Monday, October 15, 2018

Program C++ Menghitung Nilai Rata-Rata

Program untuk mencari nilai rata-rata dari angka-angka yang diinputkan dengan menggunakan array dimensi satu sebagai inisialisasi dalam pemograman c++. dari setiap angka yang dimasukkan agar dapat di temukan beratap nilai rata-rata-nya, dan program ini juga menggunakan perulangan While dan For. baca juga yang berkaitan dengan Perulangan For dan While dibawah ini








Diatas adalah bentuk atau hasil program dari mencari nilai rata-rata deret angka yang sudah diinputkan terlebih dahulu, jumlah datanya bebas, hanya saja  tidak lebih dari 100 dan tidak kurang dari 1, karena dalam program dari mencari nilai rata-rata ini saya berikan range 1 to 100. Bentuk program dari mencari nilai rata-rata seperti program dibawah ini.

#include <iostream>

menggunakan  namespace  std;



int  main ()

{

    int  n,  i;

    float  num [ 100 ],  jumlah = 0,0 ,  rata-rata;

    cout  <<  "---------------------------------------------- ----------------- \ n " ;

    cout  <<  "Program C ++ Konversi Bilangan Desimal Ke Bilangan Biner \ n" ;

    cout  <<  "anakit.id \ n" ;

    cout  <<  "---------------------------------------------- ----------------- \ n " ;

    cout  <<  "\ n Masukkan Data / angka:" ;

    cin  >>  n;



    sementara  (n  >  100  ||  n  <=  0 )

    {

        cout  <<  "Maaf, Hanya Dalam Range (1 hingga 100)."  <<  endl;

        cout  <<  "Masukkan Jumlah Data / angka:" ;

        cin  >>  n;

    }



    untuk (i  =  0 ;  i  <  n;  ++ i)

    {

        cout  <<  i  +  1  <<  ". Masukkan Angka:" ;

        cin  >>  num [i];

        jumlah  + =  num [i];

    }



    rata-rata  =  jumlah  /  n;

    cout  <<  "Rata - Rata (Rata-rata) ="  <<  rata-rata;



    kembali  0 ;

}

Perulangan While digunakan untuk memeriksa apaka jumlah dari data melebihi dari 100 atau kurang dari 1, karena dalam program mencari rata-rata ini saya beri range antara 1 sampai 100, anda bisa merubahnya dan menyesuaikan dengan keinginan anda dalam membuat batas range dari jumlah data yang akan dicari nilai rata-ratanya.

Seperti contoh gambar dibawah ini ini apabila saya berikan jumlah data yang ingin dicari nilai rata-ratanya lebih dari 100 atau kurang dari 1

Contoh gambar mencari nilai rata-rata program c++

Sedangkan perulangan For dalam program dari mencari nilai rata-rata diatas digunakan untuk melakukan perulangan sebanyak berapa data yang akan dimasukkan, jadi pada perulangan pertama, anda diminta memasukkan data pertama.  perulangan kedua, diminta memasukkan data kedua dan begitu seterusnya sampai jumlah perulangan sama dengan jumlah data yang dinginkan.

Demikian pembahasan tentang program dari mencari nilai rata-rata pada C++, semoga pembahasan ini bermanfaat dan menjadi sumber ilmu, terima kasih telah berkunjung dan jika ada yang ingin ditanyakan seputar program dari mencari nilai rata-rata silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang sudah tersedia.


EmoticonEmoticon