Tuesday, December 11, 2018

Tutorial Python : Cara Instal Python dan Konfigurasi Python di Windows

Cara Instal Python di Windows - Artikel ini membahas tentang tutorial instal python di windows 10 bagi pemula yang masih mr. Newbie. Ini adalah kelanjutan mengenai pengenalan dasar Apa Itu Bahasa Pemograman Python?. Yang sudah di posting pada artikel lainnya dalam anakit.id. baik kita langsung ke pokok pembahasannya.
  
Hal yang perlu anda siapkan untuk memulai instalasi Aplikasi Bahasa Pemograman Python tentunya harus memiliki file Installer (file .exe) dari Python. Terserah mau versi berapa. Ya saya saranin ialah versi terbaru. Jika anda belum memilikinya anda bisa mengunduhnya di https://www.python.org/download 
instal python for windows

Kemudian setelah anda memiliki installernya. Jalankan (double klik file installer tersebut). Sebagian kasus harus klik kanan dan pilih “run as administrator”. 
  
memulai menginstal python di windows

Kalau di laptop saya biasa akan tampil seperti gambar diatas, pilih “Run”. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini untuk memulai penginstalan.
menginstal python di windows 7,8,10

Saya sarankan untuk memilih “Costumize Intalation”, agar kita bisa merubah sesuai keinginan kita. Karena jika “Instal Now” maka file penginstalan tidak berada pada drive C\Program Files.

Baik klik “Costumize Intalation”, sehingga akan muncul gambar dibawah ini

pemilihan costumizepada penginstalan python di windows

Biarkan saja semua tanda ceklik default aktif, kemudian klik “Next”. Sehingga akan tampil seperti gambar dibawah ini

cara menginstal python di windows
Centang bagian seperti pada gambar diatas. Pada bagian “Costumize Install Location” arahkan pada seperti tertera pada gambar dengan cara klik “Browser” kemudian pilih. Anda bisa lihat pada gambar dibawah ini

pemilihan drive untuk tempat menginstal python di windows

Oia, lokasi penginstalannya tidak harus pada yang saya berikan, itu terserah dengan anda ingin menginstalnya dimana. Hanya sekedar saran saja agar pada panduan selanjutnya anda tidak kebingungan.

Setelah ada pilih tempat file penginstalannya, Klik “OK” dan pilih klik “Instal”

proses menginstal python di windows
Biarkan sampai proses instalasi selesai. Dan jika selesai maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, klik saja “Close”

proses penginstalan python di windows selesai

Perlu diketahui bahwa program python sangat bisa berjalan menggunakan cmd/command prompt. Untuk itu kita perlu menambah “path” agar bisa kita panggil dengan cmd. Contohnya pada gambar dibawah ini. Cmd belum mengenali python untuk dipanggil.
  
cara konfigurasi python setelah selesai menginstal python di windows
Untuk itu Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

langkah pertama adalah pergi ke folder tempat penginstalan python tadi. Cara cepatnya tekan tombol windows pada keyboard, ketik “python”, jika ada klik kanan python tersebut,  dan pilih open file location. Seperti gambar dibawah ini.

Sehingga akan tampil halaman sortcut, klik kanan Python dan pilih propertis. Seperti gambar dibawah

lokasi sortcut setelah berhasil menginstal python di windows
Akan tampil seperti gambar dibawah ini, dan pada bagian “start in” yang di blok anda copy isinya.

lokasi target dari hasil instal python di windows

Setelah anda copy, buka windows Explorer atau tekan Windows + E. Klik kanan pada My Computer / This PC, dan pilih propertis.

konfigurasi setelah instal python di windows
Maka seharunya anda sudah berada pada halaman system, selanjutnya klik advanced System Setting. Pada tampilan system Propertis seperti gambar diatas pilih Environment Variables

setelah instal python, lakukan konfigurasi python untuk cmd
Seperti gambar diatas, carilah Variable Path pada system propertis(scroll kebawah kalau tidak kelihatan). Jika ketemu klik path dan edit (untuk windows 7 agak berbeda tulisan dan tampilannya, namun intinya sama).
  
Pada windows 10 akan tampil seperti gambar diatas (untuk windows 7 hanya ada tampilan Variable dan Value, tidak masalah). Klik new pada pojok kanan atas. Dan pastekan yang anda copy alamat file Python tadi.

Untuk windows 7, pilih bagian valuenya dan letakkan kursor pada bagian ujung. Nah anda tambahkan dahulu “;” (tanpa petik) baru anda pastekan yang anda copy alamat file Python tadi.

Setelah itu klok Ok, Ok, dan Ok.

Jalankan Cmd (Command Prompt) dan ketik Python. Jika berhasil maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.


Maka akhirnya selesai proses penginstalan Python. Dan anda bisa memulai untuk melakukan programing untuk bahasa pemograman python.

Baca Juga : Tips Menggunakan Aplikasi Python Bagi Pemula (Dasar)

Demikian tutorial penginstalan Python di Windows. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Salam anakit. Dan salam programing....


EmoticonEmoticon