Wednesday, November 14, 2018

Belajar Dasar-Dasar HTML Untuk Pemula

Belajar Dasar HTML untuk PemulaHTML merupakan bahasa pemograman yang sangat penting untuk dipelajari dan dipahami apabila seseorang ingin menjadi seorang web programing, web devoloper karena HTML adalah dasar untuk membuat web. 

Mungkin pernah dengar PHP, CSS, atau JAVASCRIPT?. Ya itu merupakan pemograman web tingkat lanjut, dan tanpa memahami dasar pemograman web tentu akan merasa kesulitan untuk tingkat lanjutnya.

Apa Itu HTML ?

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, yaitu sebuah bahasa markah yang merupakan dasar dari struktur halaman web.

pengertian lengkap dari HTML sudah dipostingkan pada halaman lainnya. silahkan baca Pengertian HTML dan Bentuk HTML

Apa Pentingnya Belajar HTML?

Sudah dijelaskan diawal artikel ini bahwa HTML merupakan dasar pemograman web, anda tidak akan bisa langsung melaju menjadi web devoloper atau web programing atau belajar PHP,CSS tanpa melalui tingkat dasar ini yaitu Belajar HTML. 

Bagaimana Bentuk Dasar HTML?

Banyak situs atau media yang memberikan bentuk dasar HTML itu seperti apa, namun disini juga akan ditunjukkan seperti apa bentuk dasar sebuah html

<html>
<head>
<title>
.... Judul Halaman Web
</title>
</head>
<body>
... Isi halaman Web.
</body>
</html

Diatas adalah struktur dasar dari pemogaraman html,apabila kita membuat suatu halaman html atau web yang baik, struktur dasar diatas hukumnya wajib, yang harus kita pahami ialah fungsi dari bagian-bagian pada struktur dasar tersebut. 

Tapi Pernah Menemukan Program HTML sederhana tidak ada <Head> dan <title>?

Untuk ini sebenarnya sah-sah saja. Tanpa ini pun program akan berjalan. Tapi kembali ke point yang atas yaitu “web yang baik”. Biasanya tidak menyertakan bagian itu karena program yang dibuat hanya untuk pribadi atau untuk belajar-belajar saja. 

Apabila kita ingin memulai membuat sebuah pemograman html kita harus selalu membuka tag <html> diawal dan </html> diakhir. Untuk membantu memahaminya Baca Apa Itu Tag.

Pada bagian awal atau pembuka terdapat bagian Head dan Title
<head>.... </head> bagian ini biasa disebut Header, merupakan bagian kepala halaman Web. Biasanya pada bagian ini selalu ada Tag judul yaitu title  dan terkadang juga sebagai tempat meta-meta tag. 

Baca Juga Apa Itu Meta Tag

Tag<title> seperti artinya dalam bahasa indoseia title berarti judul, ini berguna sebagai tempat judul halaman atau biasa disebut judul artikel </title>. Jadi setiap judul sebuah halaman seperti judul artikel yang anda baca sekarang ini itu tempatnya di tag <title>

Selesai kita pada bagian header, kemudian ada bagian bodi (body), bagian pastinya akan dikenali dengan ada pembuka tag <body> dan penutup bagian ini yaitu </body> . 

Pada bagian tag <body> ini lah semua isi konten atau artikel seperti yang anda baca sekarang ini ditulis. Bagian ini adalah inti dari suatu halaman web.

Setelah bagian header sudah dan bagian body juga sudah diisi, pastikan penutup tag </html> sudah diberikan.Ingat pembuka dan penutup tag pada coding sangat fatal fungsinya. baca Cara Penulisan Tag dalam HTML/PHP

Apa Saja Teks Editor Untuk Menulis Script HTML?

Teks editor atau software web devolopment sangat banyak, didalam bawaan Windows seperti Notepad juga bisa anda gunakan untuk menulis program HTML. Namun notepad bukanlah editor yang baik menurut banyak web programer. Ada beberapa aplikasi yang free (gratis) yang sangat sering digunakan dan juga mudah digunakan ialah Notepad++, Dreamwaver Gedit, Kate, dan lainnya . namun yang lebih saya sarankan adalah Dreamweaver. Terserah mau versi berapa. Karena dreamwaver mudah digunakan, Untuk link downloadnya banyak di om google. 

Yuk kita Mulai Menulis Pogram HTML Pertama dengan Dreamweaver

Panduan Membuat Program Dasar HTML Dengan menggunakan aplikasi Dreamwaver

Ini adalah tampilan awal menggunakan dreamwaver, perhatikan saja pada bagian lingkaran merah. Ada HTML, Cold Fusion, PHP, CSS, JS, XML, dll. Itu semua adalah bahasa pemograman web dan bisa di tulis melalui Dreamwaver. So ingat yang point paling awal bahwa untuk mempelajari yang lainnya harus mengerti terlebih dahulu HTML.

Karna kebetulan kita ingin belajar membuat HTML, pada create New pilih HTML.
Panduan Dasar HTML untuk Pemula

Diatas adalah tampilan awal ketika membuat baru HTML, Perhatikan bahwa pihak pengembang dreamweaver juga menyarankan bahwa ada <Head> dan <title>.

Pada bagian atas yaitu line 1 ada script yang tidak penting, dan pada tag <html> juga ada. biar rapi hilangkan saja kalau tidak keberata. Jadinya seperti ini

Baik kita mulai membuat scriptnya.

<html>
<head>
<title>Anak IT bilang ini Bagian Judul </title>
</head>
<body>
BELAJAR DASAR-DASAR HTML
</body>
</html>

Kemudian kita save, dengan tekan Ctrl + S pada keyboard.

Belajar Membuat HTML Dasar

Janga lupa untuk memberikan ekstensi ditujung “.html” (tanpa petik) agar file ini nntinya langsung dikenali oleh browser dan dikenali dalam bentuk html. Kemudian tekan tombol save. 

Mari kita coba untuk menjalankannya dalam browser, untuk kita lihat bagaimana hasilnya. Buka file atau folder dimana anda penyimpannya tadi. Dan kemudian double klik saja file html tersebut dan maka akan tampil di browser seperti gambar dibawah ini

contoh dalam membuat HTML Dasar


Perhatikan gambar hasilnya. Yang dilingkari merah ada hasil dari tag <title>. Yaitu judul yang diberikan pada coding tadi.  Dan tulisan Belajar Dasar-Dasar HTML adalah hasil dari bagian tag <body>.

Ini adalah contoh yang sangat sederhana hanya untuk menunjukkan kepada anda dimana hasil dari tag <title> dan <body>. Silahkan anda berimprosisi untuk mengisi dan mengganti-ganti bagian tersebut sebagai pembelajaran.

Mungkin  hanya demikian yang bisa dijelaskan mengenai Dasar HTML yang perlu bagi pemula yang ingin belajar pemograman web terutama pada bahasa pemograman HTML. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca sekalian. 







EmoticonEmoticon