Tuesday, August 28, 2018

Cara Menambahkan Record/Data Kedalam Tabel Database Mysql

Pembahasan artikel ini membahasa cara menambah record kedalam tabel di CMD, dan mungkin bahasa lainnya mengisi data ke tabel mysql melalui command promt atau command Line. menambah record ke dalam tabel sebenarnya sangat mudah, dan perintahnya monoton, tidak berubah-ubah. Perintah yang digunakan untuk menambah record kedalam tabel ialah perintah Insert.

Ada 3 variasi bentuk umum dalam membuat perintah insert untuk menambah record kedalam tabel di cmd maupun apabila digunakan dalam PHP.

1. Menyamakan Field/kolom dengan Value/isi
insert into nama_tabel set field1='value_field1', field2='value_ field2', field3='value_ field3', field-n='value- fieldn';

2. Memisahkan antara Field/kolom dengan Value/isi dengan tanda "(..)" dan dihubungkan dengan "values".
insert into nama_tabel (field1, field2, field3, field-n) values ('valuefield1','valuefield2','valuefield3','valuesfield-n'');

3. Tanpa Menyebutkaan Field
insert into tb_mahasiswa VALUES ('valuefield1','valuesfield2','valuesfield3','valuefield-n');

sebagai catatan, value disini maksdunya isi/data. Jika valuefield1 berarti isi untuk field pertama. Dari ketiga variasi atau bentuk insert data tersebut, hal yang paling mutlak yang harus anda ketahui dan pahami adalah nama-nama field dari tabel yang akan anda tambah record, kemudian urutan dari field-field tersebut. agar tidak ada yang salah posisi nantinya ketika anda menambah record yang menyebabkan isi dari tabelnya tidak sesuai yang anda inginkan.

Ok, kita langsung ke contoh percobaan, dibawah ini akan saya gunakan ketiga bentuk insert diatas agar anda bisa memahaminya dan memilih yang mana yang anda suka apabila ingin mengisi atau menambah record ke dalam tabel database mysql.


Dari gambar diatas, nama tabel target sebagai contohnya ialah tb_mhs, dan field/kolom ada 6. Anda perhatikan urutannya. Kemudian kita masukkan perintah insert bentuk pertama.

insert into tb_mhs set nim='1610031802118', nama='yesaya twin situmorang',j_kelamin='P',tgl_lahir='1997-08-06',alamat='jl. Uka- Garuda sakti km,3',kota='pekanbaru';

Gambar perintah insert bentuk pertama

Anda bisa lihat dan sesuaikan urutan fieldnya di tabel dengan field yang ada di perintah, sesuai urutan bukan?. Harus sobat!!. Dan hasilnya sesuai dengan perintah insert untuk menambah record di tabel tb_mhs.

Baik kita beralih ke perintah insert bentuk kedua untuk menambah record kedalam tabel, dan kita masukkan perintah sebagai berikut.

insert into tb_mhs (nim,nama,j_kelamin,tgl_lahir,alamat,kota) values ('1610031802123','Nama Anda','W','1999-08-13','Alamat Anda','Kota Anda');

Gambar Perintah Insert Bentuk Kedua

Kemudian untuk bentuk perintah ketiga dalam memasukkan data atau record kedalam tabel di cmd sangat simple, contoh perintahnya sebagai berikut.

insert into tb_mhs VALUES ('1610031802150','Nama Samaran','P','1993-03-12','Jalan-jalan','Tersesat');

Gambar perintah insert bentuk ketiga

Berhasil bukan untuk ketiga bentuk insert diatas, namun saya lebih menyarankan bentuk yang kedua, jadi terlihat urutan fieldnya. Kalau untuk bentuk insert yang ketiga sangat rawan kesalahan posisi dari isi/data/value karena tidak ada panduan. Namun jika anda memang sudah lihai dalam menggunakan cara bentuk ketiga. No problem!! Sebagai menyingkat waktu guys..

Anda bisa pelajari dan praktekkan langsung di pc anda, karena Cuma sekian saja yang bisa saya sampaikan dan jelaskan tentang menambah atau memasukkan record kedalam tabel di cmd, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung di anakt.id.



EmoticonEmoticon