Monday, December 17, 2018

Program Java : Menampilkan Deret Bilangan Genap di Java Netbeans

Program Java : Menampilkan Deret Bilangan Genap -  artikel ini membahas bagaimana membuat script java yang berbentuk OOP (Object Oriented Programing) di NetBeans untuk menampilkan deretan angka berupa bilangan genap, bilangan genap yang akan ditampilkan memiliki batas awal dan akhir yang bebas, mengapa? Karena dalam script java netbeans menampilkan deret bilangan genap ini sudah diberikan suatu input dialog untuk menerima masukan dari user mengenai batas angka atau nilai yang akan ditampilkan 

Dalam program java menampilkan deret bilangan genap ini, perlu untuk menambahkan atau mengimport yang namanya “import javax.swing.JOptionPane;”, JoptionPane ini adalah fasilitas yang disediakan untuk sebuah message dialog, jadi untuk menentukan range atau batas angka yang akan ditampilkan dari bilangan genap diinputkan melalui message dialog, contohnya seperti ini
membuat program java netbeans menampilkan deret bilangan genap
 Gambar program menampilkan deret bilangan genap di java netbeans

“import javax.swing.JOptionPane;” ini kita importkan tepat dibawah package, perhatikan gambar dibawah ini 

memulai membuat program atau script java menampilkan deret bilangan genap (netbeans)

Gambar Import javax.swing.JOptionPane

Ini juga berlaku pada program menampilkan deret bilangan ganjil, yang batas awal dan akhirnya juga sesuai ketentuan ketika program di runkan. Baik untuk program java lainnya yang perlu memasukkan sebuah nilai ketika program java dijalankan. Nah terutama pada pada deret bilangan yang kita bahas saat ini.

Jadi untuk itu kita mulai membuat script program java menampilkan deret bilangan genap dengan langkah ialah create new project (apabila belum membuat project).

Kemudian setelah membuat project, masukkan atau ketik program menampilkan deret bilangan genap berikut didalam “public static void main(String[] args)”

Baca : Menangkap Input Dengan Util Scanner

Script Java Menampilkan Bilangan Genap

  String awal = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Batas Nilai Awal) = ");
   String akhir = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Batas Nilai Akhir) = ");
   int genap = Integer.parseInt(awal);
   int genap1 = Integer.parseInt(akhir);
   
       for(int i=genap; i<=genap1;i++)
       if (i % 2 == 0){
   System.out.print(i + " ");
    }

Sehingga akan seperti gambar berikut

Script java menampilkan bilangan genap di netbeans
Gambar Script Menampilkan deret bilangan Genap

Perlu untuk diperhatikan, package dan public class jangan ikuti milik anakit, karena ya tidak bisa, sebab package dari project kamu sudah ada dan pasti berbeda dengan punya anakit, kecuali nama projectnya kamu buat sama persis dengan milik anakit yaitu “Bilangangenapinput”, baru boleh sama.
Bedah Program :

“String awal = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Batas Nilai Awal) = ");” berfungsi unuk membuat suatu message sekaligus input dialog untuk batas nilai awal dari deret bilangan genap yang akan ditampilkan

 “String akhir= JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Batas Nilai akhir) = ");”, ini juga memiliki fungsi yang sama, namun untuk batas akhir dari deret bilangan genap yang akan ditampilkan dalam program java.

   int genap = Integer.parseInt(awal);
   int genap1 = Integer.parseInt(akhir);

keduanya adalah sama, yaitu merubah input yang ditampung nilai awal dan akhir menjadu bertipe Integer agar nilainya bisa digunakan untuk proses aritmatika, perbandingan, dll. Nah nilai awalnya di tampung kembali ke variable genap dan dalam keadaan sudah bertipe integer, begitu juga dengan nilai akhir ditampung kembali ke variable genap1, dan sudah bertipe integer juga.

for(int i=genap; i<=genap1;i++), ini adalah perulangan for dimana didalamnya terdapat ketentuan untuk melakukan perulangan, yaitu : perulangan pertama memiki set awal variable i = genap (batas awal), kemudian perulangan akan dilakukan selama variable i memiliki nilai <=genap1 (batas akhir), dan nilai variable akan berubah setiap melakukan perulangan dengan iterasi Incerement, yaitu i++ atau i=i+1.

if (i % 2 == 0), ini adalah logika untuk menentukan apakah bilangan genap atau bukan dari nilai variable, i%2 == 0  memiliki arti i bagi 2 memiliki mod (sisa bagi) sama dengan 0.  Simbol % adalah mod (sisa bagi) bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi dengan 2 pasti memiliki sisah bagi 0.
Contoh; 
8/2 = 4, sisa baginya 0. Berarti bilangan genap karena 4*2 =8 
7/2=3 , sisa baginya 1, berarti bukan bilangan genap karena 3*2=6, dan ada 1 angka tersisa

Jadi jika dalam bahasa saya, jika i dibagi 2 sisa baginya adalah 0, maka lakukan proses true yaitu
{
   System.out.print(i + " ");
    }
Perintah diatas adalah perintah untuk menampilkan atau mencetak nilai i, dimana nilai i yang dicetak adalah yang memiliki sisa bagi 0 jika dibagi 2. Dan itu berarti yang dicetak adalah bilangan genap saja. 

Maka berikut ini adalah hasil dari program java menampilkan deret bilangan genap
program java menampilkan deret bilangan genap dengan memasukkan nilai awal terlebih dahulu
Gambar Program menampilkan derer bilangan genap

Diatas adalah message dialog sekaligus input dialog untuk menerima batas awal dari deret bilangan genap, contoh batas awal adalah 15

Program java menampilkan deret bilangan genap dengan memasukkan batas akhir dari deret
gambar program java menampilkan deret bilangan genap

Kemudian akan muncul secara otomatis input dialog kedua untuk menerima input batas akhir deri deret bilangan genap, contoh batas akhir adalah 27

Sehingga akan menampilkan hasil berupa deret bilangan genap java berikut ini

hasil dari program java menampilkan deret bilangan genap dengan ketentuan batas awal dan akhit sudah ditentukan oleh user
Program Java hasil menampilkan deret bilangan genap di netbeans

Kamu bisa menetukan berapa saja angka awal adan angka akhir dari program java menampilkan deret bilangan genap tersebut.

Mungkin demikianlah pembahasan mengenai program java netbeans menampilkan deret bilangan genap, sekaligus pembahasa algoritma deret bilangan genap. Semoga artikel ini bermanfaat.







EmoticonEmoticon