Friday, August 24, 2018

Cara Akses Database Mysql di CMD (Command Promt)

Berikut ini kita akan membahas cara membuka database mysql dari cmd, atau lebih tepatnya adalah cara masuk ke mysql dengan cmd. Cara membuka database mysql berikut ini saya sertakan dengan lengkap beserta gambarnya, agar bagi yang masih berlajar untuk masuk atau membuka database dari cmd bisa paham.

Baiklah tanpa basa-basi, hal pertama yang mesti anda perhatikan bahwa pada XAMPP, apache dan mysql sudah anda start. Seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah anda jalankan keduanya, maka langkah selanjutnya adalah membuka CMD (Command Prompt) dengan cara tekan tomol Windows+R pada keyboard, kemudian ketik "CMD" (tanpa kutip), kemudian tekan enter. 

Semoga sampai disini masih aman aja guys.

Kemudian setelah muncul cmd atau command prompt, kita harus melihat dulu nama folder xampp yang di drive C kita seperti apa, karena ada kalanya seseorang tidak bisa membuka database mysql dari cmd karena nama foldernya salah, untuk defaultnya nama foldernya adalah xampp seperti gambar dibawah ini.



Namun ada sebagian kasus nama foldernya diiringi versi, contoh "xampp_71". Tentu nantinya tidak ketemu jika kita ketik hanya xampp saja. Jadi perhatikan ya guys.

Nah, ketika kita membuka cmd tadi, maka defaultnya masih di folder yang terdapat di user pada drive c, kita lakukan perintah "cd.." kemudian enter, sebanyak 2 kali. Sampai hanya tinggal C:\>. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Tujuannya karena xampp berada tepat di driver C, tanpa masuk ke folder lain. Jika xampp-nya berada, misal di folder Program Files, berarti kita harus masuk ke Program Files dengan "cara cd program files". Intinya perintah "cd.." adalah untuk keluar dari satu folder dan perintah "cd nama_folder" adalah untuk masuk ke nama_folder tersebut.


Ok kembali kepokok pembahasan. Setelah pada cmd sudah "C:\>" , anda ketik "cd nama_folder" (tanpa kutip)  xampp yang ada di drive c, kemudian tekan enter, karna kebetulan disini nama foldernya xampp dan kalau punya agan sama, ya tinggal ngikut saja. Perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah itu ketik lagi "cd mysql" (tanpa kutip, dan kalau ini dan seterusnya sama), kemudian tekan enter. Akan menjadi C:\xampp\mysql>. Kemudian ketik "cd bin" (tanpa kutip) dan tekan enter. Maka akan menjadi C:\xampp\mysql\bin>, perhatikan gambar dibawah ini

Dan selanjutnya adalah  masuk ke mysql dengan cara ketik perintah "mysql -u root" (tanpa kutip) dan tekan enter, maka kita akan masuk ke mysql. Perhatikan gambar dibawah ini.

Kalau sudah seperti yang dilingkari garis merah, itu tandanya kita sudah masuk ke mysql. Untuk masuk kedatabasenya, jika anda hafal nama databasenya, tinggal ketik "use nama_database;", atau jika anda kurang yakin nama databasenya, ketik printah "show databases;",  maka akan terlihat semua database yang ada dalam mysql tersebut, seperti gambar dibawah ini.

Mungkin sampai disini yang bisa saya bagikan tentang cara masuk ke mysql dari cmd atau cara  membuka database mysql dari cmd, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman, agan dan lainnya yang sedang membutuhkan. Jangan lupa kembali untuk mendapatkan artikel" yang bermanfaat lainnya. Terims...


EmoticonEmoticon