Tuesday, May 15, 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Laptop Lemot? Siapa yang tidak frustasi sekaligus kesal jika hal itu terjadi pada Laptop kesayangannya yang menjadi teman sehari-harinya dalam melakukan aktivitas. Laptop lemot adalah hal yang tidak menyenangkan dan akan membawa kita pada situasi yang panas (emosi).

Laptop Lemot atau lambat sangat mengganggu dalam upaya menyelesaikan tugas secara cepat, tapi tahukah anda bahwa sebuah laptop adalah benda-benda elektronik yang seluruh komponennya adalah buatan manusia, itu berarti laptop tidak sempurna dan memiliki batas kemampuan tertentu untuk melaksanakan perintah dari brainware yaitu anda.

Sekalipun anda memiliki laptop spek dewa, jika anda memberi tugas yang melebih batas kemampuannya, saya yakin kata “Laptop Lemot” akan tersirat didalam laptop anda.

Untuk itu, kenali hal-hal berikut yang menjadi sebuah laptop itu lemot serta pastinya ada sebuah tips untuk mengatasi laptop lemot.

Kapasitas RAM Kecil

Laptop anda Lemot? Coba Cek RAM anda, cukup apa minim?. Ini adalah jelas menjadi penyebab yang sangat menjamur untuk kasus laptop lemot, diera sekarang kebanyakan aplikasi membutuhkan Ram yang mumpuni. Untuk kalangan umum biasanya untuk saat ini Ram yang paling minim adalah 2GB, itu pun harus menginstal aplikasi berukuran kecil saja.



Cara Mengatasinya :

Cara mengatasinya tentu adalah menambah kapasistas RAM, bisa dengan menambah kepingan RAM jika masih tersedia slot ram lainnya di laptop, atau mengganti langsung RAM dengan yang baru dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Terlalu Banyak Aplikasi Terinstal

Penyebab Lainnya adalah terlalu banyaknya aplikasi terinstal dalam pc anda, hal ini akan mempengaruhi kinerja HDD (Hardisk) anda juga akan membuat laptop anda akan lambat, terlebih lagi jika aplikasi yang diintasl tersebut adalah aplikasi yang memiliki kapasitas besar.


Cara Mengatasinya :

Untuk mengatasinya tentunya adalah me-uninstal aplikasi yang tidak perlu, selanjutnya adalah anda bisa mengupgrade kapasitas HDD anda, atau jika perlu bagi anda yang memiliki kantong lebih pakailah SSD.

Banyak Aplikasi Berjalan Pada Startup 


Hal lainnya yang membuat laptop anda lemot adalah banyaknya aplikasi yang berjalan pada startup, artinya ketika anda mengihupkan pc anda, aplikasi yang ada pada startup akan secara otomatis berjalan, tentu ini akan sangat membebani RAM anda apalagi jika RAM anda kurang mencukupi. Anda bisa lihat pada bagian kanan seperti gambar diatas yaitu “Startup Impect” yang menjadil kelas dalam penggunaan RAM ketika berjalan, ada LOW, MEDIUM dan High. Aplikasi yang tidak perlu dijalankan sering sekali tanpa sepengetahuan kita berjalan pada startup.

Cara Mengatasinya :

Sebelumnya, untuk membuka jendela Startup untuk windows 7 kebawah dengan windows 8 keatas sedikit berbeda. Jika pada windows 8 ketas anda tinggal klik kanan pada Taksbar , pilih Taksmanager, pilih tab Startup atau dengan cara tekan Ctrl+Shift+C, kemudian pilih tab Startup
.
Untuk windows 7, anda buka jendela RUN dengan cara Windows + R, kemudian ketikkan msconfig, pada jendela System Configuration pilih Startup.

Nah pada startup ini anda lihat aplikasi atau program yang tidak perlu harus berjalan ketika laptop dihidupkan, anda klik apikasinya kemudian klik tombol disable (nonaktif).

Menjalankan / Menginstal Aplikasi Yang Berat (Besar)

Pada kasus lainnya adalah menjalankan aplikasi yang berat atau besar, tentunya jika hal ini dilakukan pastinya aplikasi tersebut sudah terinstal, anda meiliki spek laptop seadanya, tapi anda menginstal dan menjalankan game PES 2017 atau PB, Matlab, dll. Ya wajar saja laptop anda lemot. Jika laptop anda memang memiliki spek khusus gaming yang memiliki spek dewa, tidak masalah. Yang jadi masalahnya adalah anda memaska menginstal Aplikasi Berat tanpa dan hiraukan spek laptop anda.


