Wednesday, December 19, 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Unable to resolve dependency Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0

Unable to resolve dependency for ':app@debug/compileClasspath': Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0. – artikel ini membahas mengenai error sederhana namun menjengkelkan pada android studio yang berefek pada project yang baru dibuat tidak bisa dilanjutkan yaitu pada masalah “Dependency” tepatnya pada com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0, sehingga akan menampilkkan pesan error Unable to resolve dependency for ':app@debug/compileClasspath': Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0. gambar dari kesalahnnya seperti berikut

Penyebab error dependency di android studio
Gambar Error Unable to resolve dependency for ':app@debug/compileClasspath': Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0

Pada kasus diatas projectnya saya beri nama “importgambar”.

Ada banyak kesalahan atau kasus error yang ada pada android studio, bukan aplikasinya. Namun terkadang faktor pendukungnya yang bermasalah, baik itu gradle, sdk, dll. Dan error pada bagian “dependency” juga bervariasi. Nah karna pada kasus ini kebetulan yang bermasalah ialah com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0.

Penyebab dan cara mengatasi error dependency di android studio
Gambar Error  Unable to resolve dependency for

Jika com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0. bermasalah akan berakibat activity_main.xml tidak akan dikenali oleh R.Java sehingga akan berimbas tidak bisanya MainActivity mengenaili layoutnya yaitu activity_main.xml.

Pada kasus ini awalnya android studio yang saya gunakan tidak ada masalah, sudah beberapa minggu digunakan tidak ada masalah dan lancar-lancar saja membuat program. Namun satu ketik saya create new project dan tara.... project yang baru saya buat erro pada “dependency” yaitu Unable to resolve dependency for ':app@debug/compileClasspath': Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0.

Nah, yang heran adalah project yang sebelum-sebelumnya saya buka (open recent) tidak error, lancar-lancar saja. Tapi ketika saya create dan error, saya fikir pada saat create new project ada yang salah saya setting. Dan ternyata saya coba berulang kali dengan nama project sampai menumpuk... tetap. Bagaimana ini... saya cari di om google tidak ada yang pas untuk bisa mengatasinya. Nah ternyata setelah saya cek-cek lagi perbedaan antara project yang error dan tidak error ada perbedaan ternyata.

NB : cari laptop teman yang android studio-nya tidak bermasalah. Dan lakukan perbandingan depedency pada gradle app (atau dengan project lainnya yang tidak bermasalah)
Perhatikan gambar perbandingan berikut ini

Penyebab dan cara mengatasi android studio yang dependency nya error
Dan 

Penyebab dan cara mengatasi Error dependency
Gambar Perbedaan Dependency dari Project yang baik dan yang error

Nah kedua perbandingan diatas adalah masih dalam aplikasi di android studio saya, yang satunya aman-aman saja, eh satunya lagi bermasalah. Walaupun tidak ada yang ane otak-atik.

Perhatikan lagi kasus erro yang kita bahas disini yaitu Unable to resolve dependency for ':app@debug/compileClasspath': Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0.  terlihat pada kedua gambar diatas nilai akhir dari com.android.support.constraint:constraint-layout berbeda, yang tidak error bernilai 1.1.3 sementara yang error 1.1.0 (perhatikan lingkaran merah pada gambar kedua)

Dari sini kita sudah mendapat lampu hijaunya, dimana letak masalahnya. Disini saya kasih solusi untuk mengatasinya (untuk permanen saya belum bisa menjamin, jadi setiap create project harus diatasi error ini secara manual).

Anda arahkan painter atau panah mouse ke com.android.support.constraint:constraint-layout. Dan tekan Ctrl+F1 pada keyboard. Dan disitu seharusnya ada diberikan solusi untuk mengatasi Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout, perhatikan gambar berikut ini
Unable to resolve dependency for ':app@debug/compileClasspath': Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0.
Gambar Permasalahan Error Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layou

Perhatikan ada solusi mengatasi dengan mengganti 1.1.0 menjadi 1.1.3. atau bisa anda posisikan pointer di com.android.support.constraint:constraint-layout. Dan tekan Alt+Enter pada keyboard seperti gambar dibawah ini

Penyebab dan cara Mengatasi Unable to resolve dependency for ':app@debug/compileClasspath': Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0.
Gambar Solusi Mengatasi Dependency Error di Android Studio

Lihat pada pilihan paling atas “Change to 1.1.3” nah inilah akar permasalahnnya bahwa seharusnya com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.3.

Bisa anda klik saja pilihan paling atas tersebut atau ganti manual juga bisa dengan mengganti angka 0 (jika sama dengan punya anda) menjadi angka solusi dari “ALT+Enter”.

Nah bagaimana jika tidak ada pilihan? Nah berarti SDK Tool anda belum complit, silahkan update lagi deh untuk melengkapi tools. Atau kalau anda penasaran bahwa sdk anda sepertinya sudah lengkap toolsnya, ya silahkan copas dependency dari laptop atau pc teman anda asalkan yang lainnya sama ya, dari min sdk, target sdk, dan 'com.android.support:appcompat 

Setelah anda merubahnya kita tinggal rebuild saja dengan 

cara mudah mengatasi Unable to resolve dependency di android studio
Gambar Mengatasi Error Dependency pada android studio

Klik menu lambang martil (make project) seperti lingkaran merah, atau dengan mengklik “Try Again” seperti lingkaran biru. Tunggu sampai proses selesai. Dan sampai menampilkan “Synced Successfuly” seperi gambar dibawah ini

Setelah masalah error dependency sudah teratasi maka buld gradle akan succes
Gambar error Dependency sudah teratasi

Nah jadi itulah cara mengatasi Unable to resolve dependency for ':app@debug/compileClasspath': Could not resolve com.android.support.constraint:constraint-layout:1.1.0. semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang membutuhkan pertolongan.jika ada yang kurang jelas. Silahkan sampaikan melalui kolom komentar.






1 comments so far

Hello kaks, saya ingin bertanya, gimana cara mengatasi run task tanda seri merah. Dan saat saya klik run, ada tulisan error di bwah ny, trus ada tulisan ip 127.0.0 gt gitu lah kk, saya pusiang😣😣😣


EmoticonEmoticon