Wednesday, July 11, 2018

Tutorial Membuat Database di MYSQL dengan CMD (Command Prompt)

Hello guys, Berikut ini saya akan membagikan dan menjelaskan cara membuat sebuah database baru di sql dengan Comand Prompt atau CMD. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dalam membuat sebuah database baru dalam MYSQL, yaitu dengan cara masuk ke PhpMyadmin. Jika anda ingin membuat database baru yang membutuhkan waktu yang cukup singkat, melalui PhpMyadmin sangat saya sarankan, anda bisa baca Disini tentang cara membuat database dan tabel baru melalui PhpMyadmin.

Disamping itu, ada baik kita belajar membuat sebuah database baru dan tabel baru melalui comman promt atau cmd, mengapa? Disinilah kita belajar dengan cara step by step, dan semua perintah-perintah dalam membuat database baru di mysql kita ketahui, jika anda adalah orang awam dan baru belajar membuat sebuah database baru, saya sangat sarankan anda belajar membuat database baru dengan menggunakan CMD (command pormpt) terlebih dahulu, agar anda paham sebenarnya proses dalama membuat database baru dalam mysql itu seperti apa.

Hal yang pertama sebelum kita membuat database dalam Sql, anda perlu yang namanya sebuah software XAMPP, dan kemudian jalankan apache dan mysql seperti telihat pada gambar dibawah ini.

Membuat Database Mysql Dengan CMD
Tampilan Dari XAMPP


Setelah anda  jalankan, maka buka Command Promt. Anda bisa tinggal klik menu Shell pada bagian kanan xampp. Anda perhatikan sebelah kanan gambar diatas. Atau tekan Windows+R pada keyboard, kemudian ketik CMD, enter.

cara membuat database baru melalui CMD


Jika anda klik shell tadi, maka yg muncul yg diatas, dan jika melalui CMD, seperti yang dibawah, sama aja. Tapi biar lebih jelas saya akan pakai yang CMD saja.

Kemudian anda perlu menghilangkan atau keluar daru folder defaultnya, seperti gambar diatas adalah user/zero. Dan perlu hanya c: saja denga cara ketik “cd..” (tanpa tanda petik) kemudian enter, lakukan lagi sampai menjadi “c:” . Kemudian anda masuk ke mysql. Anda bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini mulai dari keluar dari folder default.

Membuat Database  Baru Dengan CMD


Oia, yg perlu anda ketahui adalah  “xampp” yg ditunjuk panah merah, ini sesauikan nama folder xampp anda di drive C, karena bisa saja nama foldernya adalah xampp_81 atau xampp_71, dll. Jadi perhatikan teman”.

Setelah muncul MariaDB [{none}] seperti gambar diatas tadi, maka mulailah kita memasukkan perintah untuk membuat database baru atau create new database, podo ae...

Ikuti langkah-langkah dibawah ini;
Kita contohkan database barunya diberi nama: kampus_it

Membuat Database Baru Dengan CMD

Nah tandanya berhasil dalam membuat database baru di mysql, setelah kita tulis create database kampus_it;, dan kita ketik enter, maka akan muncul tulisan “Query OK”,.......  seperti diatas. Jika anda kurang yakin bahwa database barunya sudah berhasil anda ketik “show databases” (tanpa petik), kemudian enter, cari nama database yang anda buat tadi, jika query Ok, 100% database sudah ada.


Membuat Database Mysql Baru Melalui CMD


Itu hanya sekedar membuat saja, jika anda ingin membuat tabel baru, input data, dll ana perlu masuk kedalam databasenya dengan cara Use nama_database, seperti gambar dibawah ini.

Cara Melihat Database Dari CMD


Baru deh anda bisa lakukan langkah-langkah membuat tabel baru dan lainnya.

Oia sebagai tambahan, mungkin juga mengingatkan bagi yang sudah tau, dan memberi tau bagi yang belum tau. Untuk nama databasenya, boleh huruf besar, namun jangn ada spasi,angka,simbol. Cukup underscore ( _ ), sebagai penghubung pengganti spasi.

Demikianlah pembahasan tentang membuat database baru dengan cmd (command prompt) kali ini, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk penyebaran ilmu, baca juga pembahasaan lainnya tentang mysql.





EmoticonEmoticon