Saturday, September 1, 2018

Pengertian dan Contoh Software, Hardware dan Brainware

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware serta contoh dari masing-masingnya -  untuk mengetahui pengertian dari ketiga hal tersebut (hardware, software, dan brainware) wajib adanya bagi anda jika memang ingin lebih mendalami tentang komputer dan menjadikan sebagai alat bantu utama dalam keseharian anda untuk melaksanakan tugas yang terlibat dalam komputerisasi.

Ketiga komponen ini adalah saling ketergantungan atau terikat, tanpa salah satunya, sebuah pc tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya. Tau mengapa? Kita akan bahas setelah kita lihat dahulu pengertian dari hardware, software, dan brainware berikut ini.

Hardware

Hardware atau Perangkat Keras, merupakan komponen-komponen yang membangun sebuah PC (komputer) maupun pendukung PC yang secara fisik bisa dilihat, diraba atau disentuh.

Contoh Hardware (Perangkat Keras)
Berdasarkan Fungsinya, Contoh dari Hardware dikelompokkan atas 3, yaitu Perangkat Input, Perangkat Output, dan Perangkat Proses.

1. Perangkat Input / Alat input
Perangkat input ialah perangkat keras (hardware) yang berguna untuk menerima input (masukkan) berupa data (fakta) dari pengguna, yang akan diproses oleh Perangkat Proses.
Seperti ; Mouse, Keyboard, Scanner, barcode, Light Pen, Touchpad, Joystick, dan lain sebagainya.

2. Perangkat Proses / Alat Proses
Perangkat Proses merupakan perangkat keras yang bertugas atau berfungsi untuk memproses masukan (input) dari Perangkat Input menjadi sebuah informasi. Contohnya : Porcessor, RAM, Hardisk, MotherBoard, ROM, Dan lain sebagainya

3. Perangkat Output / Alat Output
Perangkat Ouput merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan hasil atau Informasi yang telah di proses oleh Perangkat Proses.
Contohnya ; Monitor, Proyektor, Speaker, Printer, dan lain sebagainya.

Software

Software juga disebut Perangkat Lunak atau Piranti Lunak, software merupakan data elektronik berupa program komputer seperti aplikasi yang tersusun dari  sekumpulan kode-kode bahasa pemograman yang menjadi pengubung antara Hardware dengan Penggunanya. Pengertian lain dari software merupakan sebuah data yang diprogram yang kemudian disimpan dalam bentuk digital dan tidak berwujud.  , software dapat dilihat dengan mata, namun tidak dapat disentuh secara fisik.

Berdasarkan Jenisnya, Sofware dikelompokkan atas 2, Software Sistem Operasi, dan Software Aplikasi.

  1. Sistem Operasi adalah Induk dari Sofware atau perangkat lunak sebagai penghubung Hardware dengan penguna, tanpa adanya Sistem Operasi, Perangkat Aplikasi Tidak bisa digunakan untuk memberikan perintah terhadap Perangkat Keras dan perangkat keras tidak bisa dugunakan. Contoh Sistem Operasi ; Windows , Linux, Mac OS, dan lain sebagainya

  2. Software Aplikasi merupakan software yang berguna untuk menerima intruksi dari pengguna, kemudian menjalankan dan memberikan perintah terhadap perangkat keras untuk mengola data.Contoh Prangkat Aplikasi ; Aplikasi Paket (Adobe, Office, dll),  winamp, gomplayer, dan lain sebagainya.

Brainware

Brainware merupkana pengguna dan mengopreasikan komputer. Dalam pengertian lain brainware merupakan pencipta dan pengguna komputer itu sendiri. Contohnya  ya pasti kita, saya, anda, dan mereka.

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan tentang pengertian dari Hardware, Software, dan Brainware, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terims... salam anakit


EmoticonEmoticon