Friday, August 24, 2018

Cara Menambah Table Database Melalui PhpMyadmin

Kali ini pembahasan kita mengenai cara menambah tabel pada databases dengan Phpmyadmin, atau juga bahasa lain cara membuat tabel databases dengan phpmyadmin, sama saja. 

Diartikel lainnya saya sudah mempostingkan cara membuat tabel dengan cmd, dan pada kesempatan ini yang saya bagikan cara membuat tabel dengan Phpmyadmin. 

Untuk membuat tabel dengan phpmyadmin, tentunya anda harus masuk ke phpmyadmin dengan cara ketik "localhost/phpmyadmin" (tanpa kutip) pada URL browser, namun sebelumnya anda harus mengkatifkan Mysql dan Apache pada aplikasi XAMPP anda. Setelah anda buka phpmyadminnya, akan seperti berikut ini tampilannya


Jika anda hanya ingin membuat atau menambah tabel pada sebuah database, caranya sangat gampang, anda hanya perlu melihat nama database di sebelah kiri  yang ingin anda tambahkan tabel didalam database tersebut.

Kemudian klik nama databasenya, (ingat, tepat pada nama databasenya), maka anda akan dibawa kehalaman menu "struktur" seperti gambar dibawah ini.


Kebetulan didalam database mahasiswa yang saya klik sudah ada sebuah tabel yaitu tb_mhs, maka kita akan menambahkan sebuah tabel baru, kita beri nama tabelnya "tb_mahasiswa". 

Nama tabelnya kita tuliskan pada form yang ditunjuk ditanda panah, kemudian yang lingkaran merah adalah jumlah filednya. Contoh fieldnya ada 5 (nim,nama,j_kelamin,tgl_lahir, alamat). Perhatikan gambar dibawah ini.

Kemudian klik tombol "Go" pada bagian sebelah kanan, kita akan dibawah pada halaman struktur tabel, kemudian isikan nama fieldnya, tipedatanya, panjang karakternya/lenght, primary key, dll. Perhatikan gambar dibawah ini

Anda bisa perhatikan untuk jenis kelamin, karna tipe datanya Enum maka kita harus membuat valuesnya "P" untuk pria dan "W" untuk wanita. Jika nim adalah primary key, anda lihat  pada bagian index, anda klik tanda panah hitam kecil untuk memilih menjadi primay key

Kemudain scroll kearah bawah untuk melihat tombol "save", klik tombolnya, maka akan dibawah pada menu "Structure" seperti gambar dibawah ini


Anda bisa lihat pada bagian kiri, kini tabelnya sudah ada 3 buah.jika ingin menambah tabel lagi, lakukan cara yang sudah saya jelaskan dari awal tadi, sebenarnya jika anda paham maka cara membuat tabel denga phpmyadmin sangat gampang dan juga cepat. 

Dan mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan dan jelaskan cara membuat tabel dengan phpmyadmin, semoga artikel ini bisa membantu sekaligus bermanfaat bagi pembaca sekalian.



EmoticonEmoticon