Sunday, September 2, 2018

Pengertian Switch Serta Fungsi Switch dan Cara Kerja Switch

Pengertian Switch Serta Fungsi Switch dan Cara Kerja Switch – Bagi yang bergelut dibidang IT dan terutama Networking barang atau alat yang satu ini yaitu switch sangat tidak asing lagi, mereka pasti sudah tau pengertian switch, fungsi switch, dan cara kerja switch itu sendiri. Nah bagaimana dengan seperti kita ini yang sangat awam dan bahkan baru mengenal alat itu yaitu Switch, jangankan fungsinya, pengertian apa itu switch aja belum tau. Oleh karena itu penulis disini berbagi kepada yang awam atau yang sudah mahir mungkin terhadap alat yang kita bahas yaitu Switch. 

Apa Itu Switch ?

Contoh dari Switch referensi pihak ketiga

Switch adalah suatu jenis alat atau perangkat jaringan antar HUB, Hub ke PC, dan memiliki port tempat konektor dari kabel UTP/LAN seperti RJ45 dan sejenisnya. Jumlah portnya bervariasi, ada yang 2,4,8,16,24,32, bahkan 48. Tergantung kebutuhan. Namun yang sering digunakan adalah switch dengan port 4,8,16, dan 24. Switch juga disebut sebagai perkembangan dari HUB, dimana HUB belum bisa bekerja dengan baik untuk soal keamanan jaringan dan memiliki banyak kekurangan.

Apa Fungsi Dari Switch?

  Switch  berfungsi untuk menerima informasi dan kemudian membagikannya terhadap pihak yang membutuhkan saja, itu berarti pihak yang tidak membutuhkan informasi tersebut akan diabaikan switch dalam proses pengiriman informasi (paket). Switch juga berfungsi untuk melakukan verifikasi setiap paket yang diterima untuk kemudian dikirim. Dengan kata lain switch memeriksa apakah suatu paket tersebut aman untuk si pihak penerima atau tidak. Switch juga memiliki fungsi yang sama dengan Hub yaitu sebagai titik pusat dari suatu koneksi jaringan. 
Ada juga switch berfungsi sebagai penguat jaringan yaitu switch yang dilengkapi penguat jaringan (repeater) jika memang dari pabrikan sudah ditambah repeater didalamnya.

Bagaimana Cara Kerja Switch?

Sekali lagi, Switch adalah pengembangan dari HUB, tentu ada yang berbeda antara HUB dan Switch. Bisa dibilang switch lebih pintar dari pada Hub. Cara kerja switch yaitu menerima paket data yang diterima untuk dikirim pada suatu port tertentu, tapi sebelum dilaksanakan pengiriman paket tersebut, switch akan melihat MAC Addres tujuannya, kemudian membangun sebuah hubungan jalur koneksi terhadap port Mac Address tujuan. Sehingga port lain tidak  dapat menerima paket pengiriman tersebut. kemudian paket dikirim ke Mac Tujuan. Sehingga akan menghindari Los data, atau pengiriman yang tidak tepat serta menghindari tabrakan. Karena switch langsung berhubungan dengan si penerima dan langsung mengirim ke penerima secara tepat. Gambar berikut menjadi gambaran pengiriman informasi menggunakan switch

Gambar cara kerja switch dalam pengiriman paket

Informasi atau paket yang dikirim tidak melewati pihak yang tidak membutuhkannya, sehingga akan mempercepat proses pengiriman paket tersebut secara cepat dan tepat.

Hanya demikian yang bisa saya jelaskan tentang Pengertian Switch, Fungsi Switch serta Cara kerja Switch itu sendiri. Semoga artikel ini bisa mermanfaat. Dan jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia. Terims.. 


EmoticonEmoticon