Tuesday, August 14, 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Call to Undefined Function Mysql



Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect () in ... dan seterusnya, jika diartikan bahwa arti dari call to undefined function mysql_connect  kira-kira "panggilan pada fungsi mysql_connect tidak terdefenisi" atau "panggilan ke fungsi mysql_connect tidak terdefenisi", terserah paham yang mana.

Hal ini biasanya ketika akan melakukan koneksi kedatabase, melakukan query, dan lain sebagainya.

Jika anda atau coding yang anda buat mengalami hal seperti diatas, maka anda ke situs yang tepat untuk mengatasi masalah Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect () dst...

Saya akan menjelaskan mengapa hal itu terjadi, dan juga memberikan solusi untuk mengatasi dari Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect ().

Sebagai penjelasan awal:

Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect () sebenarnya hanya "mysql" saja yang menjadi masalah dan "connect"-nya tidak. Berarti semua yang berkaitan dengan function "mysql", seperti mysql_query, mysql_select_db, mysql_error akan memunculkan Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_ ()

Mengapa Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect () bisa terjadi?  Ini disebabkan Karena versi XAMPP saat ini menggunakan php kalau tidak salah PHP 7, dan fungsi dari mysql tidak lagi dapat digunakan dalam codingan php seperti biasanya.  

Baca : Hal-hal Perbedaan MYSQL dan MYSQLi Yang Harus Di Ketahui 

Pada tahun 2014-an Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect () pernah saya alami juga, namun pada saat itu cara mengatasinya cukup mudah, dengan menghilangkan tanda baca ";" pada dari extension=php_mysql.dll pada PHP.ini

Tapi mungkin ada sobat yang masih menggunakan XAMPP versi lawas dan mungkin cara diatas masih berlaku, sebab kalau XAMPP versi sekarang sudah saya coba namun sudah tidak work. Cara menghilangkan tanda baca ";" pada dari extension=php_mysql.dll pada PHP.ini simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka XAMPP anda, kemudian klik kanan pada config untuk Apache dan pilih PHP.ini

2. Kemudian akan muncul seperti dibawah ini
`
3. Anda cari tulisan extension=php_mysql.dll, biar mudah tekan Ctrl+F, kemudian isikan extension=php_mysql.dll, jika sudah ketemu hilangkan tanda ";" dari awal tulisan "mysql".


4. Kemudian save, dan jalankan apache dan mysqlnya pada XAMPP. Dan silahkan coba.

Baca Juga : Ternyata Ini Asal Mula Kata Algoritma

Jika cara diatas tidak bisa dan tetap muncul Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect () dst... maka kita menggunakan alternatif yaitu dengan mengganti "mysql" menjadi "mysqli", setiap mysql ditambah "i" (tanpa kutip) didepannya. Karena dari orang-orang yang sudah master dalam mysql juga menyarankan saya untuk menggunakan function "mysqli" seperti contoh gambar dibawah ini dalam membuat koneksi database



Jadi intinya bahwa Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect () dan lain sebagainya yang berkaitan dengan "mysql" ini disebabkan karena versi PHP saat ini sudah tidak menggunakan function "mysql" tetapi sudah menjadi "mysqli".

Baca Juga : Perbedaan Insert Data Dengan MYSQL dan MYSQLi

Dengan begitu sobat harus beradaptasi lagi dengan membiasakan mengganti mysql menjadi mysqli. Oia ini berlaku untuk keseluruhan script php yang didalamnya ada menggunakan function mysql, harus diganti keseluruhan.

Baca Juga : Script Koneksi Database Dengan Mysqli (Berbeda dengan Mysql)

So.. mungkin hanya itu yang bisa saya terangkan mengapa Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect () bisa terjadi dan bagaimana solusinya, semoga artikel ini bermanfaat, dan mungkin ada para master yang mungkin ada cara jitu lainnya untuk mengatasi Fatal error : uncaught Error : Call to undefined function mysql_connect (), saya sangat senang apabila bersedia membagikan kepada kami melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terima kasih..

1 comments so far

Mantab gann terima kasih atas penjelasan dan solusinya


EmoticonEmoticon