Wednesday, May 30, 2018

Contoh Program C++ Menampilkan Bentuk Ketupat

Pembahasan contoh program C++ menampilkan bentuk ketupat didalam dengan bahasa pemograman c++, mungkin ada sobat yang ingin membuat program c++ untuk menampilkan bentuk ketupat, namun memiliki kendala atau bingung cara logikanya berjalan agar terjadi bentuk ketupat sepert dibawah ini

gambar bentuk ketupat

Untuk program C++ menampilkan bentuk ketupat ini menggunakan struktur perulangan FOR, mungkin lain waktu akan saya bagikan dengan struktr perulangan While atau Do while, dan anda juga bisa mengembangkannya sendiri jika anda bisa memahasmi program dibawah ini.

Ok, baiklah saya akan membagikannya, dan mungkin juga menjelas sedikit mengenai program menampilkan bentuk ketupat seperti dibawah ini;

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
 int a,b,c,jumlah,d=1;
 cout<<"masukkan Angka = ";cin>>jumlah;
 int set=jumlah/2;
 for (a=1;a<=set;a++)
 {
  for (c=set;c>a;c--){
  cout<<" "; 
  }
  for(b=1;b<=d;b++)
  {
   cout<<"*";
  }
 
 d+=2;
 cout<<"\n";
 }
 d-=4;
 for (a=(set-1);a>=1;a--)
 {
  for (c=a;c<=(set-1);c++){
  cout<<" ";
 }
 for (b=d;b>=1;b--){
  cout<<"*";
 }
 d-=2;
 cout<<endl;
 }
}

Coding atau script diatas adalah program dari gambar yang saya berikan diatas, yaitu gambar program C++ menampilkan bentuk ketupat yang saya buat sendiri dan sudah diuji, tidak ada Error atau juga malfungsi dari bagian tertentu, dan hasilnya akan sesusai dengan yang saya maksudkan.

Ok baiklah mungkin itu sedikit pemberitahuan, nah kita langsung pada bagian penjelasannya mengenai program c++ menampilkan bentuk ketupat seperti diatas.

Untuk variable terdapat 6 yang saya berikan, yaitu, a,b,c,d,jumlah, dan set. Nama variable ini tidak menjadi keharusan seperti yang saya teraka, bebas dan bisa nama anda juga. Yang jelas setiap variabel tersebut berguna untuk emanmpung nilai.

Dilihat dari programnya, sebenarnya itu adalah dua kelompok Perulangan For yang digabungkan, atau dengan kata lain jika program dijalankan yaitu dua segitiga yang digabungkan sehingga membentuk ketupat.

Perulangan for (a=1;a<=set;a++) adalah kelompok untuk menampilkan bentuk segitiga yang bagian atas seperti gambar berikut

Untuk bagian set=jumlah/2; berfungsi untuk membagi 2 angka yang kita inputkan supaya jumlah yang bagian tengah adalah tepat jumlahnya sperti yang diinputkan batasannya.

gambar setengah ketupat

Dan perulangan for (a=(set-1);a>=1;a--) adalah kelompok  untuk menampikan bentuk segitiga bagian bawah seperti gambar berikut


Jadi kedua kelompok perulangan tersebut digabungkan, maka kedua bentuk segitiga tersebut akan bergabung dan membentuk ketupat.

Dan selanjutnya cout<<" "; dan cout<<"*"; dari kedua kelompok perulangan. cout<<" "; untuk mencetak spasi agar bisa membentuk ketupat yang rapi, dan yang cout<<"* ";untuk mencetak simbol bintang seperti gambar diatas tersebut. Simbol * bisa anda ganti sesuka hati anda, asalkan ingat hanya sati karakter saja.
Oia, maksud dari d+=2; dan d-=4; dan d-=2; adalah sama dengan d=d+2 atau d=d-4 atau d=d-2. Atau mungkin anda sering melihat D++ atau i-- (ada ++ dan -- dibelakang variabel) itu maksudnya adalah d=d+1 (d+=1 bisa juga) dan i-=1 (i=i+1 bisa juga), itu hanya penambahan saja mungkin ada yang bingung guna dari script tersebut.

Mungkin anda ingin menampilkan bentuk ketupat didalam c++ dengan didalamnya berupa deret angka seperti dibawah ini agar lebih menarik ;



Maka didalam script program menampilkan bentuk ketupat  yang pertama harus ada penambahan dan modifikasi, dibawah ini program c++ bentuk ketupat yang sudah saya tambah agar tampil seperti gambar diatas.

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
 int a,b,c,jumlah,d=1;
 int angka=1;
 cout<<"masukkan Angka 1-9 = ";cin>>jumlah;
 int set=jumlah;
 for (a=1;a<=set;a++)
 {
  for (c=set;c>a;c--){
  cout<<"  "; 
  }
  for(b=1;b<=d;b++)
  {
   cout<<" "<<angka;
  }
 
 d+=2;
 cout<<"\n";
 angka++;
 }
 d-=4;
 angka-=2;
 for (a=(set-1);a>=1;a--)
 {
  for (c=a;c<=(set-1);c++){
  cout<<"  ";
 }
 for (b=d;b>=1;b--){
  cout<<" "<<angka;
 }
 d-=2;
 cout<<endl;
 angka--;
  }
}

Namun agar tampilan atau bentuk ketupatnya tidak berantakan, hanya angka 0 – 9 saja yang bisa, karena hanya 1 digit, sedangkan >10 lebih dari 1 digit dan akan merusak bentuk ketupat yang ada. Mungkin anda bisa berkreasi agar angka puluhan dan ratusan bisa membuat bentuk ketupat tetap baik, silahkan anda buatkan, dan kalau anda bersedia silahkan sertakan dikonetar dibawah agar pembaca lainnya bisa mendapat ilmu yang lebih mendalam.

Mungkin demikianlah pembahasan yang saya bisa berikan terkait program c++ menampilkan bentuk ketupat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk membantu mengerjakan tugas, atau sekedar menambah wawasan sobat sekalian, terima kasih



EmoticonEmoticon