Sunday, October 7, 2018

Menampilkan Deret Bilangan Genap dan Ganjil (Program C++)

Menampilkan deret bilangan genap dan ganjil dengan program bahasa c++ menggunakan perulangan FOR, pada program menampilkan deret bilangan genap dan ganjil ini nilai awal dan nilai akhir untuk keseluruhan diinputkan sesuai keinginan, intinya dari program yang saya bagikan ini ialah program dengan sendirinya membagi antara mana angka yang bilangan genap, dan mana angka yang bilangan ganjil. Sehingga pada reality program menampilkan deret bilangan genap dan ganji ini seperti digambar bawah ini.


Gambar contoh program menampilkan deret bilangan genap dan ganjil

Anda  bisa melihat, bahwa antara bilangan genap dan bilangan ganjil sudah terpisah sesuai dengan tempat yang sudah disesuaikan dalam program menampilkan deret bilangan genap dan ganjil. 

Sebenarnya program ini juga berkaitan dengan logika menampilkan deret bilangan genap dan ganjil dan juga algoritma menampilkan deret bilangan genap dan ganjil karena sudah terdapat logika dan perulangan yang mana berkaitan dengan algoritma

Baiklah, dibawah ini adalah program dari menampilkan deret bilangan genap dan ganjil secara keseluruhan dari hasil yang sudah saya sertakan gambar diatas. 

#include<iostream>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#include <math.h>
#include <windows.h>
#include <stdlib.h>

using namespace std;
void gotoxy(int x, int y){
 COORD coord;
 coord.X = x;
 coord.Y = y;
 SetConsoleCursorPosition(GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE),coord);
}

int main()
{
int awal, akhir,deret, genap=0,ganjil=0;

 
cout<<"    Menampilkan Deret Bilangan Genap dan Ganjil \n";
cout<<"                      anakit.id \n";
cout<<"----------------------------------------------------- \n";

cout<<"  Silahkan Masukkan Angka Awal  : ";cin>>awal;
cout<<"  Silahkan Masukkan Angka Akhir : ";cin>>akhir;

gotoxy(3,6);cout<<"Deret Genap      :";
gotoxy(3,7);cout<<"Deret Ganjil     :";

 for ( deret = awal ; deret<=akhir; deret++){
 if (deret % 2 == 0)  {
   gotoxy(22+genap,6);cout<<deret;
   genap=genap+3; 
   }else {
   gotoxy(22+ganjil,7);cout<<deret;
   ganjil=ganjil+3;  
   }
}
cout<<"\n";
   
}
d!'

Anda bisa perhatikan dan pahami alur dari program menampilkan deret bilangan genap dan ganjil diatas, bahwa saya hanya menggunakan 3 variable inti (awal, akhir,deret), dan 2 variable pembantu (genap=0,ganjil=0;), arti pembantu disini ialah hanya untuk merubah nilai dari “Gotoxy” agar setiap kali program dilooping, maka nilai dari (x) pada gotoxy bertambah agar pada saat mencetak angka tidak berantakan atau tertimpa. Gotoxy sangat penting untuk merapikan tampilan agar tidak berantakan.

Buat Tampilan Program C++ anda Rapi, Baca : Menerapkan Gotoxy Pada C++ (Tampilan Rapi)

Pada bagian dari program diatas terdapat seperti dibawah ini :

cout<<"  Silahkan Masukkan Angka Awal  : ";cin>>awal;
cout<<"  Silahkan Masukkan Angka Akhir : ";cin>>akhir;
kedua baris ini, pada “cout” untuk menampilkan kata-kata “Silahkan Masukkan Angka Awal” dan “Silahkan Masukkan Angka Akhir”, dan pada perintah “cin” adalah perintah untuk membuat baris input untuk menampung nilai dari variable “awal” dan “akhir”.

Kemudian script yang seperti ini “for ( deret = awal ; deret<=akhir; deret++)”, yaitu membuat sebuah perulangan atau looping, dan “deret” sebagai varibale untuk iniliasasi FOR. Dan ada syarat bahwa perulangan dilakukan dari “deret” =”awal  (nilai yang ditampung)”, sampai dengan  “deret”<=”akhir (nilai yang ditampung)”.

Nih bahasa saya biar lebih paham, perulangan dilakukan dengan nilai dari deret sama dengan nilai yang ditampung variable “awal”, kemudian batas akhir perulngan ketika nilai dari deret lebih kecil atau sama dengan nilai yang ditampung variable “akhir”, dengan syarat bahwa nilai dari variable deret akan bertambah 1 (satu) setiap kali terjadi perulangan.

Kemudian script “if (deret % 2 == 0) “ berfungsi untuk melakukan logika, bahasanya: jika nilai dari “deret” dibagi dua memiliki sisa bagi sama dengan nol (0) adalah benar, maka... dilakukan aksi yang  ini

{
gotoxy(22+genap,6);cout<<deret;
genap=genap+3; }

Namun jika tidak, maka... dilakukan aksi yang satunya lagi, seperti dibawah ini

else {
gotoxy(22+ganjil,7);cout<<deret;
ganjil=ganjil+3; }


Selesai, program menampilkan deret bilangan genap dan ganjil akan dengan sendirinya akan mengeksekusi program sesuai dengan permintaan anda. sekian dari anakit.id, semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan mengenai program diatas atau ada request untuk membuat program yang belum ada pada anakit.id, silahkan anda sampaikan melalui kolom komentar, dan saya akan dengan segera meresponnya.







EmoticonEmoticon