Tuesday, June 26, 2018

Pengertian HTML dan Bentuk HTML

Apa itu HTML? Sejarah HTML itu seperti apa? Bagaimana bentuk HTML itu? Apa gunanya HTML itu?,  pertanyaan seperti ini sering muncul bagi seorang yang sangat awam, atau baru akan menjadi seorang pemula dalam dunia belajar web.

HTML itu sebenarnya apa sih?


HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language, dan HTML ini merupakan bahasa yang sangat standar dan sederhana dalam membangun sebuah halaman web, namun walapun sederhana, html paling banyak digunakan bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia web design  untuk membangun halaman web yang diinginkan.

HTML bisa dikatakan juga sebagai dasar atau wadah dari bahasa pemograman untuk membangun sebuah web, baik itu bahasa pemograman PHP, JavaScript, dll.

Sejarah HTML.

Pada tahun 1980, seorang ahli fisika beserta Tim Berners-Lee dan  Seorang Kontraktor di CERN, mengusulkan ENQUIRE, dimana ENQUIRE adalah sebuah sistem bagi ilmuwan CERN untuk membagi file atau dokumen. Sembilan tahun kemudian, berners mengusulkan untuk dibuatnya sistem markah berbasis internet. Kemudian berners menspesifikasikan HTML itu dan menulis jaringannya kemudian perangkat lunak pada akhir 1990. Dan pada tahun yang sama, berners dan Robert Cailliau berkalaborasi untuk sebuah permintaan dalam hal pendanaan, namun oleh CERN tidak menyetujui.

Dibawah ini merupakan sejarah perkembangan HTML.
Pada 24 November 1995, HTML 2.0  diperkenalkan dan sekaligus di publikasikan sebagai IETF RFC 1866. Penambahan RFC menambah kemampuan;

  • 25 November 1995 :RFC 1867 (mengunggah file berdasarkan benutk)
  • Mei 1995 : RFC 1942 (Tabel)
  • Agustus 1996 : RFC 1980 (Peta gambar berbasis klien/client)
  • Januari 1997 : RFC 2070 (Internasionalisasi)

Pada 14 Januari 1997, HTML 3.2 dipublikasikan sebagai KWWW (Konsorsium World Wide Web). Yang mana merupakan versi pertama yang dikembangkan oleh KWWW, karena IEFT sudah menutup terhadap kerja HTMLnya pada 12 September 1996.

Pada awalnya HTML versi 3.2 menghilangkan rumus matematika sama sekali yang sedang tumpang tindih antara berbagai kepemilikan dan mengadopsi sebagian besar tanda markah visual dari Netscape. Kesepakan bersama antara kedua perusahan menghasilkan penghapusan Elemen Kedip dari Netscape dan  Element Marquee dari Microsoft. Sebuah markup untuk rumus matematika yang terdapat dalam HTML tidak memiliki standar hingga 14 bulan kemudian di MathML.

Pada 18 Desember 1997,HTML 4.0 dipublikasikan  sebagai rekomended oleh W3C, versi HTML 4 ada 3 variasi;

  • Ketat, yaitu elemen-elemen terdeprekasi dilarang.
  • Transisional, yaitu elemen-elemen terdeprekasi diperbolehkan.
  • Frameset, yaitu sebagian besar hanya elemen-elemen yang berkaitan dengan frama yg diperbolehkan.

Pada 05 Mei 2000, HTML 4.1 yang merupakan perkembangan dari 4.0 di publikasikan dengan standar ISO, dimana HTML 4.1 ini masih dipakai sampai sekarang walaupun sudah begitu lama.
Pada 28 Oktober 2014, HTML 5.0 (stabil) akhirnya diluncurkan dan dipublikasikan dan menjadi standard HTML sampai pada saat ini. Walau demikian sampai sekarang ini masih banyak pengguna atau designer halaman web masih menggunakan  HTML biasa atau 4.1, bukan berarti HTML 5.0 baik, hanya saja fungsinya tidaklah berbeda, dan Cuma beda di bentuk pengodingan saja, dan lambannya perpindahan karena sudah menjadi kebiasaan memakai veri 4.1.

Bentuk HTML itu seperti apa?

Pada dasarnya, HTML terdiri dari beberapa tag sederhana, dan akan bertambah jika dalam membangun sebuah halaman web semakin berkembang dan membutuhkan tambahan tag-tag yang lebih banyak lagi.

Struktur dasar HTML adalah sebagai berikut;

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>...Judul Web...</title>
</head>
<body>
....bagian program untuk membangun atau mendesign halaman Web..
</body>
</html>

Pada bagian Tag <head>....</head> bagian untuk header HTML atau kepala Web, yang terdiri dari <title>, <meta>, dll/

Kemudian pada bagian Tag <title>...</title>, merupakan bagian yang berfungsi untuk memberi Judul Halaman atau judul Website.

Pada Tag <body>...</body>, merupakan bagian dimana elemen-elemen ditempatkan untuk peletakan atau penulisan konten dan informasi lainnya.

Namun jika anda ingin membangun sebuah Halaman Web yang baik, dan bagus, dimana ada Searching didalamnya, kemudian ada Form Register, ada Login dll, maka HTML saja tidak bisa, ibarat kata, HTML adalah pondasinya saja. Jika anda ingin membangun sebuah Halaman Web yg komplit, perlu adanya tambahan bahasa pemograman lainnya seperti PHP, Javascript, dll.

Hal yang perlu anda perhatikan:

  1. <html> ditutup </html> , ini adalah wajib  karena ini mendefenisikan bahwa pengkodean tersebut adalah html.
  2. Bahasa Non Case Sensitif, artinya penulisan huruf besar dan kecil pada tag akan dianggap sama.
  3. Jika ada <..> (tag buka) maka harus ada </...> (tag penutup).
  4. Setelah tanda “<” langsung diikuti nama tag, kemudian ditutup tanda “>”, tidak boleh ada spasi, angka, tanda baca, dan nama tag tidak bisa dibuat sendiri atau dibuat-buat.


Fungsi atau Kegunaan HTML?

HTML atau Hypertext Markup Language adalah suatu bahasa pemograman yang terdiri dari tag-tag. Untuk fungsi dari HTML itu sendiri sangatlah sudah jelas jika anda membaca dari awal artikel ini, namun agar lebih jelas fungsi HTML itu apa, berikut saya berikan.

- Membangun dan mengatur Halaman Web.
- Menampilkan Informasi-informasi, baik tulisan, gambar, dll.
- Sebagai media untuk menghubungkan antar link atau alamat web atau biasa disebut Hyperlink.
- Dll


EmoticonEmoticon