Monday, November 19, 2018

Contoh Program Python Menampilkan Deret Bilangan Genap

Pada artikel sebelumnya sudah di bahas program python menampilkan bilangan genap 2,4,6,8,10. Kebetulan pada program itu programnya monoton ketika di runkan. Monoton maksudnya hanya itu aja deret yang tampil ketika di runkan berulang kali, kecuali dirubah set awal dan akhir secara manual di programnya. Jadi pada artikel kali ini akan membahas bagaimana membuat program python menampilkan deret bilangan genap dimana angka awal dan batas angka akhir itu kita yang nentukan pada saat program di RUN (dijalankan)



Simak review dari hasil program python menampilkan deret bilangan genap dibawah ini.
Program Python menampilkan deret bilangan genap

Ini tampilan python shell, bukan melalui cmd. Jika anda bingung cara menggunakannya silahkan baca : Cara Menggunakan Python Dengan Mudah Menggunakan Python Shell

Jika dilihat dari program, bisa dilihat bahwa ada tulisan “Masukkan Batas Awal”, dimana bagian untuk memasukkan angka awal untuk deret. Dab “Masukkan Batas Akhir” adalah bagian untuk memasukkan angka terakhir untuk deret bilangan genap.

Jadi intinya. Angka awal dan angka (batas) akhir kita yang nentuin pada saat program dijalankan. Biar bebas gitu mau coba angka berapa saja.


Untuk script program python Menampilkan Deret Bilangan Genap seperti gambar dibawah ini.

print ('                  Program Python Menampilkan Bilangan Genap');
print ('                                    anakit.id');
print ();
print ('Masukkan Batas Awal :');awal = input();
print ('Masukkan Batas Akhir :'); akhir = input();
a = int (awal);
b = int (akhir);
print ('Maka Deret Bilangan Genapnya Adalah');
for genap in range(a,b,1):
    if genap % 2 == 0: print (genap)

Baca Juga : Program Python Menampilkan Deret Bilangan Ganjil 1,3,5,7,9

Tiga baris diawal programnya tidak perlu dihiraukan. Yang penting adan perhatikan pada baris 4 seterusnya.

print ('Masukkan Batas Awal :') dan print ('Masukkan Batas Akhir :') hanya untuk menampilkan tulisan di layar saja. Tidak ada berhubungan dengan menampilkan deret bilangan genap.

awal = input(); dan akhir = input(); merupakan bagian untuk memberikan space atau tempat untuk menerima input dari  keboard ketika program dijalankan. “awal” dan “akhir” adalah variable penambung nilai yang diinput, sedangkan  “input();” adalah perintah untuk memasukkan sebuah input dari keyboard.

a = int (awal); dan b = int (akhir); 
perintah diatas bertujuan agar meset nilai awal dan akhir dimasukkan dalam variable a dan b dalam bentuk tipedatanya Integer. Agar dikenali dalam bentuk angka nantinya oleh for.

print ('Maka Deret Bilangan Genapnya Adalah');, bagian ini juga hanya untuk petunjuk saja. Sama halnya seperti masukkan awal dan akhir tadi.

for genap in range(a,b,1):, ini berarti perulangan For dimana nilai variable “genap” dalam range (batasan) nilai awal adalah nilai yang ditampung variable a. Dan nilai akhi adalah nilai yang ditampung variable b. 
Sedangkan angka 1 paling belakang merupakan peubah (kalau saya bilang). Sebagian menyebutnya sebagai Iterasi. 

Karena kita hanya menampilkan deret bilangan genap saja, maka kita harus membuat ketentuan yang ditampilan hanya memiliki Mod (sisa bagi) = 0. Karena bilangan genap adalah bilangan yang apabila dibagi 2 akan menghasilkan nilai mod =  0.

    if genap % 2 == 0: print (genap)

jadi jika genap % 2 == 0, maka cetak genap. Itu berarti hanya bilangan genap saja yang tercetak. Selain itu tidak akan dicetak. 

Baiklah demikian pembahasan cara membuat program python menampilkan deret bilangan genap yang angka awal dan akhir diinput saat dijalankan. Semoga artikel ini bermanfaat.


Wow... Ternyata di Python SANGAT SIMPLE dalam Menampilkan Deret Bilangan Prima





EmoticonEmoticon