Wednesday, July 11, 2018

Cara Membuat Database MYSQL melalui phpmyadmin

Hallo sobat, pembahasan artikel kali ini mengenai membuat database baru di mysql melalui localhost atau biasa langsung disebut melalui phpmyadmin. Phpmyadmin ini memang sengaja dibuat dan ditanamkan langsung didalam xampp oleh pengembang agar kita mudah dalam masuk kedalam mysql dan tidak tidak seribet melalui cmd.

Ok guys, kita langsung kepokok pembahasan membuat database baru dari phpmyadmin.
Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah menjalankan apache dan mysql pada aplikasi xampp anda. Seperti gambar dibawah ini.

Membuat Database baru Melalui Phpmyadmin



Setelah keduanya running atau berjalan, kita masuk ke phpmyadmin. Disini ada cara cepat dan ada cara lama untuk masuk ke phpmyadmin. 

Untuk langkah biasa, anda buka browser, dan kemudian ketikkan di url pencarian “localhost/phpmyadmin” (tanpa kutip), kemudian enter,

Langkah cepatnya, anda hanya klik menu admin untuk mysql seperti yang ditandai di gambar dibawah ini

tutorial membuat database mysql dengan phpmyadmin


Setelah anda klik atau anda telusuri urlnya, maka akan terbuka browser untuk halaman phpmyadmin seperti gambar dibawah ini


cara membuat database dengan phpmyadmin

Dan kita masuk dalam membuat database baru dengan phpmyadmin, anda bisa memulainya dengan mengklik menu databases seperti yang dilingkari garis biru atau dengan klik “new” seperti yang dilingkari garis merah. Jika anda klik dari keduanya maka akan dibawa kehalaman databases. Seperti gambar dibawah ini.

Membuat Database Dengan phpmyadmin


Nah, kemudian anda bisa masukkan nama database yang anda ingin buat, ingat tanpa spasi,angka, dan simbol. Jika ada dua kata atau lebih, maka gabungkan dengan menambahkan underscore ( _ ). Setelah anda masukkan nama databasenya, tinggal klik tombol create disamping kanan, jika sesuai dan berhasil, maka akan muncul pada bagian kiri nama database anda, dan langsung muncul halaman create tabel baru, anda bisa membuat tabel baru sekarang.

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara membuat database baru dengan phpmyadmin, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang mebutuhkannya.



EmoticonEmoticon