Tuesday, January 29, 2019

Trik Membuat bootable/Installer Windows 7,8,10 Dengan Flashdisk USB

Membuat bootable/Installer Windows 7,8,10 Dengan Flashdisk USB – artikel ini membahas cara membuat bootable instalan windows 7 8 10 dengan flashdisk, yang sering dibilang membuat bootable windows dengan flashdisk. Ada banyak cara untuk menginstal OS windows , baik itu windows xp, windows 7, windows 8, juga windows 10. Bisa dengan bootable CD installer, bisa dengan bootable flashdisk. Atau juga bisa dengan cloning dari perangkat pc/ laptop yang berbeda.

Apa syarat Menginstal Windows dengan Flashdisk?

Untuk mengintal windows dengan flashdisk memiliki syarat yang sangat mudah dan hampi sama dengan cd installer windows, anda hanya perlu menyediakan flashdisk yang sudah dijadikan bootable install windows, dan tentunya prangkat komputer atau Laptop sebagai implementasinya.

Apa Syarat Membuat Flashdisk Jadi Bootable?

Untuk membuat flashdisk jadi intaller atau bootable, anda harus memiliki 4 hal berikut
  1. Flashdisk (untuk windows 7 ke atas harus dengan flashdisk diatas 4GB)
  2. ISO Windows 7,8,10
  3. Aplikasi Rufus (download dimana anda suka)
  4. Komputer/Laptop sebagai media untuk install Rufus dan membuat bootablenya
NB : Pastikan bahwa file ISO windows tidak corrupted dengan kata lain ISO-nya masih bagus dan tidak terjangkit virus. Dan pastikan tidak ada isi file dari flashdisk, karena perlu dilakukan formatting pada proses pembentukan bootable windowsnya

Bagaimana Membuat Flashdisk Bootable Instal Windows?

Untuk langkah-langkah dalam membuat flashdisk menjadi intaller windows, ikuti dan pahami step by step dibawah ini agar tidak ada kegagalan dalam menginstal windows dengan flashdisk.

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah Instal Rufus di Komputer/Laptop yang akan anda jadikan tempat membuat Flashdisk installer windows 

Setelah itu, maka langkah berikutnya adalah colokkan atau pasangkan flashdisk anda ke laptop atau Komputer 

Jika sudah terinstal rufusnya, silahkan buka aplikasi rufus yang sudah terinstal tersebut. Sehingga tampilan rufus akan muncul

membuat bootable flashdisk dengan rufus
Gambar Aplikasi Rufus untuk Buat Bootable

Lingkaran merah adalah tempat terdeksinya flashdisk yang akan anda buat jadi bootable windows, terlihat saya menggunakan flashdisk merk Tos*iba dengan kapasistas 16GB. Jika flashdisk anda belum muncul pada bagian device tersebut, coba colokkan ulang flashdisk anda atau bisa dengan mengganti di port USB lain.

Jika sudah terdeteksi flashdisknya, maka perhatikan settingan lainnya atau biar lebih tepatnya sesuaikan dengan settingan saya pada gambar tersebut, itu sudah fix (New Volume adalah nama Flashdisk setelah di Format)

Selanjutnya, perhatikan lingkaran biru pada gambar tersebut, itu adalah menu untuk memilih file windows atau iso windowsnya. Anda klik dan akan dibawah pada penelusuran target file, anda arahkan ke iso windowsnya seperti gambar berikut ini.
ISO windows Installer untuk membuat bootable flashdisk
Gambar ISO Windows Untuk Dijadikan Installer


Setelah itu, klik tomtol “Open” seperti lingkaran biru. Setelah proses open selesai akan muncul pada rufus iso yang anda pilih, seperti gambar berikut ini.

Proses Pemilihan ISO Windows untuk Bootable dengan Flashdisk Disk
Gambar Memulai Membuat Bootable Flashdsik

Untuk lingkaran Biru, terserah anda member nama apa untuk flashdisk bootable-nya, kalau default saja juga tidak masalah. Dilingkaran hijau adalah file iso yang sudah dipilih.

Kemudian kita tinggal melakukan pemformatan dan pembentukan bootable windows dengan mengklik “Start” yang ditandai dengan lingkaran merah.

Maka akan muncul peringatan akan dilakukannya format pada flashdisk seperti yang saya sampaikan awal tadi. 
Format Flashdisk untuk memulai membuat bootable flashdisk
Gambar Warning Formating Flashdisk 

Klik “OK”, dan akan dimulai proses pemformatan dan membuat flashdisk jadi intaller atau bootable windows seperti gambar berikut ini

Proses Membuat Flashdisk Bootable (intaller windows dengan flashdisk)
Gambar Rufus Memulai Format dan Membentuk Bootable Flashdisk 

Tunggu beberapa menit, sekitar 10 menitan (tergantung laptop dan kapasistas flashdisk), sampai yang dilingkaran merah selesai seperti gambar berikut ini

Proses membuat Bootable Flashdisk sudah selesai (instal windows dengan flashdisk)
Proses Membuat Flashdisk Bootable Windows selesai

Setelah selesai dan tedapat tulisan “READY” dibawah status proses (lingkaran merah) berarti menandakan flashdisk anda sipa atau ready digunakan sebagai intaller/bootable windows. 

Klik “Close” pada Rufus, dan Flashdisk copot atau lepas dari Laptop/Komputer. 

Apa Langkah Selanjutnya?

Selanjutnya yang anda lakukan adalah melakukan penginstalan pada komputer/laptop yang ingin anda instal

NB: Menginstal dengan flashdisk sama dengan menginstal dengan Cd installer, hanya media bootable saja yang berbeda. Ini biasanya digunakan sebagai solusi karena tidak memiliki cd installer windows.

Selesai…

Demikianlah panduan membuat flashdisk bootable atau flashdisk installer windows 7,8,10 dengan mudah baik untuk pemula dan yang pada tingakatan lainya, semoga barhasil dalam mengintal laptop/komputer anda. Terimkasih..



EmoticonEmoticon