Monday, October 15, 2018

Apa itu Div Dan Mod? Lengkap Dengan Contohnya

Artikel kali ini membahas tentang Apa itu Div Dan Mod, biasanya orang yang sering bertanya tentang Div dan Mod adalah orang yang mempelajari matematika dan Programing. Oh wow.. anak program juga membutuhkan informasi dan ilmu tentang Div dan Mod?. Ya banyak program yang sangat membutuhkan peran keduanya ini agar program tersebut dapat sesuai yang diharapkan. So.. anda anak yang sering program. Pahami tentang Mod dan Div. 

Perlu anda mengetahui bahwa antara Div dan Mod ini adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dilepas atau dipisahkan, jika ada div pasti ada mod. Div dan Mod ini hanya berlaku dalam operator pembagian saja. Mengapa? Nah sekarang yang lebih penting apa itu div dan mod? Mengapa kedua ini saling terikat? Dimana perbedaannya?

Div adalah singkatan dari Integer Devision, seperti awalanya yaitu Integer yang berarti Div harus bernilai bilangan bulat, dan tidak pernah bilangan pecahan, anda pelajari lagi tentang tipe data Integer kalau ragu sob. Div ini merupakan hasil dari pembagian suatu bilangan bulat (pasti) tanpa memperdulikan bahwa pembagian tersebut memiliki sisa bagi. Contoh :

1. 7 Div 2 = 3
2. 4 Div 2 = 2
3. 9 Div 4 = 2, dll

Angka 3,2,2 merupakan Hasil Div yang merupakan hasil bagi, loh kenapa tidak 3.5 hasil 7 div 2? kan tadi sudah saya jelaskan tidak boleh pecahan. Nah terus yang sisanya diapain? Jika didalam Div, sisanya diabaikan dan tidak dalukan pembagian menjadi pecaha, hanya diambil yang bulat saja hasilnya. 

Jika anda memiliki 15 apel, terus ada 7 orang anak, anda bagi setiap anak masing-masing 2 apel, jadi kan ada sisa tuh 1 apel lagi, gak perlu dipotong” kecil lagi biar bisa dibagi. Langusung buang aja. Hehe.. diabaikan aja. (ilustrasi) 
\
Mod adalah singkatan dari Modulus, modulus atau mod ini merupakan operasi yang mengasilkan sisa dari pembagian antara 2 bilangan bulat. jadi jika ada pembagian yang memiliki sisa, dan sisanya tidak bisa dibagi lagi, maka itulah Mod.  Contoh.

7 mod 2 = 1, tujuh dibagi 2 sama dengan 3 dan bersisa 1 (kira-kira seperti itu bahasanya)
Contoh lainnya, 8 mod 2 = 0, anda perhatikan bahwa semuanya habis. 4 * 2 = 8, pas bukan? Awalupun tidak ada lagi sisanya , mod tetap ditulis yaitu mod = 0.  

Ini kebalikan dari ilustrasi daripada Div, jika di div sisa bagi diabaikan, maka pada mod sisa bagi yang digunkan dan hasil bagi yang justru diabaikan.

Ilustrasinya dari Mod seperti ini, aku punya apel 11, ada kubagi mereka masing-masing 2, ada 5 orang. Berapa sisanya ya? Anda bisa menghitungnya.  

Biasanya mod sering digunakan dalam program untuk menentukan bilangan Genap, Ganjil,  dan Prima, atau mungkin ada yang lainnya. Anda bisa melihat contoh penggunaan Mod dari salah satu program c++ bawah ini.





EmoticonEmoticon