Wednesday, May 30, 2018

Perulangan While Pada C++

Selamat malam semua, seperti yang tertera pada judul artikel ini, yaitu Perulangan While C++ dan Contohnya. Maka dari itu pada kesempatan ini saya atau kita akan mempelajari dan sekaligus membahasa tentang Perulangan While C++.

Sebenarnya pada artikel lainnya sudah saya post tentang bentuk perulangan While berserta dua lainnya yaitu Do.. While dan for, namun pada artikel tersebut hanya menjelaskan perbedaan, bentuk, dan cara kerja dari ketiga perulangan tersebut. Anda bisa baca Mengenal Perulangan While,For dan Do..While Disini.

Baiklah kita kembali ke pokok bahasan, namun sebelumnya, sebagai pengingat bahwa program perulangan while C++ ini menggunakan aplikasi Dev++. 

While

Perulangan While adalah perulangan yang terlebih dahulu membaca syarat atau kondisi, baru kemudian jika syarat terpenuhi maka akan menjalankan intruksi selanjutnya, namun jika memang syarat atau kondisi tidak terpenuhi, maka sama sekali tidak menjalankan intruksi sekali pun. Perulangan while dan Do While biasanya digunakan jika belum begitu pasti berapa kali harus mengulang intruksi/statement, namun sebenarnya perulangan FOR juga bisa digunakan jika belum pasti berapa kali perulangan akan dilakukan

Berikut bentuk Umum atau bentuk penulisan perulangan While.

While (kondisi)
{
Pernyataan;
}

Atau bahasa lain;

While (Syarat)
{
Intruksi;
}

Pada perulangan while dan do..while, didalam (kondisi) atau (syarat) bisa dibilang mirip penulisannya dengan kondisi/syarat dari percabangan IF.  Berikut contoh penulisan syarat atau kondisi dari keduanya

While (a<=100) dan IF (a<=100), bagaimana guys, mirip bukan? Namun tentu percabangan IF dan perulangan While dan Do.. While sangat berbeda tujuannya cara kerjanya. Kalau IF hanya membaca kondisi/syarat sekali saja, namun kalau perulangan While dan dan Do.. While akan membaca Kondisi//syarat terus menerus sampai ada kondisi/syarat tidak terpenuhi.

Intruksi/Pernyataan adalah statemen yang akan dikerjakan jika syarat dari kondisi pada perulangan While terpenuhi.

Dan berikut ini saya berikan Contoh Program Perulangan While pada C++.

#include <iostream>

#include <conio.h>

using namespace std;

int main()

{

 int a,b=1;

cout<<"         Perulangan While C++ \n";

cout<<"=======================================\n";

 cout<<"\n Berapa Kali Di Tampilkan ? = ";cin>>a;

 cout<<endl;



 while (b<=a)

{

  cout<<b<<".  Perulangan While C++ \n";

  b++;

}

}

Dan dari program perulangan While diatas akan menghasilkan output seperti ini;

gambar program Perulangan While


Demikianlah yang bisa saya bagikan dalam pembahasan mengenai perulangan while c++ ini, semoga artikel ini bermanfat bagi semua pembaca, dan terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon