Wednesday, August 8, 2018

Membuat Backsound Di Web HTML/PHP

Cara membuat backsound atau membuat background musik di html atau php dan juga background musik atau backsound ini bisa diterapkan didalam Web Sendiri yang masih Offline dan lain sebagainya. 


Sebenarnya untuk membuat musik dilatar belakang atau saya biasa sebut background musik suatu halaman web sangatlah mudah, dan musik yang anda berikan juga akan autoplay atau berjalan (play) dengan sendirinya ketika halaman web tersebut dibuka atau dijalankan. 

Untuk tag yang digunakan dalam membuat backrgound musik ialah tag <audio>...</audio>. Ada 2 bentuk penggunakan dalam tag <audio>  ini dalam membuat background musik.

1. File Musik Didalam PC (Offline)
2. Musik dari situs lainnya, contohnya (4shared.com) dan lain sebagainya.

Untuk cara penulisannya atau scriptnya ya hampir sama dan bisa dibilang sama. Ok kita bahas satu persatu dari kedua jenis penggunakan atau pembuatan backsound diatas.

File Musik Didalam PC (Offline)

Untuk ini biasanya halaman Web anda khusus tidak online atau web yang tidak membutuhkan koneksi. Jadi kalau sejenis blog, wordpress, dll tidak bisa membuat backsound kalau file musik dari dalam PC. Yang seperti ini sering digunakan untuk membuat Web sendiri untuk pembelajaran mahasiswa/i atau anak sekolah sebagai tugas dari guru atau dosen.

Langkah-langkah membuat backsound atau background musik secara Offline sebagai berikut:

  1. Buat sebuah folder untuk tempat file musik dan dile HTML/PHP , atau kalau sudah ada tidak masalah.
  2. Copy file musiknya kedalam folder tersebut.
  3. Buat atau buka lembar kerja untuk membuat script html atau php, terserah dengan Notepad, Dreamweaver, Notepad++, dll.
  4. Untuk langkah keempat ini terserah anda mau copas atau ngetik, tidak masalah.


<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8" />
<title>Membuat Background Musik</title>
</head>
<body bgcolor="#006699">
<audio src="perfect_edseren.mp3"
autoplay="autoplay" hidden="hidden></audio>
</body>
</html>

Perhatikan untuk bagian src="perfect_edseren.mp3", nama file musik saya kebetulan "perfect_edseren.mp3", jadi anda ganti sesuai dengan nama file musik anda. Ok.
5. Kemudian Save kedalam Folder yang anda buat pada langkah 1 (pertama),   dan jalankan.

Baca Juga : Buat Validasi Form Input Tidak Boleh Kosong Saat Akan Di Submit

Musik dari situs lainnya

Untuk ini anda harus memiliki koneksi internet guys, walapun sebenarnya web yang anda buat masih offline atau manual dari localhost atau pc ketika dijalankan, karena untuk mengunduh atau browsing url dari file musiknya yang penting agar background musik atau backsound tercipta.

Untuk langkahnya emm... saya perlu tidak perlu lagi dirincihkan, anda hanya perlu membuka lembar halaman codingan anda dan tempatkan tag <audio> berikut ini kedalamnya, terserah dimana aja asal masih didalam tag <body>. 

<audio src="http:www.4shared.com/embed/aRmON41t/contoh_lagu.mp3"
autoplay="autoplay" hidden="hidden"> </audio>

jika bagian yang pertama juga sudah ada lembar kerja codingannya, ya anda tinggal tambahkan aja dari tag <audio> sampai </audio>, ingat harus didalam tag <body> ya guys.

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan tentang membuat backsound atau backrgound musik di html atau php  kepada teman-teman sekalian yang membutuhkan, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembelajaran dan untuk menambah ilmu teman-teman sekalian, terima kasih



EmoticonEmoticon