Monday, November 19, 2018

Contoh Program Python Menampilkan Deret Bilangan Ganjil

Bilangan ganjila adalah bilangan yang memiliki sisa bagi 1 jika dibagi dengan 2. Jadi artikel ini membahas cara membuat program python untuk menampilkan deret bilangan ganjil, jika pada artikel sebelumnya batas awal dan akhir looping sudah di set dari programnya langsung. Kali ini adalah membuat program python dengan batas awal (nilai awal) dan batas akhir (nilai akhir) akan ditentukan (dimasukkan) pada saat program sudah berjalan. So.. akan memberikan kita kesempatan untuk menampilkan deret bilangan ganjil dari mana sampai mana...


Untuk membantu memahami program ini. Artikel lainnya yang disarankan untuk mengembangkan pemahaman mengenai program.


Jadi. Ini adalah pengembangan dari artikel sebelumnya yaitu  Program Python Menampilkan Bilangan Ganjil 1,3,5,7,9. 

Dimana program tersebut masih manual merubah angka awal dan akhir pada program. Berikut ini adalah script program python untuk menampilkan deret bilangan ganjil

print ('        Program Python Menampilkan Bilangan Ganjil ');
print ('                       anakit.id');
print ();
print ('Masukkan Batas Awal :');awal = input();
print ('Masukkan Batas Akhir :'); akhir = input();
a = int (awal);
b = int (akhir);
for ganjil in range (a,b,1):
    if ganjil % 2 == 1 : print (ganjil);

NB: untuk mempermudah menulis program python, gunakanlah python shell. Agar bisa di edit-edit apabila terjadi error. Atau juga bisa menggunakan notepad++. 


Penjelasan Singkat.
Ada perintah Print, itu menunjukkan untuk mencetak dilayar pada saat program dijalankan  tanpa melalui proses. 

Perhatikan juga ada perintah “input();” ini berfungsi untuk memberikan space untuk menerima input dari keyboard pada saat program dijalankan. Nah disinilah kita akan memasukkan berapa angka awal, dan berapa angka terkahir.

a = int (awal); dan b = int (akhir);
berguna untuk memberikan nilai yang ditampung kepada variable a dan b, dimana nilanya adalag integer.

for ganjil in range (a,b,1):
bagian ini adalah perulangannya. Menggunakan perulangan for saja agar mudah dipahami. “in range” jika diartikan dalam lingkup. Tapi saya lebih suka mengatakannya dalam batas.

(a,b,1) ini memiliki arti (awal,akhir,iterasi). Jadi nilai awalnya diambil dari variable a, dan batas akhirnya diambil dari variable b.

 if ganjil % 2 == 1 : print (ganjil);
ini adalah statement untuk memilih bahwa, jika ganjil (nilai dari ganjil) dibagi 2 memiliki sisa bagi Nol (0). Maka cetak nilai tersebut.

maka, hasil program Pythonnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Program Python menampilkan deret bilangan ganjil

Bisa diperhatikan akan diminta masukkan batas awal dan masukkan batas akhir. Sehingga kita bebas mau mencoba menampilkan deret bilangan ganjil dari angka berapa sampai angka berapa.

Baiklah. Sampai disini pembahasan tentang program python menampilkan deret bilangan ganjil yang mana batas awal dan batas akhir ditentukan pada saat program sudah dijalankan. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.


EmoticonEmoticon