Monday, August 27, 2018

Cara Ekspor dan Impor Database Mysql di PhpMyAdmin


Artikel ini membahas mengenai cara meng-Ekspor dan Impor Database Mysql secara lengkap dan jelas lengkap dengan gambar panduannya. Ekspor atau mendownload database mysql sangat penting apabila kita membuat sebuah database pada PC yang bukan milik kita (menumpang) atau ingin berpinda PC atau juga karena PC yang dilengkapi dengan Deepreze. Tujuannya ialah untuk mengamankan Database mysql tersebut. 

Ekspor database mysql ini dilakukan dari browser, tepatnya pada admin mysql yaitu PHPMyadmin. Pasti taulah kalau membuka PHPMyadmin. Yuk langsung saja ke pokok pembahasan yaitu cara meng Ekspor Database sekaligus meng Import database kedalam MYSQL.

Langkah pertama tentunya membuka browser apa aja, masuk ke PhpMyadmin. Kemudian klik Menu Databases/Basis Data, seperti gambar dibawah ini.

Gambar phpmyadmin database/basisdata

Oia, kalau anda bingung tidak ketemu menu basis data/databases seperti diatas, klik aja tulisan phpMyAdmin yang dipojok kiri atas, itu akan mengarahkan ke tampilan Home. 

Kemudian anda lihat nama database yang akan anda hapus, kemudian centang. Perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar database mysql

Disini saya akan menghapus database "anakit", dan anda lihat yang dilingkari merah sudah tercentang. Baik selanjutnya anda perhatikan menu Ekspor diatas. Anda klik menut tersebut. maka tampilannya seperti dibawah ini

Gambar Menu Ekspor mysql

Kalau sudah, anda langsung tekan saja menu kirim pada bagian bawah, seperti gambar diatas. Maka secara otomatis ada pemberitahuan "download". Nah disini biasanya terkadang nama filenya sesuai dengan server, atau juga memang nama database, dan terkadang dijumpai untuk rename nama databasenya. Semuanya tidak masalah,itu sama saja. Dan ekstensinya pasti ".sql".

Setelah selesai download, perhatikan nama dan tempat folder downloadnya. Selesai.

Sampai disinilah proses untuk menyimpan atau ekspor database mysql ke drive, flasdisk, dll.

Untuk yang selanjutnya ialah mengimportnya kembali ke dalam mysql. Jika anda hanya belajar, atau coba-coba pada pc yang sama. Sebaiknya setelah anda eksport database, database yang masih ada di mysql anda hapus dulu. Databasenya belum ada, dan anda berada pada PC lain. Ok langsung ke TKP..

Yang anda harus lakukan sama seperti diawal mau mengekspor, ialah masuk home phpMyAdmin, kemudian tekan menu Impor, anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Lingkaran merah menunjukkan telah berada pada menu impor, kemudian perhatikan langkaran warna biru, menu ini berfungsi untuk memilih file database, anda tekan dan pilih file database sql yang anda ingin masukkan/impor. Anda perhatikan gambar dibawah ini sudah saya pilih filenya.


Setelah anda pilih filenya, langkah terakhir anda tekan tombol "kirim" pada bagian bawah (anda scroll kebawah). Setelah anda kirim biasanya akan muncul pemberitahuan impor berhasil seperti gambar dibawah ini.


Gimana sobat? Gampang bukan, ingat meng ekspor database sangat penting apabila database itu penting, atau anda ingin databasenya aman, atau juga ekspor database sangat berguna apabila PC tempat anda membuat database dilengkapi dengan Deeprezee. Ini sangat membantu agar anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk create database baru.

Demikian pembahasan kali ini tentang meng ekspor dan import database mysql, semoga artikel bermanfaat dan membantu tentunya, jika ada yang ingin anda tanyakan. Saya sangat senang jika anda berkomentar pada kolom komentar yang sudah tersedia. Terims...




EmoticonEmoticon