Sunday, August 26, 2018

Cara Membuat/Menambah Tabel di Mysql dengan CMD

Berikut ini saya akan membagikan dan menjelaskan cara membuat tabel untuk sebuah database melalui cmd atau lebih tepatnya command prompt/line. cara membuat tabel dengan cmd sebenarnya adalah hal yang wajib untuk dipelajari untuk bisa lebih memahami langsung bagaimana sebenarnya cara membuat tabel dengan cmd, dan apa perbedaan membuat tabel dengan cmd dengan membuat tabel dengan PhpMyadmin.

Untuk membuat tabel, kita harus masuk terlebih dahulu kedalam database yang akan kita buat tabel didalamnya dengan cmd. Anda bisa lihat langkah-langkahnya dibawah ini;


Diatas tersebut, saya akan membuat tabel untuk database "mahasiswa", untuk masuk kedalam databasesnya gunakan perintah "use nama_database". Sehingga, sesuai contoh yaitu databsesnya adalah mahasiswa, Maka akan terlihat seperti baris yang paling bawah.

Selanjutnya kita membuat tabel, disini nama tabelnya akan kita beri nama tb_mhs dan terdiri dari nim,nama,j_kelamin, tgl_lahir, alamat, dan kota. Perhatikan gambar berikut.

Anda bisa melihat perintah membuat tabel diatas dimulai dengan "create table" kemudian dilanjutkan dengan nama tabelnya, baru didalam kurung masukkan atribut dari tabel tersebut. Jangan lupa jika ada dalam sebuah tabel tersebut akan digunakan sebagai pengenal atau bersifat personal, gunakan primary key, dan "not null" yang artinya tidak boleh kosong ketika nantinya data diinputkan.

Untuk melihat tabelnya yang sudah anda buat tadi, anda bisa berikan perintah show tables seperti gambar diatas.  Untuk tambahan, jika anda ingin melihat struktur dari tabelnya, anda bisa berikan perintah "describe nama_tabelnya" pada cmd tersebut. Perhatikan gambar dibawah  ini.

Gimana? Gampang bukan membuat tabel dengan cmd?, anda hanya perlu melakukan hal yang sama jika ingin menambah tabel baru kedalam database tersebut.

Jika anda ingin merbuah struktur tabelnya, semisal anda salah buat "j_kelamin" menjadi "jk_elamin" atau yang seharusnya tipe datanya varchar, ternyata anda buat integer, atau juga ingin menambah field atau mengurangi field, anda bisa baca di artikel cara merubah stuktur tabel dengan cmd.

Demikianlah mengenai cara membuat tabel dari cmd atau command promt, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.  



EmoticonEmoticon