Wednesday, May 9, 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Operating System Not Found

Operating System Not Found adalah tidak ditemukannya Operating Sistem (OS) pada saat booting, hal ini terjadi karena tidak sesuainya mode boot dengan tempat pemasangan Operating Systemnya. 



Didalam Mode Boot terdapat dua Mode yaitu  UEFI dan Legacy, antara UEFI dan Legacy tentu menggunakan  tipe partisi yang berbeda. Untuk UEFI menggunakan  GPT sedangkan Legacy menggunakan MBR.
Permasalah Operating System Not Found sering sekali terjadi hanya karena kasus Mode Boot, jika Mode Bootnya UEFI dan terjadi Operating System Not Found, itu berarti sewaktu penginstalan OS anda meletakkannya atau memilih Legacy dengan menggunakan partisi MBR, begitu sebaliknya jika pada mode Legacy terjadi Operating System Not Found, berarti anda memilih UEFI dengan menggunakan partisi GPT sewaktu penginstalan OS.

Pertanyaannya adalah mengapa bisa terjadi perubahan mode bios dari legacy ke UEFI atau sebaliknya sehingga bisa mengakitbatkan Operating Sistem Not Found, sedangkan user atau penggunanya sama sekali tidak mengutak-atik atau merubah-rubah mode Bootnya?
Ini adalah pertanyaan yang sangat serius, kok berubah sendiri ya???.
Nah pada umumnya settingan default bios itu mode bootnya adalah UEFI, dan pada kebanyakan atau bisa dibilang pada umumnya orang-orang sering menggunakan Legacy sebagai partisi penginstalannya. Namun ada kalahnya suatu bios itu mengalami ketidakstabilan dimana bisa disebabkan opreating sistemnya yang bermasalah, atau hardware-hardware intinya, sehingga terjadi reset bios. Dan kembalilah ke pengaturan default. Nah ketika anda menghidupkan pc, terjadilah Operating System Not Found.

Untuk orang awam pastinya bingung jiksa terjadi hal ini, berbeda dengan seorang teknisi bagian komputer, Operating Systemnya kehapus, atau ada file sistem yang hilang, HDD rusak dan lain sebagainya adalah hal-hal yang dipikirkan terlbih dahulu, belum lagi jika ada sesuatu file yang sangat penting didalamnya dan harus segera untuk diserahkan, pengen nangis gitu.... 

Ada yang langsung mengambil keputusan untuk melakukan instal ulang pc, namun ternyata hal ini adalah hal yang mubazir, karena penyebabnya adalah hal yang sangat sepele yaitu mode boot yang berubah. Untuk memperbaikinya tentu anda harus masuk kedalam BIOS pc anda

Pastikan bahwa anda tau tombol keyboard mana untuk masuk ke bios, biasanya pada saat anda menghidupkan pc, pada saat booting akan muncul pada layar bagian bawah. Seperti gambar dibawah ini


Sebelah kiri biasanya adalah press <f2> to enter setup dan sebelah kananya press <f12> to change boot device. Nah untuk masuk kebios adalah Setup, perlu anda ketahui <f2> adalah tombol f2 yang ada pada keyboard anda, namun tidak semua pc atau laptop sama bisal Delete dll, namun umumnya sih ya f2. Ada juga pc yang tidak memunculkan seperti gambar diatas, nah ini tentunya akan mempersulit keadaan. Segera anda tanya om google untuk versi pc anda bagaimna masuk kebiosnya
Sesudah anda mengetahui tombol keyboard mana untuk masuk bios, berikut ini saya berikan langkah-langkahnya.

Langkah pertama, jika anda terjebak pada tampilan Operating System Not Found, dan tidak ada tombol shutdown untuk mematika pc, anda bisa mematikannya secara paksa dengan tekan tombol power dengan lama sampai pc anda mati, atau bisa dengan mencabut baterai. Hal ini adalah pilihan terakhir yang bisa anda lakukan walaupun agak sedikit menyakiti pc anda. Jika PC anda memang dalam keadaan mati, langsung kelangkah kedua.

Langkah Kedua, tekan tombol power untuk menghidupkan pc (laptop), lalu segera tekan f2 pada keyboard (untuk masuk bios). Sehingga muncul tampilan bios seperti gambar dibawah ini.

Langkah Ketiga, masuk ke Tab/Menu Boot dengan cara arah panah pada keyboard anda (anda bisa melihat panduan pada bagian bawah pada layar diatas)
Pada menu Boot tampilannya seperti gambar dibawah ini :



Langkah Keempat, rubah Mode Bootnya dari UEFI ke Legacy atau sebaliknya tergantung Operating Sistemnya dimana, 

maka akan muncul  Peringatan (Warning!!), tekan Ok saja.



Langkah Kelima, lihat bagian bawah layar tombol keyboard mana untuk melakukan save & Exit (biasanya adalah f10), anda tekan f10 pada keyboard, jika ada dialog muncul, ok kan saja. Maka pc anda akan melakukan restart. Dan seharunya masalahnya pc anda sudah teratasi.
Demikianlah penjelasan untuk Cara Mengatasi Operating System Not Found yang bisa saya berikan dan bagikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

5 comments

Sudah di coba mas, tapi nyangkut di bootnya. Ga muncul gambar yang kaya dijelasin sebelumnya. Tulisan yg keluar malah "FDD" sama "LAN". Taoi gabisa diapa apain itu. Gimana atuh huhuhu

Gak muncul gambar pada tahap ke 3


EmoticonEmoticon