Monday, January 28, 2019

Penyebab / Cara Mengatasi Hostpot Laptop Tidak Terdeteksi di HP dan Laptop Lain (windows 7,8,10)

Hostpot Laptop Tidak Terdeteksi di Perangkat HP - Terkadang kita sering kehabisan paket data di android,HP atau di smartphone, dimana moment yang tidak tepat untuk keluar membelikan paket internet, namun disisi lain ternyata laptop kita terkoneksi ke sebuah jaringan, baik jaringan Nirkabel atau Wifi (hotspot) atau terkoneksi melalui kabel LAN. Muncul ide cemerlang akan hal tersebut ialah membuat laptop sebagai hotspot atau membagikan jaringan wifi internet dari laptop ke HP/android/smartphone.

Kemudian dengan semangat untuk membuat laptop tadi menjadi sebuah hotspot untuk membagikan wifi ke HP atau android dan ternyata name dari wifi yang di tethering melalui laptop tidak terdeteksi di HP atau Android. Tapi di laptop lain dapat mendeteksi nama hotspot dari laptop hotspot tadi, muncul pertanyaan, mengapa tidak terdeteksi.

Ada kasus lain, nama hotspotnya ketemu, tetapi untuk menghubungkan atau mengkoneksikan tidak bisa, “mengapa tidak bisa menghubungkan hp/android ke jaringan hotspot laptop”? Mengapa Tethering Laptop Tidak Terdeteksi Di Hp? ini sering menjadi pertanyaan yang sedang mengalami hal tersebut. 

Problem ini juga pernah terjadi bukan hanya pada laptop ke android, namun juga bisa terjadi antara laptop ke laptop... ya. terkadang hostpot laptop tidak bisa terdeteksi di laptop lain. terus apa masalahnya sampai hotpot laptop juga tidak bisa terdeksi di laptop lain. 

Ada kemungkinan yang besar terhadap hal diatas, yaitu perbedaan Frekuensi Band.

Dulu saya sering mendapatkan wifi dari laptop teman, terhubung dengan jaringan wifi seperti @Wifi.id dan dan tidak bisa dibagikan karena wifi yang dibuat laptop adalah 5Ghz.

Nah..bisa jadi anda terkoneksi ke jaringan internet local atau Wifi yang mendukukng frekuensi 5Ghz dan laptop anda juga tidak di prioritaskan ke jaringan 2.4Ghz. alhasil jaringan yang dibagikan melalui hotspot laptop juga akan memiliki frekuensi 5Ghz.sehingga hostpot laptop tidak terdeteksi di HP dan laptop lain.

Ada apa dengan perbedaan Frekuensi Band? Sehingga antara device satu dengan yang lain tidak dapat terhubung terutama antara hotspot laptop dan android?

Pada umumnya HP/Android/Smartphone hanya dapat mendeteksi frekuensi band 2.4Ghz. seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika laptop anda terkoneksi ke jaringan yang mendukung 5Ghz dan dilaptop anda tidak anda rubah untuk menurukan frekuensi. Tentu jaringan yang anda jadikan laptop sebagai hotspot tidak akan bisa dihubungkan ke perangkat android. Jadi solusinya ialah dengan merubah frekuensi Band dari adapter anda di laptop.

Bagaimana Cara Share Wifi Hostpot 5Ghz dari laptop ke Hp?

Cara ini diakali dengan merubah frekuensi laptop sumber dari 5Ghz menjadi 2.4Ghz agar hp dapat mendeteksi dan terhubung ke hotspot dari laptop.

Apakah akan berpengaruh terhadap koneksi Laptop ke Sumber Jaringan? Seperti putus?

Jika laptop anda dirubah frekuensinya dari 5Ghz ke 2.4Ghz tidak akan menyebabkan masalah seperti tidak bisa lagi konek ke sumber jaringan, atau terputus sampai balik lagi ke 5Ghz... Tidak... 

Apakah Merubah Jaringan Wifi Laptop dari 5Ghz ke 2.4Ghz adalah solusi satu-satunya?

Ya.. ini adalah solusi agar hp dan laptop yang memiliki frekuansi berbeda dapat terhubung dengan hotspot dari laptop. Dan alasannya mungkin sudah jelas diatas.

Bagaimana Merubah Frekuensi 5Ghz menjadi 2.4Ghz di laptop?

