Tuesday, June 26, 2018

Cara Membuat Flip Horizontal di Matlab (Flipping Horizontal)

Hello Guys, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Flip Horizontal didalam Matlap, pada artikel lainnya sudah ada juga mengenai Flip Vertikal silahkan anda lihat melalui pencarian pada sudut kanan atas. Ada baiknya kita mengetahui sedikit maksud daru Flip Horizontal itu sendiri. Flip Horizontal adalah pencerminan pada sumbu y (cartesian) dari citra A menjadi citra B, yang diberikan oleh : B[x][y] = A[N – x][y].

Pada matlab Flip dan Flipping adalah sama, flip horizontal dan flip vertikal jika dilihat dari sourcenya tidak jauh beda, hanya pada rumus seperti yang diatas saja yang menjadi pembedanya.

Berikut ini contoh perceminan atau flip Horizontal dari pembahasan kita kali ini.
gambar contoh flip horizontal dari citra


Yap, objek atau gambar yang kita flip Horizontal adalah gambar burung, objek tidak jadi masalah bukan? Karna tujuan dan hasil yang lebih penting. Perlu saya ingatkan bahwa saya mengerkannya melalui Tab Editor, tepatnya pada pada m.file.



Untuk memunculkan Tab Editornya silahkan anda baca artikel Cara Memunculkan Tab Editor pada Matlab. 

Pada gambar disamping, m.file adalah tempat kita menulis sourcenya seperti gambar tersebut. Fungsinya sama dengan comand window tempat biasa anda membuat source, namun setiap kali kita meng-Enter akan langsung mengeksekusi apa yang kita ketik, nah kalau pada m.file kita menjalankan pogramnya dengan mengklik RUN pada bagian atas. Anda bisa mengcopy paste dari comand window ke m.file tersebut, anda bisa memblok seluruh peintah-perintah yang sudah fix atau benar kemudian copy dan pastekan pada m.file tersebut.


Baiklah kita kembali ke pokok bahasan Flip Horizontal, diatas sebenarnya sudah ada dalam gambar sourcenya, namun mungkin anda malas untuk mengetik ulang, maka dibawah ini saya berikan sourcenya Flip Horizontal yang ada pada gambar diatas.

flip=imread ('bird.jpg');
subplot(1,2,1);
imshow(flip);
[baris,kolom,layer] = size (flip);
flip=double(flip);
for i = 1:baris
for j = 1:kolom
for k = 1:layer
flipFlipHorizontal(i,j,k)=flip(i,kolom-j+1,k);
end
end
end
flipFlipHorizontal=uint8(flipFlipHorizontal);
subplot(1,2,2);
imshow(flipFlipHorizontal);

anda bisa langsung copy paste ke dalam Tab Editor tersebut, namun yang perlu anda perbaiki adalah file yang akan anda Flip Horizontal kan. “bird.jpg” (tanpa tanda petik) adalah nama filenya, jadi sesuaikan dengan nama file dari gambar yang akan anda Flip Horizontalkan, untuk source dibawahnya silahkan anda pahami karena sebenarnya itu adalah pengaplikasian dari rumus dari yang saya sertakan diawal artikel ini.

Namun ada source yang lebih singkat, dimana source ini juga menghasilkan Flip Horizontal yang sama, hanya saja bagi anda yang malas mengetik source, yah inilah jawabannya



Lebih lengkapnya seperti dibawah ini ;

flip=imread ('bird.jpg');
subplot(1,2,1);
imshow(flip);
Horizontal = flip(:,end:-1:1,:);
Horizontal=uint8(Horizontal);
subplot(1,2,2);
imshow(flipFlipHorizontal);

silahkan anda pilih yang mana anda gunakan Sourcenya untuk Flip Horizontal dari objek pilihan anda, dan semikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Flip Horizontal pada artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian...


EmoticonEmoticon