Monday, November 19, 2018

Panduan Belajar Program Python (Dari Nol: Pemula)

Anda Ingin Belajar Pemograman Pyhton? Sudah menginstal Pyhton? Bingung cara pakainya? Bingung cara masukkan Coding Python?. Yuk bersama AnakIT akan dituntaskan bagi pemula dasar dan pemula lanjutan sebaga Tips Mudah Menggunakan Python.


Hal yang pertama tentunya adalah anda harus menginstal Aplikasi Python dulu sob.. belum menginstal? Baca di AnakIT Cara Menginstal Python di Windows (Panduan Lengkap). Sudah ada cara menambah path agar python bisa dipanggil langsung di cmd.



Baiklah. 
Python pada dasarnya memang berjalan pada commend line atau sejenis Terminal di linux atau Cmd. Yuk kita mulai dengan menjalankan Python dengan cara klik tombol Windows pada keyboard. Ketik python dan jalankan (klik dua kali). 

Sehingga akan muncul commend line (cmd) seperti gambar dibawah ini.


Namun ada yang bingung nih sob karena pada Cmd harus mengetik satu baris dan pindah line baru lagi. Kayak pada gambar dibawah ini.

Kan ribet kan harus ngetik satu-satu dan langsung dieksekusi. Gimana kalau kita buat dulu banyak-banyak programnya terus jalaninya (run) ketika sudah selesai kayak di C++? Bisa!!!

Diatas kita menjalankan python dengan menggunakan cmd sob. Tentunya pasti pernah menggunakan cmd, setiap enter pasti langsung eksekusi. 

Ternyata python yang anda instal tadi sudah include (sudah disematkan) editor dari python itu sendiri, namanya Pyhon Shell. Tekan Windows dan ketik Idle


Kemudian double klik atau enter, sehingga begini tampilannya sob.


Lah sepertinya kok sama saja?  Beda sob. Perhatikan sudah ada menu File, Edit, Shell, dll pada bagian atasnya. Terus gimana perbedaanya dalam membuat codingan program python? 

Gampang tinggal klik menu File, dan New File (cara cepatnya Ctrl+N).sehingga akan tampil seperti editor notepad seperti gambar dibawah ini.


Nah, disinilah anda memasukkan codingan bahasa python sebanyak-banyaknya. jika sudah selesai maka klik menu File, dan save atau Ctrl + S.
Sebagai contoh seperti gambar dibawah ini. 


Bagian atasnya merupakan tempat memasukkan codingan dan untuk menjalnkannya tinggal klik menu “Run” dan pilih Run Module (F5). Sehingga hasilnya seperti pada bagian bawah pada gambar diatas sob. Gimana mudah bukan cara menggunakannya?. 

Oia ingat bahwa segala sesuatu dari hasil kerja program python akan berekstensi “.py”.
jadi jika anda bisa mengetik atau menulis program python dengan notepad atau notepad++ dan lainnya, dengan catatan waktu menyimpannya beri ekstensi .py

tinggal panggil aja tuh di program pythonnya. selesai.

Dan  sampai disini dulu panduan Tips Menggunakan Python Khusu Pemula Dasar dan Lanjutan. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat ya. Jika ada yang ingin disampaikan silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang sudah tersedia.



EmoticonEmoticon