Monday, November 19, 2018

Program Python Contoh Perulangan Bilangan Genap 2 4 6 8 10

Program Python Menampilkan Deret Bilangan Genap 246810
Bilangan genap adalah bilangan yang habis dibagi dengan 2, atau biasa disebut sisa baginya adalah 0. Jadi pada program python kali ini ialah program untuk menampilkan bilangan genap dari 2,4,6,8,10. Pada artikel lainnya sudah ada dalam program c++. 


Untuk menampilkan bilangan genap dan ganjil dalam python agak sedikit berbeda dengan c++.  Jika di c++ perlu mendeklarasikan tipe variable. Nah di python tidak.

Baiklah, berikut ini adalah hasil review mengenai program python menampilkan deret bilangan genap 2,4,6,8,10.

Program Menampilkan deret bilangan genap di python
gambar program python deret bilangan genap 2 4 6 8 10

Bagaimana? Sangat sederhana bukan?. Yap itulah hasil program python menampilkan deret bilangan genap. Baik kita mulai membuat programnya.

Pertama buka python shell, jika anda tidak mengerti cara membuknya
Baca : Cara Menggunakan Python. Sudah lengkap panduannya di artikel tersebut.

Program Menampilkan Deret Bilangan Genap di Python

Jika sudah, klik menu file dan pilih new file atau tekan saja Ctrl+N.
Program Menampilkan Deret Bilangan Genap di Python

Berikut dibawah ini adalah program atau script dari program python-nya.

for genap in range(1,11,1):
    if genap % 2 == 0: print (genap)

anda bisa langsung mengetik program diatas, atau copas saja deh. Jika sudah save. Kemudian pilih Menu Run, dan pilih Run Module atau tekan saja F5 pada keyboard.
Dan lihat hasilnya.

Ada cara lain dalam menulisa programnya, anda copy program bilangan genap diatas, kemudian pastekan pada python shell. Seperti gambar dibawah ini
program python menampilkan deret bilangan genap

Jika sudah, tinggal tekan enter saja (mungkin 2 kali enter). Selesai

Anda juga bisa menulis programnya di notepad atau notepad++.

Baca panduannya di Cara Menggunakan Python.

simple? Singkat? Sederhana? Yayaya.Penulisan Program python memang sangat sederhana. Kita tidak perlu mendeklarasikan varibale tipe data. Atau membuat kurung kurawal ({) untuk blok For dan IF. Hanya sebatas itu saja dalam menampilkan deret bilangan genap di python

for genap in range, ini memiliki arti bahwa dibentuk perulangan tipe FOR dimana variable yang akan diulang ialah “genap”, dan “in range” berarti dalam batasan.

Biasanya anda menulis for (genap=1;genap<11;genap++) sebagai contoh pada program seperti c atau php, dll. Dimana (awal,akhir,increment/decrement). Nah sebenarnya sama dengan python. Namun dibuat simple jadi (1,11,1).

Contohnya gini biar tambah paham: (2,12,1)
Itu berarti nilai awal adalah 2, dan nilai akhir adalah 12. Dan 1 merupakan kelipatan/peubah (increment). Agar yang tadinya nilanya 2 bisa sampai menjadi bernilai 12.

if genap % 2 == 0: print (genap)
simbol % adalah Mod(Module), mencari sisa bagi.

Print digunakan untuk mencetak atau menampilkan pada layar.

Jadi if (jika) genap dibagi 2 memiliki sisa bagi 0, maka cetak genap. (kira-kira seperti itu jika dimasukkan dalam bahasa saya.

Karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa bilangan genap adalah bilangan memiliki sisa bagi nol (0) dibagi dengan 2.

Itu adalah program python menampilkan deret bilangan genap tanpa ketentuan angka batas awal dan akhir diberikan pada saat program dijalankan.

Baca Juga : Membuat Program Python Menampilkan Bilangan Genap dengan Batas Awal dan Akhir Dinput pada saat di RUN. Seperti gambar dibawah ini
Program python menampilkan deret bilangan genap

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat program python menampilkan deret bilangan  genap. Semogar artikel ini bermanfaat dan silahkan sampaikan yang ingin anda tanyakan dalam kolom komentar.

Tag : Genap, Ganjil, Belajar Python (Pemula), Looping Di Python, Sqrt Python

Wow Ternyata di Python SANGAT SIMPLE dalam Menampilkan Deret Bilangan Prima

3 comments

terimakasih buat artikelnya, sangat membantu

for ganjil in range (1,20):
if ganjil % 2 == 1:
print (ganjil)
kurang lebih kaya gitu kan bang, bisa ga kita masukan angkanya itu bukan di (1,20) tapi pas kita jalankan programnya jadi ad syntax ganjil = input ("Masukan bilangan 1-: ") gitu bang ?

Tentu saja bisa.. Jadi nilai rangenya akan kita masukkan ketika program dijalankan.. Coba lihat contohnya di artikel berikut https://www.anakit.id/2018/11/program-python-deret-bilangan-genap.html


EmoticonEmoticon