Friday, August 31, 2018

Cara Menampilkan Histogram Citra di Matlab

Pembahasan kali ini mengenai Menampilkan Histogram Citra Pada Matlab, untuk itu kita harus mengetahui terlebih dahulu Histogram itu apa. Histogram adalah representasi grafis untuk distribusi warna dari citra digital atau menggambarkan penyebaran nilai-nilai intensitas pixel dari suatu citra atau bagian tertentu di dalam citra. Dari sebuah histogram dapat diketahui frekuensi kemunculan relative dari intensitas pada citra, kecerahan, dan kontas dari sebuah gambar.

Sekarang anda tahu pengertian dari histogram, dan sekarang kita kekasusnya yaitu menampilkan histogram citra pada matlab. Nah disini histogramnya ada 3 (warna) yang saya contohkan, dan kebanyakan memang jika pada matlab pasti mintanya ya ketiga warna ini, yaitu RGB (Red, Green, and Blue). Ini adalah sebutan bagi citra,gambar,objek yang memliki warna-warna umum dan familiar kita gunakan atau kita dapatkan di om google, dll.

Untuk contoh citranya saya mengambil gambar bunga, dan berikut adalah hasil atau bentuk histogram yang saya dapatkan dari bunga yang saya maksud.


Anda bisa melihat bahwa ada 3 histogram yang saya tampilkan yaitu histogram warna merah, hijau, dan biru. Dan dibawah ini merupakan atau source yang digunakan untuk menampilkan histogram;

rgbImage = imread('bunga.jpg'); //memperkenalkan file pada variable rgbImage
[rows columns numberOfColorBands] = size(rgbImage);
subplot(2, 2, 1);
imshow(rgbImage, []);
set(gcf, 'Position', get(0,'Screensize'));
redPlane = rgbImage(:, :, 1);  //memanggil matriks gambar yang hanya berisi piksel warna merah
greenPlane = rgbImage(:, :, 2); // memanggil matriks gambar yang hanya berisi piksel warna hijau
bluePlane = rgbImage(:, :, 3); //memanggil matriks gambar yang hanya berisi piksel warna biru.

[pixelCountR grayLevelsR] = imhist(redPlane);
subplot(2, 2, 2);
bar(pixelCountR, 'r');
xlim([0 grayLevelsR(end)]);
[pixelCountG grayLevelsG] = imhist(greenPlane);
subplot(2, 2, 3);
bar(pixelCountG, 'g');
xlim([0 grayLevelsG(end)]);
[pixelCountB grayLevelsB] = imhist(bluePlane);
subplot(2, 2, 4);
bar(pixelCountB, 'b');
xlim([0 grayLevelsB(end)]);


tanda '//' adalah penjelasan dan bukan bagian dari source, itu saya berikan agar bisa membantu untuk anda pahami. Jika anda ingin membuat histogram dan malas mengetik satu persatu source diatas, anda blok sourcenya, dan pastekan pada notepad, kemudian hapus bagian '//' (komoentarnya). Jika anda ingin copas ke comand windows langsung ini tidak akan berhasil, karena tanda petik tunggal pada word, notepad, dll jika di copas ke matlab akan  error. Ada baiknya anda copas ke Tab Editor saja atau lebih tepatnya pada m.file, seperti gambar dibawah ini.

Nah terlihat bahwa tanda petik tunggal error, kemudian anda hapus petik tunggalnya dan ketik ulang tanda petik tunggalnya, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Anda hanya menyesuaikan atau mengganti bunga.jpg menjadi objek atau citra yang ingin anda lihat histogramnya. Kemudian tinggal anda klik Run pada bagian atas, dan selesai dah..

Oia, jika anda bingung memunculkan Tab Editor, saya sudah memposting di artikel lain tentang Cara Menampilkan Tab Editor.

Demikianlah mengenai menampilkan hsitogram citra pada matlab, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menambah ilmu untuk tujuan tugas-tugas. Terima kasih.





EmoticonEmoticon