Sunday, September 2, 2018

Susunan dan Fungsi Kabel Straight dan Cross ( Lengkap Dengan Contoh Gambar)

Susunan Kabel Straight dan Cross – pada pembahasan kali ini berhubungan dengan anak TKJ pastinya yang benang merahnya mengarah kejaringan, yaitu tentang menyusun kabel UTP secara Straight dan secara Cross. 

Didalam kabel UTP (UTP Cat 5) terdapat 8 kabel, dimana sebenarnya terdapat 4 pasang jika dilihat dari warna kabel-kabelnya,  yaitu Putih-biru dan biru, Putih-Orange dan Orange, Putih-Hijau dan Hijau, Putih-Coklat dan Coklat.

Susunan kabelnya hanya ada 2 Bentuk sampai saat ini, yaitu;
  1. Susunan Straight, atau sering disebut susunan Lurus ini memiliki 2 bentuk susunan yaitu, standar TIA/EIA 568B dan standar TIA/EIA 368A .Biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat berdeda (tidak sama), misalnya PC ke Switch, atau PC ke Hub.  inti dari susunan straight adalah kedua ujungnya memiliki susunan yang sama.

  2. Susunan Cross, atau sering disebut susunan Silang dan biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sejenis atau sama, contohnya antara PC, antara Switch ke Switch, maupun Hub ke Hub.


Namun ada beberapa kasus bahwa komputer versi-versi saat ini sudah mampu menggunakan kabel dengan susunan Straight untuk menghubungkan antar PC tanpa adanya kendala, dan ini suatu harapan besar agar semua perangkat yang sama mampu terhubung hanya dengan kabel straight saja, agar tidak ribet gitu....

Susunan Umum dan Standar Untuk Kabel Straight (Lurus) sebagai berikut;

1. Putih-Orange
2. Orange
3. Putih-Hijau
4. Biru
5. Putih-Biru
6. Hijau
7. Putih-Coklat
8. Coklat


Ilustrasi, yang kiri urutan dan warna, yang kanan kedua ujung memiliki susunan yang sama

Susunan Standar Untuk Kabel Cross (Silang) Sebagai Berikut ;
Untuk kabel Cross, pada ujung pertama sama dengan posisi Straight dan pada ujung kedua terjadi tukar posisi antara 1 dengan 3 dan 2 dengan 6. Biar lebih jelas perhatikan susunan Cross dibawah ini

Ujung A ;

1. Putih-Orange
2. Orange
3. Putih-Hijau
4. Biru
5. Putih-Biru
6. Hijau
7. Putih-Coklat
8. Coklat

Ujung B ;

1. Putih-Hijau
2. Hijau
3. Putih-Orange
4. Biru
5. Putih-Biru
6. Orange
7. Putih-Coklat
8. Coklat

Gambar susunan kabel Cross

Perhatikan gambar diatas, gambar A adalah susunan ujung  A (pertama) dan B adalah susunan Ujung B (Kedua), dan apabila dihubungkan akan membentuk seperti gambar disampingnya.

Nah bagi yang bingung untuk mengetahui posisi nomor 1 dan 8 letaknya disebelah mana pada Rj45, karena Rj45 bisa dibolak-balik, sehingga tidak tau yang mana kanan dan yang mana kiri dan mana yang depan dan mana yang belakang. Simple aja ini agar teman-teman mudah mengingatnya. Untuk mengetahuinya cukup ingat  bahwa tonjolan sebagai pengait Rj45 adalah bagian belakang, dan arahkan bagian depan kearah anda, maka urutan angka 1 sampai 8 dari kiri kenan. Simple...

Demikian yang bisa saya bagikan tentang Susunan Kabel Straight dan Cross, semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.


EmoticonEmoticon