Monday, August 27, 2018

Cara Merubah, Menambah, Menghapus Field pada Tabel Mysql

Merubah Field,  Menambah Field,  dan Menghapus Field

Berikut ini adalah pembahasan mengenai merubah, menambah, dan mengurangi field dari sebuah tabel di database mysql. Tentunya pada kesempatan ini yang dapat saya bagikan dengan menggunakan atau melalui cmd (command prompt). Mungkin dilain waktu saya akan sempatkan untuk membagikan cara merubah field, menambah field, dan yang terakhir mengurangi atau menghapus field dari sebuah tabel yang terdapat didalam database mysql.

Untuk merubah struktur tabel, yaitu mengurangi, menambah, atau merubah field, yang kita gunakan adalah "ALTER TABLE". Fungsinya ya itu tadi untuk merubah struktur tabel.

Merubah Field

alter table nama_table change field_yang_akan_dirubah nama_field_baru tipe_data(size);

Diatas adalah perintah mutlak apabila anda ingin merubah nama field tertentu. Anda bisa langsung mengerti maksud dari kata "change" pada perintah tersebut. Sebagai contoh;


Diatas ada sebuah tabel yang saya beri nama tb_mahasiswa, dan fieldnya ada 5 dan bisa anda perhatikan nama-nama fieldnya. Kemudian kita akan akan mengganti j_kelamin menjadi jenis_kelamin, maka perintahnya adalah

alter table tb_mahasiswa change j_kelamin jenis_kelamin enum("P","W");. Perhatikan gambar dibawah ini.

Anda bisa lihat tabel yang diatas sebelumnya j_kelamin, setelah dilakukan perintah untuk merubah field, maka akan menjadi seperti tabel yang dibawah. Ini adalah hal yang wajib kita pahami, agar jika nantinya kita salah membuat nama field, kita tidak bingung dan memutuskan menghapus tabel dan membuat yang baru, cukup merubah nama fieldnya dengan perintah change pada alter table.

Menambah Field

Untuk yang selanjutnya adalah menambah field baru kedalam tabel. Untuk ini kita tetap masih mernggunakan ALTER TABLE, namun tentunya jika menambah, akan ada disematkan "Add" didalam perintah tersebut yang berguna untuk menambah.

alter table nama_table add field_yang_ditambah tipedata(size) after nama_field_ditable;

kata "after"  pada perintah diatas bermaksud kita bisa menentukan field yang kita tambah nantinya terletak setelah field yang mana. Biar langsung paham, anda perhatikan gambar berikut ini.

Anda bisa perhatikan bahwa sebelumnya ditabel tb_mahasiswa belumada "hoby" kemudian ditambahkan hoby setelah (after) field jenis_kelamin. Anda bisa lihat, tepat bukan?

Mengurangi/Menghapus Field

Baiklah untuk yang selanjutnya adalah menghapus field atau juga mengurangi field dari table. Hal ini lumrah dan biasa jika sebuah table terdapat field yang tidak perlu ada. Dan peritah ini tetap alter table dan menggunakan DROP (hapus).

alter table nama_table drop field_yang_akan_dihapus;

untuk lebih jelasnya supaya anda paham, saya berikan contoh menggunakan perintah tersebut untuk menghapus field / mengurang field.


Anda bisa perhatikan table yang diatasnya, kemudian perhatikan perintahnya, lalu apa yang hilang pada table kedua?. Tepat bukan seperti yang diingikan dari perintah tersebut?.

Baiklah, mungkin hanya sebatas ini yang bisa saya bagikan tentang cara menambah field, mengurangi field (menghapus field), dan merubah field pada sebuah tabel didalam database mysql. Dan semoga saja artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

Import dan Eksport Database
Menambah Tabel Baru
Merubah, Menambah, dan Edit Field
Menambah Record Baru
Create New Database
Membuat Database Dengan CMD
Perbedaan Insert Dengan Mysql dan Mysqli






EmoticonEmoticon