(c<=a){
    cout<<"*";
   }else{
    cout<<" ";
   }
    }
  cout<<endl;
 }
 cout<<endl;
}

Bedah Program Pola Bintang :

Anda perhatikan program ini hanya menggunakan atau perlu satu Header saja atau preprocessor saja yaitu Iostream. Dan dibantu dengan 4 variable dengan tipe yang sama yaitu “int” atau integer.

Variable jumlah digunakan untuk menampung nilai dari berapa jumlah atau deret bintang secara vertikal kebawah, atau dengan kata lain berapa baris dari pola bintang tersebut.

Sedangkan variable a,b,c. Digunakan dalam melakukan perulangan agar bisa terbentuk pola bintang yang diinginkan.

for (a=1;a<=jumlah;a++)

bentuk sebuah perulangan dengan nilai awal a adalah 1, dan batasnya ialah lebih kecil atau sama dengan jumlah (yang anda tentukan melalui input), dan iterasi atau perubahan nilai perulangan adalah increment dengan +1 nilainya setiap dilakukan perulangan.

Didalamnya terdapat 2 perulangan lagi, kebetulan disini penulis juga menggunakan perulangan for dalam menampilkan pola bintang di c++. 
For pertama ialah untuk menampilkan pola bintang segitiga untuk sudut siku berada kiri bawah, dan yang for kedua untuk menampilkan pola bintang segitiga untuk sudut siku kanan bawah. Sehingga terbentuk segitiga siku yang saling berhadapan.

Didalam nested for pertama terdapat logika if(b<=a), jika nilai dari b lebih kecil atau sama dengan a, maka cetak (cout) “*”, jika tidak cetak saja spasi. (spasi disini bisa anda rubah terserahh anda.

Didalam nested for kedua terdapat logika if(c<=a), jika nilai c lebih kecil atau sama dengan a, maka cetak (cout) “*”, jika tidak cetak “ “.

Itulah adalah program c++ menampilkan pola bintang dengan perulangan for,terus bagaimana dengan perulangan while?. Simak script dibawah ini


Menampilkan Pola Bintang Dengan Perulangan While di C++

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
 int jumlah,a,b,c;
 cout<<"      Contoh Program C++ Anakit.id \n Menampilkan bintang dalam bentuk Pola \n";
 cout<<"Masukkan Jumlah Bintang : ";cin>>jumlah; 
  for (a=1;a<=jumlah;a++)
 {
  b=1;
  while (b<=jumlah)
  {
   if(b<=a)
   {
    cout<<"*";
   }else{
    cout<<" ";
   }
   b++;
  }
  c=jumlah-1;
  while (c>0)
  {
   if(c<=a){
    cout<<"*";
   }else{
    cout<<" ";
   }
   c--;
  }
  cout<<endl;
 }
}

Sebenarnya sama saja bentuknya, hanya karena perulangan for batas awal dan akhir dan juga itearsinya digabung didalam kurung, dan berbeda dengan perulangan while, perhatikan dan simak baik-baik bentuk programny adalah sama dan hasilnya apa lagi. Hal ini bertujuan agar yang sedang belajar bisa memahami dari kedua bentuk perulangan dalam menampilkan pola bintang yang sama di c++

Jadi demikianlah pembehasan mengenai membuat pola bintang di c++, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan, jika ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia. Terimakasih.


EmoticonEmoticon