Wednesday, September 5, 2018

Pengertian, Fungsi, Jenis, Serta Kelebihan dan Kekurangan Repeater (Lengkap)

Pengertian Repeater, Jenis Repeater ,Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Repeater Dalam Jaringan – repeater merupakan perangkat atau alat yang sering digunakan pada Jaringan, tidak jarang dan tidak susah untuk mencari dan menemukan alat ini untuk dibeli, dan fungsi repeater dalam jaringan sangat penting, mengapa? Untuk mengetahuinya kita harus tahu terlebih dahulu pengertian dari Repeater itu apa.

Pengertian Repeater

Repeater berasal dari bahasa inggris yaitu Repeat yang artinya perulangan. Nah dalam jaringan jadi memiliki arti yaitu alat yang berguna untuk menangkap signal, kemudian signal tersebut di pancarkannya atau sebarkan ulang kembali. Dalam bahasa saya, repeater itu alat yang berguna sebagai jembatan antara hubungan sumber jaringan dan para client yang tidak sampai atau low. Sehingga ada pengertian lain dari Repeater yaitu alat penguat signal atau jaringan. analoginya seperti penjelasan gambar dibawah ini ini


Gambar ilustrasi peran repeater

Access point hanya mampu menyebarkan signal sejauh 90m, ternyata client berada pada range minimal 90m, alat penangkap wifi dari client hanya mampu 5 – 10m. Nah pastinya client pasti dapat sinyal, namun sinyalnya tidak maksimal. Mungkin hanya 1 titik pada indikator wifi di laptop dan connectnya susah. Oleh karena itu, antara acces point dan client dipasang repeater yang mampu menambah jarah penyebaran signal wifi sejauh 30m lagi. So mungkin tadi 1 titik jadi 2,3 titik atau bahkan bisa full, tergantung daya sebar repeaternya lagi. Dan diatas hanya sebatas analogi dari pengertian Repater itu alat untuk apa, dan gambarannya seperti apa jika diaplikasikan.

Fungsi Repeater

Repeater sejatinya tidak memiliki satu fungsi saja, namun repeater di gunakan atas dasar berbagai macam pertimbangan agar repeater berperan sesuai keinginan. Berikut beberapa Fungsi dari Repeater itu sendiri.

1. Memperluas Area Jangkauan Signal Jaringan
Tentunya ini menjadi fungsi yang sangat dominan sehingga repeater digunakan, yaitu untuk memperluas jangkauan dari suatu jaringan atau signal, dengan adanya repeater, client yang tidak terjangkau, akan menjadi terjangkau tanpa harus memindahkan sumber dari jaringan, atau si client tersebut.

2. Memperkuat Signal Wifi
Repeater juga memiliki fungsi memperkuat signal Wifi, dan dalam hal ini berkaitan dengan fungsi pertama, karena memperkuat signal wifi sama saja dengan menambah jangkau signalnya.

3. Mengcover Ruang atau Daerah dengan signal wifi minim
Mengcover juga fungsi repater, karena perannya bisa mengatasi daerah atau ruang yang signal wifi sangat minim dimana signal dari sumber utama tidak mampu untuk memberikan signal yang disebabkan jarak yang tidak baik. Dan ini juga berkaitan dengan fungsi.

4. Menangkap Signal Wifi Jarak Jauh.
Fungsi repeater selanjutnya yaitu menangkap signal wifi, nah tentunya ini pasti, karena memang kebanyakan repeater untuk menangkap wifi,  tapi repeater juga mampu menangkap signal wifi dengan jarak ratusan meter yang hingga km, dan tentunya dibutuhkan alat pendukung, seperti reflektor, atau antena, dll.

5. Mempermudah Akses Signal Wifi dari Sumber
Dengan bantuan repeater yang memperluas signal wifi tentunya jugaa mempermudah dalam mengkases signal wifi oleh client.

6. Meminimalisir Penggunaan Kabel/Alat Jaringan
Dengan adanya repeater, penggunaan kabel jaringan seperti UTP bisa di minimalisir karena hanya memerlukan signal yang dipancarkan, tentunya ini juga bisa menghemat biaya.

Jenis-Jenis Repeater

Berikut ini ada 3 jenis repeater, yaitu ;
  1. Telephone Repeater : Telephone repeater ini khusus hanya untuk memperkuat saluran jaringan telephone.
  2. Radio Repeater : Radio Repeater ini paling sering digunakan dalam jaringan internet saat ini, dengan bantuan antena sebagai receiver dan transmiter sehingga biasanya daya jangkau repeater radio ini memiliki radius yang lumayan bahkan cukup jauh,  frekuensi yang didapat  biasanya diubah terlebih dahuilu, sebelum dipancarkan kembali.
  3. Optical Communications Repeater : Biasanya ini digunakan dalam jaringan fiber optik, tepatnya terhubung langsung dengan serat optic. Berguna untuk memperkuat pancaran dari light pulses dalam proses pengiriman data.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Repeater

Kelebihan Repeater
1. Memperkuat Signal Wifi
2. Terhubung ke client server dengan Kabel atau Tanpa Kabel
3. Harga yang bersahabat dengan fungsi yang sangat berguna.
4. Proses instalasi tidak sulit, terutama bagi Pemula

Kekurangan Repeater
1. Untuk menjangkau jarak jauh harus  ditempatkan ditempat yang tinggi.
2. Penggunaan trafic data atau pengirimana data mempengaruhi kinerja daripada Repater


Demikian yang bisa saya jelaskan tentang pengertian repeater, kemudian fungsi repeater, jenis-jenis repeater, dan kelebihan dan kekurangan repeater. Semoga artikel ini membantu dan sekaligus bermanfaat bagi yang membutuhkan.. 


EmoticonEmoticon