Cara ini gampang sekali, meskipun anda tidak tahu menahu mengenai mengotak-atik laptop untuk merubah wifi yang tadinya 5Ghz menjadi 2.4Ghz. dan ingat jangan takut salah atau akan merusak laptop selagi anda mengikuti langkah-langkah dengan benar.

Merubah Jaringan Network Hotspot/Wifi Laptop dari 5Ghz ke 2.4Ghz.

Langkah Pertama :
Untuk merubah jaringan atau frekuensi band di laptop harus melalui adapternya network langsung, jadi kita masuk terebih dahulu ke device manager. Anda bisa masuk dengan 2 cara yaitu.

Jika anda menggunakan windows 10, klik kanan menu start yang ada di pojok bawah, dan pilih device manager, perhatikan gambar berikut ini
memulai merubah frekuensi laptop agar hotspot laptop bisa terdeteksi di hp dan laptop lain
Gambar Membuka Device Manager dengan Windows 10

Namun jika anda menggunakan versi windows yang lainnya, anda bisa klik kanan my computer atau jika di windows 10 “this pc”. Perhatikan gambar berikut
penyebab dan cara mengatasi hotspot laptop tidak terdeteksi di hp dan laptop lian
Gambar Membuka Device Manager  Dengan Semua Versi Windows

Dan pilih manage.Sehingga akan tampil computer management, kemudian pilih device manager. Sehingga akan tampil device manager yang ada didalam laptop anda.

penyebab dan cara mengatasi tethering laptop tidak terdeteksi di laptop dan hp
Gambar Device Network Adapater (Hospot Laptop)

Langkah kedua: 
Setelah berada pada device manager, double klik “Network adapter” seperti lingkaran biru diatas, dan akan tampil seperti gambar berikut ini

hp tidak dapat mendeteksi hotspot laptop
Gambar Broadcom dengan Frekuensi 5Ghz (hp tidak dapat tekonek ke hostpot laptop)

Langkah ketiga :
Perhatikan seperti lingkaran merah diatas, mungkin beda komputer atau laptop mugkin kadang sedikit berbeda namun jarang. Intinya cari saja seperti ya.. biasanya paling atas dia. Nah anda double klik aja yang lingkaran merah tersebut. dan akan tampil seperti gambar berikut ini.

penyebab dan cara mengatasi hotpot atau tethering laptop tidak bisa terdeteksi di hp dan laptop lain
Gambar Merubah Frekuensi Jaringan Laptop

Langkah keempat :
Masuk tab “Advance” seperti lingkaran merah. Kemudian pada property cari “Band Preference” seperti lingkaran biru, tapi mungkin ada dengan nama yang berbedan intinya cari yang ada “Band”-nya dan isinya atau valuenya seperti gambar berikut ini

Merubah frekuensi Jaringan agar hp bisa terkoneksi ke hotspot laptop
Gambar Frekuensi Jaringan Laptop 

Nah, jika anda ingin merubah frekuensi wifi atau network band anda menjadi 2.4Ghz, pilih “prefer 802.11g/b”. Sebaliknya, jika anda ingin menaikkan menjadi 5Ghz, pilih “prefer 802.11a”. seusaikan dengan kebutuhan.

Karna dalam hal ini kita membahas merubah 5Ghz menjadi 2.4Ghz, pilih “prefer 802.11g/b”. 

Langkah kelima :
Langkah kelima adalah jika sudah pasti tinggal klik Ok saja.

Jika anda merubahnya dalam keadaan terhubung ke jaringan atau ke wifi, maka koneksinya akan terputus karena perubahan frekuensi, silahkan anda hubungkan kembali, lebih recomended disable dan enable kan jika anda terhubung ke sumber melalui wifi.

Kemudian coba kembali membuat laptop anda menjadi hotspot untuk android. Pasti berhasil.

Baiklah sekian dari saya mengenai Penyebab hostpot dari laptop tidak terdeteksi di hp dan laptop lain serta cara mengatasinya dengan merubah frekunsi 5Ghz ke 2.4Ghz di laptop untuk membuat hotspot laptop terdeteksi di hp dan laptop dengan frekuensi 2.4Ghz. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna.


1 comments so far

Tq.. Gua pikir adapter wifi saya yang rusak.. Ternyata karna beda frekuensi toh. . Terima kasih gan udah membuat solusinya


EmoticonEmoticon