Cara Mengatasinya :

Untuk mengatasinya tentunya jika harus menginstal aplikasi yang besar, harus anda melakukan upgrade spek laptop anda (bagi yang memiliki spek rendah).

Banyaknya Cache dan Sampah System (Temporary File)

Hal ini jangan anda sepelekan dan remehkan, banyaknya cache dan sampah system pada laptop dan tidak dibersihkan akan menjadi penyebab sebuah laptop lambat, karena akan menghambat dan membebani system sebab ruang system semakin sempit karena banyaknya hal-hal tersebut.


Cara Mengatasinya:

Sebenarnya untuk mengatasinya hal ini sangatlah mudah, namun terkadang sering lalai dalam melaksanakannya. Biasanya saya sendiri untuk membersihkan cache dan sampah system saya menggunakan aplikasi yang sudah banyak yang mengenalnya yaitu Ccleaner. Bisa juga anda menggunakan fasilitas yang ada pada  windows, yaitu Cleanup. 

Namun saya lebih menyarankan aplikasi tersebut karena lebih lengkap tools”nya dalam membersihkan dan menyegarkan system.

Virus Yang Menginfeksi System 

Pastinya mengenai yang satu ini sering anda dengar bukan, “laptop lemot, mungkin banyak virusnya”, ada benarnya juga namun tidaklah pasti. Tapi saya tidak mencekal hal itu, karena memang benar adanya, mengapa? Virus yang menginfeksi system akan membuat program-program palsu berjalan dilatar belakang yang membuat system sangat sibuk dan akhirnya membebani RAM dan lemot dah laptopnya.

Cara Mengatasinya :

Untuk hal ini tentunya kembali kepada antivirus anda sendiri, instal antivirus yang memang benar-benar ampuh dalam membasmi virus dan menjada sistem pc anda, lakukan update database antivirus secara berkala. Jangan mendonwload sembarangan karena malware akan mudah masuk, dan jangan asal masukkan atau Colokkan FD pada pc anda.

Banyak Aplikasi Yang Berjalan  Sekaligus (MultiTasking)

Anda pernah mendengar Multitasking? Ya, multitasking itu menjalankan aplikasi secara bersamaan,   jika soal multitasking, hal yang perlu anda perhatikan adalah Processor dan RAM anda, mengapa? Multitasking akan sangat membebani kedua komponen tersebut.

Cara Mengatasinya: 

Untuk mengatasinya hanya kesabaran anda saja, dengan cara menjalankan aplikasi satu persatu saja, sehingga penggunaan  RAM akan stabil dan processor tidak bekerja berat.

Animasi Dekstop Yang Berlebihan

Anda pernah dengar SkinPack? Saya tidak menyalahkan aplikasinya karena saya sendiri juga pernah menjadi penggunanya, animasi layar dekstop yang berlebihan juga akan membuat laptop lemot karena membutuhkan kinerja RAM dan VGA laptop anda.
  

Cara Mengatasinya

Jika spek laptop anda rendah cobalah untuk tidak menginstal palikasi animasi laptop yang tidak penting. Namun jika laptop anda memiliki spek yang mumpuni ya silahkan saja.

Hardware Yang Bermasalah

Tahukah anda bahwa laptop lemot juga bisa disebabkan karena Hardware dari laptop atau pc anda sedang mengalami masalah, bisa saja HDD anda Bad Sector, atau RAM anda sudah mulai tidak peka (lemah) atau berdebu, processor yang sudah mulai lemah atau berdebu. Kipas Laptop yang macet sehingga laptop gampang panas dan menyebabkan lambat.

Cara Mengatasinya:

Cobalah untuk membersihkan komponen-komponen Laptop anda secara berkala, cek kinerja dari HDD anda, jika tidak stabil maka perlu penggantian. Begitu juga dengan RAM anda.


Itulah penyebab Laptop lemot dan cara mengatasinya, mungkin ada pengalaman anda sendiri yang membuat laptop anda lemot, silahkan komen di kolom komentar. 


EmoticonEmoticon