Thursday, December 27, 2018

Cara Import Gambar ke Folder Drawable Android Studio

anakit tutorial melakukan import gambar ke android studioCara Import Gambar ke drawable – artikel kali ini akan membahas bagaimana cara memasukkan gambar ke android studio atau cara import gambar ke android studio. Untuk ekstensi gambar yang akan dimasukkan ke drawable sebenarnya bebas-bebas saja, namun saya lebih merekomendasikan antara png dan jpg saja. Karena  lebih familiar digunakan untuk di masukkan ke android studio.

Sebenarnya cara memasukkan gambar atau image ke drawable atau android studio tidak begitu sulit, untuk baru mempelajari android studio hal ini lumrah, namun jika sebelumnya sudah pernah menggunakan Eclipse, tentu hal ini tidaklah sulit, bahkan sebenarnya sangat hampir sama.

Hal pertama yang perlu anda ketahui sebelum memasukkan gambar ke drawable.
1. Jenis gambar (ektensi)
2. Ukuran gambar
3. Size gambar (file size)
4. Gambar bisa anda masukkan kemana saja dalam folder-folder project

Nah ketiga ini sebenarnya hal yang sepele, namun jika anda ingin memasukkan gambar ke android studio, tepatnya ke drawable. Ukuran gambar sangat penting, karena jika ukuran gambar yang salah akan mempengarui tampilannya.

Baca Juga : Percantik Tampilan dengan Navigation Drawer dan Option Menu 

Contoh : gambar yang anda masukkan berbentuk persegi panjang, nah anda gunakan gambar tersebut untuk semisal latar belakang. Kan akan memberikan kesan buruk ke pada tampilan, kemudian size gambar juga akan mempengaruhi size dari aplikasi yang akan dibuat, semakin berkulitas gambar yang anda masukkan akan mengakibatkan size dari aplikasi project akan semakin besar, dan untuk melakukan run build ke Emulator akan membebani memory. 

Nah apa maksud yang no 4? Nah sebenarnya gambar bisa anda masukkan kemana saja di setiap folder projectnya, asalkan saran saya jika memang harus tepat guna. Coba perhatikan gambar berikut ini
contoh gambar yang sudah dimasukkan ke drawable di android studio
Gambar yang sudah di import gambar ke folder di android studio

Perhatikan di berbagai folder seperi mipmap, valuesm atau folder java saya masukkan gambar, tapi ingat!!! Itu hanya contoh saja bahwa anda bebas memasukkan gambar ke mana saja di android studio tapi.... harus tepat guna. Saran saya untuk pemula lebih baik cukup ke drawable saja.

So.. bagaimana cara import gambarnya ke android studio atau folder seperti drawable? . kita akan ke point artikel yaitu import gambar ke android studio  atau lebih tepatnya memasukkan gambar ke drawable. Yuk kita mulai..

Memasukkan Gambar ke drawable android studio

Pertama anda pilih gambar yang ingin anda masukkan ke drawable atau folder project lainnya, perhatikan gambar contoh yang akan saya masukkan
gambar yang akan dimasukkan ke drawable di android studio
Gambar yang akan dimasukkan ke drawable android studio

NB : Anda bisa langsung memasukkan gambar secara multi atau memasukkan gambar dengan jumlah yang banyak sekaligus.

Setelah anda sudah menentukan gambar mana yang ingin di importkan ke androis studio, pilih atau select gambar-gambar tersebut. bisa dengan Ctrl + A jika ingin semua gambar di masukkan ke drawable atau bisa manual dengan Shift atau Ctrl.

Kemudian klik kanan dan pilih copy atau cara cepatnya tekan Ctrl+C pada keyboard.
Memasukkan gambar ke android studio dari komputer

Gambar Copy gambar ke android studio

Setelah anda melakukan copy, kita beralih pada android studio dan pilih dimana anda ingin gambar dimasukkan, cebagai contoh saya ingin memasukkan ke drawable.
memasukkan gambar ke folder drawable di android studio
Gambar Memasukkan gambar ke drawable di android studio

Didalam drawable belum ada gambar sama sekali. Jadi kita contohkan memasukkan gambar ke drawable.

Untuk memasukkan image atau gambar ke drawable, klik kanan folder drawable. Seperti gambar berikut.
melakukan proses import gambar ke android studio di folder drawable
Gambar Melakukan Paste untuk import gambar

Anda hanya perlu memilih menu “Paste”, atau untuk cara cepatnya setelah anda copy gambar yang ingin anda masukkan, pilih di folder mana gambar akan dimasukkan, contoh drawable. Anda klik drawable tersebut dan tekan Ctrl + V. Sehingga cara lambat dan cara cepatnya akan menampilkan tampilan “Choose Destination Directory”. 
memasukkan gambar ke folder drawable di android studio
Gambar Proses memasukkan image ke drawable android studio


Bagi anda yang awam atau umum sebagaikanya ini anda abaikan saja, karena tidak akan berpengatuh nantinya, jadi anda langsung saja klik tombol “OK”. Dan akan tampil seperti gambar berikut ini
cara import gambar ke android studio dengan mudah
Gambar memasukkan gambar ke android studio


Ini adalah pemilihan directory tempat image atau gambar yang anda import ke android studio. Biasanya ini hanya untuk mengingatkan kembali saja dimana gambar yang anda import lokasinya nantinya, abaikan dan klik tombol “OK” 
cara mengimportkan image ke project drawable di android studi
Gambar memasukkan gambar ke android studio pada folder drawable

Selesai sudah kita memasukkan gambar ke android studio atau lebih tepatnya memasukkan gambar ke drawable.

Nah bagaimana cara memasukkan image ke folder yang lainnya di android studio? Intinya sama saja dengan cara memasukkan gambar ke drawable. Tinggal pemilihan folder tempat anda memasukkan gambarnya saja yang berbeda. Intinya, copy gambarnya, pilih dimana ingin di masukkan, dan tekan Ctrl + V atau melalui paste manual juga bisa.... selesai..

Oia, hal ini berlaku jika anda ingin mengimport atau memasukka foldernya sekaligus. Contohnya gambar-gambarnya anda masukkan dalam folder “Belajar Import gambar” di drive d atau c atau e, atau dimana saja. Nah bisa langsung foldernya saja anda anda copy dan pastekan ke bagian mana di android studio ingin anda masukkan. Tenang saja tidak akann error, dan pasti akan langsung di direct oleh sistem android studio.

Jadi demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara import gambar ke android studio, cara memasukkan gambar ke androis studio, cara memasukkan gambar ke drawable, cara import image ke drawable, cara import gambar ke folder project lainnya. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang perlu bantuan.




EmoticonEmoticon