Wednesday, December 12, 2018

Project : Cara Membuat Project Baru di Android Studio (New Project)


Cara Membuat Project Baru Di Android Studio - Create New Project atau membuat aplikasi baru adalah hal yang paling dasar dalam belajar pemograman mobile, dalam hal ini tepatnya menggunakan android studio. Mungkin ada juga yang menggunakan eclipse sebagai editor, tapi pada saat ini kita membahas bagaiman cara membuat project baru atau sering disebut create new project.

Ini adalah langkah awal, jika anda tidak memahaminya, ada kemungkinan project yang anda buat tidak sesuai keinginan anda. artikel ini diperuntukkan khusus pemula sehingga akan diterangkan dengan detail agar anda paham cara membuat project baru di android studio.

Ada langkah atau cara memulai dalam membuat project baru
  1. Yaitu Pada Saat Aplikasi Baru Dijalankan
  2.  Melalui Menu File di Android Studio ketika Sudah dijalankan.
Kita mulai dengan cara pertama dalam membuat project baru atau create new project.

Pertama sekali anda jalankan aplikasi android studio yang telah diinstal pada pc atau laptop anda. bisa melalui menu start atau icon yang ada pada dekstop.
 
Membuat project baru di android studio dengan mudah
Gambar icon aplikasi android studio

Selanjutnya akan tampil halaman untuk memulai android studio seperti gambar dibawah ini

Panduan Membuat Project Baru di android studio
Gambar Start for Create A New Project

Pada bagian kiri yang terpotong adalah daftar project yang telah dibuat dan dijalankan sebelumnya. Untuk memulai mengcreate new project, anda klik pada lingkaran meran yaitu “Start a new android studio project”.  Sehingga selanjutnya akan tampil seperti gambar dibawah ini. 
 
cara create new project di android studio dengan mudah
Gambar Create Android Project

Perhatikan baik-baik, yang dilingkaran merah adalah tempat anda memberikan nama dari project anda, lingkaran biru adalah company domain dan ini bisa anda abaikan atau biarkan saja seperti bawaannya atau ingin dirubah jika anda punya juga tidak masalah.

Pada lingkaran kuning sebagai tempat project anda disimpan, anda bisa merubahnya dengan mengklik simbol “...” disebelah kanan untuk merubah tempat penyimpanan project anda, atau bisa anda abaikan saja juga tidak masalah.

Pada lingkaran biru merupakan package, biasanya gabungan antara company domain dan Application name. Bisa anda abaikan saja dan biarkan seperti itu.

Kemudian setelah pasti dan sesuai keinginan anda, langkah selanjutnya klik tombol “Next” untuk melanjutkan, dan akan tampil seperti gambar dibawah ini.
pemilihan API dalam membuat project baru di android studio
gambar Pemiligan Target Android Devices pada create new project

Karena pada kasus umum memang project yang dibuat adalah untuk android dan tablet, maka cukup yang dicentang hanya Phone and Tablet saja seperti lingkaran merah. 

Pada lingkaran Hijau adalah jenis API-nya. Istilahnya pada hal tersebut kita menggunakan OS android apa, bisa Lolipop, Ice Cream, Marsmellow, dll. Silahkan pilih yang tersedia saja di SDK anda. saya sarankan jangan yang tinggi-tinggi seperti Oreo atau Nouget. Karena akan berimbas pada besarnya memory yang dibutuhkan pada saat me-RUN ke emulatornya. Untuk saat ini saya sering menggunakan Lolipop saja. Tergantung anda.

Setelah anda pilih veris API-nya,silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan dan akan tampil seperti gambar dibawah ini
 
add an activity to mobile pada membuat project atau aplikasi baru di android studio
gambar add an activity to mobile pada membuat project baru 
\
Anda akan dibawah pada “Add an Activity to Mobile”, ini seperti tampilan seperti apa yang akan anda buat. Karena dalam hal ini memang tahap pembelajaran, maka yang dipilih “Empty Activiy”. Kan setelah itu klik Next dan akan tampil seperti gambar dibawah ini
Configurasi ketika membuat project baru di android studio
Gambar Create a new empty acrivity pada Project baru

Pada bagian “Configure Activity” ada dua hal yang harus anda perhatikan yaitu lingkaran Merah dan Biru.

Lingkaran Merah adalah nama file Acivitas Utama Aplikasi yang akan anda buat, dan ini ber ekstensi .java dan pastinya isinya dituilis bahasa java android. pada umumnya ini tidak perlu anda rubah, kecuali anda sudah mahir dalam membuat aplikasi besar. Dan ini terserah jika mau dirubah. Tapi untuk saat ini tidak perlu dirubah.

Pada lingkaran biru, ini adalah nama file tempat anda menyisipkan script .xml sebagai layout utama dari aplikasi project yang akan dibuat.  Dan ini juga untuk pemula dan memang pada umumnya tidak perlu dirubah biarkan saja seperti defaultnya.

Setelah selesai, langkah terakhir ialah tinggal klik tombol finis. Dan selesai.

Cara Yang Kedua, Melalui Menu File di Android Studio ketika Sudah dijalankan.

Untuk cara kedua, hanya untuk memulai meng-createnya saja yang berbeda, namun langkah selanjutnya adalah sama. Cara kedua ini intinya. Anda sudah selesai membuat project dengan cara pertama, kemudian anda ingin membuat project tampa harus menutup project yang ada atau aplikasi android studionya.

Anda masih dalam aplikasi android stuido, pada bagian kiri atas ada menu file, anda klik dan pilih new, dan pilih new project. Seperti gambar dibawah ini
membuat project baru dengan fasilitas tools yang tersedia di android studio
Gambar cara membuat project baru atau aplikasi baru di android studio
 

Setelah anda lakukan langkah diatas, maka akan langsung dibawah pada langkah pemberian nama aplikasi project yang baru seperti gambar dibawah ini

Panduan Membuat Memulai Project baru di android studio
gambar create android project (nama aplikasi)

Dari langkah ini sudah dijelaskan diatas untuk langkah selanjutnya. 

Jadi demikianlah pembahasan tentang Membuat Project Baru di android studio. Semogar artikel ini bermanfaat. Dan jika ada yang ingin disampaikan mengenai cara membuar project baru atau create new project di android studio, silahkan sampaika melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasi.



EmoticonEmoticon