Monday, December 17, 2018

Contoh Program Netbeans Menampilkan Deret Bilangan Genap

Contoh Program Java Menampilkan Deret Bilangan Genap 2 4 6 8 10 -  pada artikel ini akan membahas sebuah program java untuk menampilkan deret bilangan, bilangannya berupa bilangan genap 2 4 6 8 10, program java ini menggunakan Netbeans tentunya. Program deret bilangan genap ini juga tersedia message untuk menerima input berapa angka terakhir yang akan ditampilkan dalam bilangan genap, semisal kita ingin menampilkan bilangan genap 1 sampai 100, maka kita masukkan saja angka terakhir 100 dan program java akan menampilkan deret bilangan genap saja dalam range 1 – 100.

Nah begitu juga jika anda ingin menampilkan deret bilangan genap dari 1 – 20, atau dari 1 – 50, atau cara menampilkan bilangan genap dari 1 – 30, free!!!. Tentukan sendiri batas angkanya. Baiklah kita langsung membuat script atau coding program java dalam menampilkan bilangan genap 2 4 6 8 10.

Pertama kita buat new project terlebih dahulu dengan Ctrl+Shift+N
membuat project java untuk menampilkan deret bilangan genap 2 4 6 8 10
Gambar membuat project java

Jika, pilih yang seperti ditandai lingkaran merah, dan klik tombol next. Langkah ini biasanya teman-teman sudah paham dan mengerti. Dan jika anda sudah menyediakan new porject untuk menampilkan deret bilangan genap, silahkan abaikan langkah ini.

Setelah anda klik tadi next maka kita akan memberikan name dari project dan lokasi projectnya

Memberikan Nama Project java untuk menampilkan deret bilangan genap
Gambar Membuat project menampilkan deret bilangan genap java

Anda bisa mengikuti Project name yang saya buat seperti lingkaran merah contohnya Bilangangenapp, kalau mau buat nama project sendiri juga tidak masalah. Nah untuk project location dan project folder itu terserah anda dimana letak projectnya. Untuk lingkaran biru abaikan saja dan biarkan default. Kemudian klik “Finish”

Anda akan dibawa pada tampilan editor untuk memulai mengcoding project, termasuk coding biangan genap java. Jika anda risih terhadap komentar default yang ada dieditor, hapus saja sehingga akan seperti gambar dibawah ini.

memulai membuat program java menampilkan deret bilangan genap
Gambar Memulai project Menampilkan deret bilangan genap di java

Baiklah kita mulai memprogram untuk cara menampilkan deret bilangan genap di java netbeans. Untuk script seperti bawah ini

  for(int i=1; i<=10;i++)
       if (i % 2 == 0){
   System.out.println(i + " ");
    }

Kita mulai dengan script menampilkan bilangan genap 2 4 6 8 10 terlebih dahulu. Jadi script bilangan genap diatas anda masukkan ke project dalam “Public Static Void main (String[] args)” seperti gambar dibawah ini

script java menampilkan deret bilangan genap 2 4 6 8 10
Gambar script java menampilkan deret bilangan genap

Kita bedah program terlebih dahulu dari script program java menampilkan deret bilangan genap diatas.

 for(int i=1; i<=10;i++)

serperti di judul artikel ini kita menampilkan deret bilangan genap java dengan menggunakan perulangan FOR, variable “i” sebagai penampung nilai. 

i=1; memiliki arti bahwa nilai awal dari variable i adalah 1
i<=10;  memiliki arti bahwa nilai i berada pada range batas 10 kebawah (sepuluhnya termasuk). Ini juga berfungsi sebagai pembatas perulangan for-nya.

i++ adalah iterasi berbentuk increment plus 1, artinya setiap melakukan perulangan, nilai 1 akan bertambah 1. i++ sama dengan i=i+1.

 if (i % 2 == 0)

untuk menentukan apakah bilangan genap atau tidak ada ketentuannya. Yaitu hasil Mod (module) adalah 0, module adalah sisa bagi dan dilambangakan dengan persen (%). Jadi perhatikan i % 2 == 0. Ini memiliki arti i mod 2 memiliki sisa bagi sama dengan nol (0). 

Mengapa nol (0)?, Karena bilangan genap adalah bilangan yang memiliki sisa bagi sama dengan 0 jika dibagi dengan 2. 

Jadi if (i % 2 == 0) adalah logika, dimana jika i mod 2 == 0, maka eksekusi   System.out.println(i + " ");

Jadi hasil program menampilkan deret bilangan genap diatas akan seperti berikut ini

Hasil program java menampilkan deret bilangan genap 2 4 6 8 10
Gambar Program Java Menampilkan deret bilanga genap

Jika anda ingin menampilkan deret bilangan genap berderet kesebelah kanan dan bukan kearah bawah seperti gambar diatas, hilangkan “ln” pada “System.out.println” menjadi “System.out.print”

Dan hasil deret bilangan genapnnya akan berderet kearah kanan seperti gambar berikut ini.
hasil dari program java menampilkan deret bilangan genap
Gambar Bilangan Java Menampilkan Deret Bilangan Genap 2 4 6 8 10


Kemudian kita buat programnya yang batas nilai atau angkanya dari deret bilangan genap di inputkan ketika program dijalankan atau di runkan, dengan kata lain program java menampilkan deret bilangan genap dengan batas diinput ketika program jalan atau run. Sehingga anda bebas mau menampilkan deret bilangan genap dari nialai awal berapa sampai batas nilai berapa. seperti gambar berikut ini

Membuat program java menampilkan deret bilangan genap
Project Java Menampilkan Deret Bilangan Genap


Program Java Menampilkan Deret Bilangan Genap Dengan Batas Nilai di Input Ketika Program Jalan   NEXT to Read More 

1 comments so far

bagus artikelnya, sangat membantu.. semoga anakit semakin berguna


EmoticonEmoticon