Wednesday, May 23, 2018

Contoh Program C++ Menampilkan Deret Bilangan Prima 2,3,5,7,11,13, dst

Oke, pembahasan saat ini mengenai contoh program c++ menampilkan deret bilangan prima, dan untuk menampilkan deret bilangan prima ini saya menggunkan struktur perulangan FOR dan mungkin lain waktu saya akan berikan atau bagikan program yang menampilkan deret bilangan prima dengan perulangan While atau pun Do While

Sebelumnya Deret Bilangan Prima sudah pasti dimulai dari angka 2, dan itu sudah menjadi kesepakatan dari yah... bisa dibilang penemunya.

Bilangan Prima adalah bilangan Asli yang lebih besar dari angka 1, dan faktor pembaginya adalah angka 1 dan bilangan itu sendiri. 

Misalnya angka 3, angka 3 tidak bisa dibagi dengan 2, kecuali 1 dan 3, itu berarti 3 adalah bilangan prima, kemudian 4, empat tidak bilangan prima karena bisa dibagi dengan 2. Dst.

Mungkin itu sedikit pengenalan dengan deret bilangan prima, kita langsung saja ke pokok bahasan yaitu program menampilkan deret bilangan prima, dibawah ini adalah bentuk akhir dari programnya ;

Gambar program menampilkan deret bilangan prima

Diatas hanya sebagai contohnya atau previewnya dari program yang saya bagikan supaya pembaca sekalian bisa mengetahui bentuk akhirnya dari yang saya bahaskan seperti source dibawah berikut ini.

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
 int batas,a,b,mod;
 cout<<"Masukkan Batas Nilai Bilangan Prima = ";cin>>batas;
 cout<<"------------------------------------------- \n";

 for (a=2;a<=batas;a++){
  mod=1;
  for (b=2;b<a;b++){
   if(a%b==0)
   {
    mod=0;
   }
  }
  if(mod==1)
  {
   cout<<a<<" ";
  }
 }
}


Ok, saya akan menjelaskan sedikit dari program diatas;

Untuk perulangan  for (a=2;a<=batas;a++) untuk menderetkan dari angka 2 sampai batas, yang mana setiap angkanya belum ditentukan apakah bilangan prima atau tidak, hanya dideretkan saja untuk di periksa pada perulangan yang didalamnya

Dan untuk perulangan yag didalamnya yaitu for (b=2;b<a;b++) ini juga berguna untuk menderetkan angka dari 2 sampai labih kecil dari a (perulangan yang diluarnya). Kemudian terdapat lah if(a%b==0) untuk melihat apakah nilai variable a dibagi dengan nilai varible b memiliki sisa bagi, jika memiliki sisa bagi maka variable mod=0

Dan if dibawah ini 

if(mod==1)
{
cout<<a<<" ";
}

Hanya menampilkan yang nilai modnya 1.

Perlu anda ketahui, modnya 1 bukan berarti ini adalah bilangan ganjil, ini hanya memeriksa angka tersebut jika dibagi dengan keseleuruahan angka lainnya akan menghasilkan nilai mod atau sisa bagi hanya 1, dan tidak 0.

Contohnya angka 7, coba anda bagikan 7 dengan 2, pasti nilai mod=1, coba dengan 3 dst sampai <7 yaitu 6, tidak ada yang nilai modnya=0, kecuali dibagi dengan 1 dan bilangan itu sendiri.

Nah kemudian ada angka ganjil seperti 9, coba anda bagikan 9 dengan angka 2 sampai 9, tentunya ada nilai mod atau sisa baginya 0, yaitu 9/3=3, nilai modnya 0 bukan? Itu makanya 9 bukanlah bagian dari deret bilangan prima, begitu juga dengan angka-angka seterusnya.

Baca Juga : Flowchart Menentukan Bilangan Prima atau Tidak

Berikut dibawah ini saya juga tampilkan deret bilangan prima dari 1 -100


Gambar deret bilangan prima

Anda bisa mencoba dengan batas nilai ke-n nya sesuka hati anda, dan demikian pembahasan dan penjelasan yang bisa saya berikan semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

atau
atau




EmoticonEmoticon