Thursday, August 9, 2018

Script Koneksi PHP Ke Database Dengan Mysqli

Script Koneksi Database Dengan Mysqli -  Mengkoneksikan PHP ke database dengan mysqli, atau menghubungkan PHP ke database dengan script msysqli adalah hal yang penting dalam membangun sebuah sistem berbasis Web. Untuk orang awam mengkoneksikan PHP kedatabase sering mengalami kesulitan dan hal ini wajar, sebab bentuk atau cara dalam pengkodingan setiap orang berbeda-beda dalam mengkoneksikan ke database dari PHP meskipun tujuannya sama,  yaitu mengkoneksikan database ke PHP atau sebaliknya mengkoneksikan PHP kedatabase (mengkoneksikan Web ke database).


Sebenarnya untuk hal mengkoneksikan web atau PHP ke database sangatlah mudah, bagi yang baru belajar pun bisa dengan cepat memahami cara kerja dan bentuk dari peng-koneksian pada database mysql itu sendiri. Fungsi mengkoneksikan PHP atau Web kedatabase ada banyak, bisa untuk menyimpan data inputan form, atau untuk mengambil data dari dalam database, atau untuk editing, dan lain sebagainya.

membuat koneksi dengan mysqli di php tidak terlalu berbeda dengan membuat koneksi database dengan mysqli, susuan untuk parameternya sama saja, hanya saja sudah saatnya memang harus beralih dengan pengkoneksian dengan menggunakan mysqli bukan lagi dengan koneksi database dengan mysql.

Baca Juga : Perbedaan Sederhana Dalam Coding antara Mysql dan Mysqli Yg Harus Kamu Perhatikan

Script PHP Koneksi Ke Database Dengan Mysqli


Yuk simak baik-baik cara atau bentuk-bentuk koneksi PHP atau Web ke database Mysql berikut ini.

Hal yang pertama ialah bahwa sudah tersedianya database yang akan kita koneksikan pada PHP, dan kalau bisa plus table-table. Kalau gak, juga tidak masalah, yang penting databasenya sudah ada, jika belum ada, segera buat biar langkah selanjutnya EASY!!!. 

Dalam hal ini saya buat satu database dengan nama "buat_koneksi" seperti pada gambar dibawah ini.


Baik, selanjutnya buka lembar kerja untuk codingan anda, terserah. Saya disini menggunakan Dreamweaver. Ketik atau copas script dibawah ini.

<?php
$con=mysqli_connect("localhost","root","","buat_koneksi") or die ("gagal Koneksi". $con->error);

if($con != 0)
{
 echo" Koneksi Berhasil";
}
$con->close();
?>

Perhatikan, sesuaikan nama database anda, ganti "buat_koneksi" menjadi nama database anda. Kemudian save dengan nama connect.php kedalam localhost (atau dimana saja juga bisa). Kemudian jalankan.

Jika yang muncul seperti gambar dibawah ini, berarti koneksi kedatabase berhasil.


Jika anda salah memasukkan database, pasti akan muncul seperti gambar dibawah ini . disini saya coba untuk mengganti "buat_koneksi" menjadi "terserah". Lihat hasilnya.



Diatas adalah contoh koneksi kedatabase dari PHP atau Web, anda tinggal memanggil file tersebut apabila diperlukan pada lembar kerja codingan lainnya, seperti simpan, update, delete, dan lain sebagainya dengan syarat bahwa scipt

if($con != 0)
{
echo" Koneksi Berhasil";
}
$con->close();

Dari connect.php tadi dibuang ya guys. Itu hanya untuk mengecek koneksi berhasil atau tidak.

Baik perhatikan Program tampil.php dibawah ini yang menggunakan include untuk memanggil.
<?php
include'connect.php';
$select=mysqli_query($con,"select * from login");

while ($row = mysqli_fetch_array($select))
{
 echo $row['username'];
 echo" <br>";
}
?>


Perhatikan include'connect.php'; yang artinya memasukkan atau scipt dari connect.php juga termasuk dalam bagian dari tampil.php diatas. Jadi anda tidak perlu repot lagi memasang koneksi database kedalam setiap file php.

Oia, diatas adalah salah satu bentuk koneksi kedalam database, berikut dibawah ini juga saya sertakan bentuk-bentuk cara mengkoneksikan web atau PHP ke database. Untuk nama databasenya kita tetap gunakan yang tadi (buat_koneksi).

1. Bentuk koneksi database Dengan Mysqli Part 1

<?php
$host="localhost";
$user="root";
$pass="";
$database="buat_koneksi";
$con=mysqli_connect($host,$user,$pass,$database)or die ("gagal koneksi");
if($con != 0)
{
 echo" Koneksi Berhasil";
}
$con->close();
?>

2. Bentuk Script koneksi database dengan mysqli di php part 2
<?php
$con=mysqli_connect("localhsot","root","")or die ("gagal koneksi");
$result=mysqli_select_db($con,"buat_koneksi");
if($con != 0 && $result != 0  )
{
 echo" Koneksi Berhasil";
}
$con->close();
?>

 Ada banyak lainnya lagi bentuk-bentuk kodingan dalam membuat koneksi ke database, namun saya sarankan yang menurut anda lebih mudah dipahami dan diingat, itulah yang anda gunakan, agar koneksi kedatabase anda tidak bermasalah.

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan dan jelaskan tentang cara koneksi kedatabase dengan mysqli, semoga artikel ini bermanfaat. Mungkin ada masukan dari teman-teman tentang cara membuat koneksi ke database yang lebih baik, dengan senang hati jika bersedia membagikannya kepada kami melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.


EmoticonEmoticon