Wednesday, August 8, 2018

Cara Membuat Teks Berjalan di HTML dan PHP

Cara membuat tulisan berajalan (marquee) atau biasa disebut running text pada halaman web, baik itu HTML atau pun PHP sangat mudah. Anda hanya perlu membuat tag yang khusus untuk membuat tulisan atau kaliman berjalan dihalaman web tertentu.


Tag yang digunakan untuk membuat tulisan berjalan adalah tag <marquee>, tag <marquee> ini membutuhkan tag penutup yaitu </marquee>. Bentuk umum atau standar penulisan tag marquee ini untuk membuat tulisan berjalan di HTML atau PHP adalah sebagai berikut.

<marquee> Tulisan yang anda ingin buat berjalan </marquee>

Anda tidak perlu bingun untuk mengaplikasikan atau implementasikannya karna itu berlaku di dalam table juga, dan tag marquee ini untuk di HTML biasa atau HTML5 atau PHP sama saja, tidak ada berubah.

Dibalik itu semua tentu ada pelengkap atau kode pelengkap agar tag <marquee> dalam menampilkan text atau tulisan berjalan bisa lebih menarik dan tidak polos. Berikut ini adalah daftar kode pendukung untuk tag <marquee>

1. bgcolor="warna"
2. scrollamount="angka"
3. direction="left/right/up/down"
4. width="angka%"
5. title="pesan anda"
6. behavior="scroll/slide/alternate"
7. Onmouseover="this.stop()"
8. Scrolldelay="angka"
9. Loop="angka|-1|infinite"

Dari kesembilan kode tambahan untuk membuat tulisan berjalan di tag <marquee> adalah recomended agar tulisan barjalan yang akan anda buat tidak monoton dan membosankan. 

Bingung fungsi dan cara menggunakan atau menempatkan kode-kode diatas pada tag <marquee>? Ok dibawah ini saya beri penjelasan fungsi-fungsi kode tersebut dan cara mengimplementasikannya. Kita bahasa secara berurutan ya...

Bgcolor="warna"

Bgcolor apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk memberi warna pada text atau tulisan yang akan anda buat berjalan atau running. contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut. 

<marquee bgcolor="red">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP</marquee>

Simple kan.. sebenarnya kode ini udah sangat familiar untuk yang awam juga, karena kode bgcolor pasti berguna untuk memberi warna tulisan.

scrollamount="angka"

scrollamount  apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk mengatur tingkat kecepatan dari gerakan text berjalan tersebut. Semakin besar angka yang anda beri, maka semakin cepat tulisan berjalan, dan bergitu sebaliknya, semakin kecil angka yang anda beri maka semakin lambat tulisan berjalan bergerak. contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut. 

<marquee scrollamount="20">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP</marquee>


direction="left/right/up/down"

direction apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk mengatur arah gerakan dari tulisan berjalan sesuai keinginan kita, bisa kearah atas, kebawah, kekanan, dan kekiri. contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut. 

<marquee direction="down">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP</marquee> 

width="angka%"

width apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk mengatur lebar dari tempat text atau tulisan berjalan. Anda bisa memasukkan berapa persen untuk tempat text tersebut berjalan, jika anda hendak membuat di luar atau tidak didalam table, hitungan 100% (persennya) adalah dari sisi kiri sampai sisi kanan halaman web. contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut. 

<marquee width="75%">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP</marquee>


title="pesan anda"

title apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk membuat pesan dalam tulisan berjalan, pesan akan terlihat apabila cursor mouse diarahkan ke tulisan berjalan tersebut. contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut. 

<marquee title="ini tulisan berjalan pertama saya">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP</marquee>

behavior="scroll/slide/alternate"

behavior apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk mengatur bentuk gerakan ketika tulisan berjalan
scroll = text akan hanya berjalan terus kesatu sisi seperti biasa.
Slide = text akan berjalan kesatu sisi dengan tersendat
Alternate= text akan berjalan bolak-balik.
contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut.

<marquee behavior="scroll">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP</marquee>

<marquee behavior="slide">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP</marquee> atau <marquee behavior="alternate">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP</marquee>

Onmouseover="this.stop()"

Onmouseover="this.stop()" apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk membuat tulisam berjalan berhenti apabila cursor mengarah kearah tulisan berjalan tersebut. contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut.

<marquee Onmouseover="this.stop()"> Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP </marquee>

Baca Juga : Menambah Validasi Agar File Tidak Boleh Ada Yang Kosong Pada Form Input

Scrolldelay="angka"

Scrolldelay apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk mengatur waktu delay, hal ini juga berguna untuk memperlambat gerakan atau berjalannya text. Untuk 1 detik maka angkanya adalah 1000, untuk 0,5 detik maka 500. contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut.

<marquee Scrolldelay="500"> Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP </marquee>

Loop="angka|-1|infinite"

Loop  apabila di buat dalam tag <marquee> berguna untuk mengatur jumlah dari text berjalan akan ditampilkan, apabila anda memasukan angka 5, maka setelah lima kali text berjalan muncul, maka akan berhenti dan tidak akan tampil lagi. contoh penulisannya atau penggunaanya sebagai berikut.

<marquee Loop="10|-1|infinite">Tulisan berjalan didalam HTML dan PHP </marquee>


Demikianlah penjelasan dari cara membuat tulisan berjalan dalam HTML atau PHP, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan, terims....



EmoticonEmoticon