Wednesday, May 2, 2018

Program C++ Menampilan Deret Bilangan Fibonacci

Hello guys.. pada kesempatan kali ini saya akan membagikan mengenai Program C++ menampilkan deret bilangan Fibonacci.

Sebelum kita keprogramnya, adalah baiknya kita sedikit membahas mengenai Fibonacci terlebih dahulu.

fibonacci adalah metode perhitungan aritmatika yang dicetuskan oleh Leonardo Fibonacci Da Pisa, makanya namanya diabadikannya menjadi nama penemuannya. Dalam prakteknya untuk mendapatkan deret bilangan Fibonacci sebenarnya bukanlah perkara susah, saya sendiri sudah mengalaminya. Tidak sudah, selagi anda benar-benar ingin memahaminya.

Pada dasarnya, deret bilangan Fibonacci tidak pernah berubah. Oia anda sudah tau deret bilangan Fibonacci?. Deret bilangan Fibonacci ialah 0,1,1,2,3,5,8,13,21,....dst. untuk angka pertama itu tergantung prinsip anda 1 atau 0, kalau yang saya pelajari dimulai dari 0. Namun itu tidak menjadi masalah jika dimulai dari angka 1 karna tidak akan berpengaruh sehingga membentuk perubahan deret.

Dilihat dari deretnya, sumber munculnya angka-angka berikutnya sangatlah mudah. Jika anda belum tau jalan pembentukkan angka-angka baru berkutnya atau cara kerja Fibonacci maka saya harus menjelaskannya juga. Pada prinsipnya sumber awalnya adalah kedua angka diawal yaitu 0 dan 1, jadi 1+1=2, maka akan menghasilkan angka 2, dan untuk berikutnya 1+2=3, 2+3=5,3+5=8. Analoginya, angka terakhir ditambahkan dengan angka sebelumnya akan menghasilkan angka terakhir baru. Semoga sampai disini agan-agan paham ya. Kalau tidak paham, dipaham-pahamkan dahulu.

Ok kita langsung ke program deret bilangan Fibonacci, sebagai berikut


Bentuk/hasil program menampilkan deret bilangan fibonacci

Maka scriptnya seperti dibawah ini :

#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
int main()
{
int a,b,c,n;
a=0;
b=1;
cout<<"Menampilkan Deret Bilangan Fibonacci : \n";
cout<<"\n Input Batas Deret :";cin>>n;
cout<<"      "<<a<<" "<<b<<" ";
n=(n-2);
for (c=1;c<=n;c++){
if (c % 2 ==1)
{
 a=a+b;
cout<<a<<" ";
}else{
b=b+a;
cout<<b<<" ";
}} 
}  


Dari program c++ menampilkan deret bilangan fibonacci diatas, kita memiliki hak untuk memberi batas deret yang akan tampil, semisal nih agan mau menampilkan 5 deret bilangan fibonacci, agan tinggal masukin tu angka 5, maka akan tampil 0,1,1,2,3.

Seperti yang saya bahas diawal bahwa ada sebagian orang yang tidak menyertkan angka 0 dalam deret bilangan fibonacci karena tidak memperngaruhi atau kata kasarnya tidak dibutuhkan. Nah pada program diatas variable a=0 diganti dengan a=1, untuk variable b dan lainnya tidak perlu dirubah.

Mungkin hanya itulah yang bisa saya bagikan mengenai program c++menampilkan deret bilangan fibonacci, semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya, terima kasih...


EmoticonEmoticon